November 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pesawat ruang angkasa NASA akan berayun dekat dengan Bumi

Pesawat ruang angkasa NASA akan berayun dekat dengan Bumi



CNN

Minggu ini, sebuah pesawat ruang angkasa bernama Lucy akan berada di langit – hanya tanpa berlian.

Pesawat ruang angkasa Lucy NASA Itu akan mengelilingi Bumi, dan akan berada dalam jarak beberapa ratus mil dari kita dalam perjalanannya ke asteroid Trojan yang jauh, Jupiter.

Pesawat ruang angkasa akan melewati 220 mil di atas permukaan bumi pada Minggu pagi. Menurut siaran pers dari NASA.

Beberapa pengamat yang beruntung akan dapat melihat Lucy dari Bumi, kata NASA.

Pesawat ruang angkasa yang keluar dari asteroid akan terlihat dari Australia Barat sekitar pukul 6:55 pagi EDT. Tapi itu akan hilang dari pandangan setelah beberapa menit. Pada 07:26 EDT seharusnya terlihat di AS barat – dengan asumsi langit cerah dan pecinta langit memiliki sepasang teropong yang tepat.

Mendekati Bumi akan membutuhkan pesawat ruang angkasa untuk menavigasi area yang padat dengan satelit dan puing-puing. NASA menerapkan langkah-langkah khusus untuk mencegah Lucy masuk ke dalam penerbangannya.

“Tim Lucy menyiapkan dua manuver berbeda,” kata Coralee Adam, wakil pemimpin tim navigasi KinetX Aerospace, Lucy, dalam pernyataannya. “Jika tim mendeteksi bahwa Lucy dalam bahaya bertabrakan dengan satelit atau puing-puing, maka – 12 jam sebelum pendekatan terdekat ke Bumi – pesawat ruang angkasa akan melakukan salah satu dari hal-hal itu, mengubah waktu pendekatan terdekat dengan dua potongan atau empat detik.

“Ini adalah koreksi kecil, tetapi cukup untuk menghindari tabrakan yang berpotensi menimbulkan bencana.”

Misi 12 tahun Lucy dimulai pada Oktober 2021. Tujuan misi ini adalah untuk menjelajahi kawanan asteroid Trojan yang mengorbit Jupiter. Asteroid belum pernah diamati secara langsung sebelumnya; Gambar di atas menunjukkan ilustrasi Lucy mendekati asteroid. Namun jika semuanya berjalan sesuai rencana, Lucy akan memberikan gambar asteroid beresolusi tinggi pertama.

Pesawat ruang angkasa akan berayun dekat dengan Bumi sebanyak tiga kali selama misinya. Datang ke orbit Bumi membantu memberi Lucy dorongan yang dia butuhkan untuk melanjutkan perjalanannya.

“Terakhir kali kami melihat pesawat ruang angkasa, itu terbatas pada galeri muatan di Florida,” kata Hal Levison, peneliti utama Lucy di Southwest Research Institute di Boulder, kantor Colorado, mengacu pada pelindung hidung kerucut yang digunakan selama peluncuran. “Sangat menyenangkan bahwa kami dapat berdiri di sini di Colorado dan melihat pesawat luar angkasa lagi.

“Dan kali ini Lucy akan berada di surga.”

READ  Rencana Pendarat Bulan Astronot NASA Perluas Melampaui SpaceX Starship