November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Planet-planet Mars, Venus, Jupiter dan Saturnus sejajar dalam penyembuh kosmik bagi para pengamat langit.  Berikut cara mengetahuinya

Planet-planet Mars, Venus, Jupiter dan Saturnus sejajar dalam penyembuh kosmik bagi para pengamat langit. Berikut cara mengetahuinya

Pengamat langit menunggu obat kosmik bulan ini: keselarasan langka dari empat planet di langit sebelum fajar.

Mulai sekitar Minggu pagi, para pengamat bintang akan dapat melihat Mars, Venus, Jupiter, dan Saturnus muncul dalam garis lurus melintasi langit tenggara sebelum matahari terbit.

Penyelarasan pertengahan bulan adalah kesempatan yang relatif tidak biasa bagi orang untuk melihat banyak planet di langit dengan mata telanjang – pendahulu dari penyelarasan planet yang jauh lebih langka yang akan terjadi akhir tahun ini.

Tonton berita terbaru di Channel 7 atau streaming gratis di 7plus >>

Untuk melihat planet empat kali lipat, pengamat langit di Belahan bumi Selatan Dia harus pergi ke luar sekitar satu jam sebelum matahari terbit dan melihat ke tenggara ke arah matahari terbit.

Melihat ke timur di cakrawala datar, Jupiter, Venus, Mars dan Saturnus akan muncul ‘menunjuk dalam garis melintasi langit pagi’ Menurut NASA.

Jika kondisinya cerah, keempat planet akan cukup terang untuk dilihat dengan mata telanjang, tanpa bantuan teropong atau teleskop.

Bagan langit menunjukkan konjungsi dekat Venus dan Jupiter sebelum matahari terbit pada 30 April. kredit: NASA/JPL-Caltech

Di belahan bumi selatan, lintasan Matahari di langit memiliki sudut yang lebih curam ke cakrawala, daripada di belahan bumi utara, yang berarti bahwa rangkaian planet akan menyebar di atas titik matahari terbit.

Keselarasan yang sama dapat dilihat sebelum matahari terbit di belahan bumi utara.

Either way, Jupiter akan menjadi planet paling terang kedua di kolam selestial, tetapi akan muncul paling rendah di cakrawala, yang dapat membuatnya sulit untuk dikenali. Itu akan berubah seiring berjalannya bulan, menurut NASA.

“Saat kita mendekati minggu terakhir bulan April, Jupiter akan cukup tinggi di atas cakrawala pada jam sebelum matahari terbit untuk memfasilitasi pengamatannya,” kata badan antariksa itu dalam pesannya. Laporan berita bulanan tentang kiat mengamati langit.

Biduk adalah tanda bintang - pola bintang yang terkenal - di dalam konstelasi Ursa Major.
Biduk adalah tanda bintang – pola bintang yang terkenal – di dalam konstelasi Ursa Major. kredit: Hidangan Preston/NASA

Meskipun acara skywatching bulan ini membuatnya tampak seperti planet membentuk garis rapi di ruang angkasa, itu sebenarnya hanya masalah perspektif.

Setiap planet di tata surya berputar mengelilingi matahari pada bidang datar yang sama, yang berarti bahwa ketika masing-masing kadang berosilasi dalam orbitnya, mereka tampak membentuk garis lurus di langit Bumi.

Namun, mode teratur ini akan terlihat sangat berbeda dari titik pengamatan lainnya di ruang angkasa.

Planet-planet akan terlihat di langit sebelum fajar sepanjang bulan, dan penyelarasan bulan April akan menyiapkan panggung untuk acara melihat langit yang lebih menarik di musim dingin ini.

Dari akhir Juni hingga awal Juli, lima planet — Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus — akan terlihat di langit sebelum matahari terbit dalam keselarasan besar yang hanya terjadi setiap beberapa tahun.

READ  Batu Hypatia yang misterius mungkin menyimpan bukti paling awal dari supernova Tipe Ia