April 14, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Perusahaan modal ventura di Asia Tenggara lebih terpengaruh oleh dampak dari SVB daripada startup

Perusahaan modal ventura di Asia Tenggara lebih terpengaruh oleh dampak dari SVB daripada startup

  • Sementara SVB melayani perusahaan rintisan teknologi dan perusahaan modal ventura yang sebagian besar berlokasi di Amerika Serikat atau yang hadir di Amerika Serikat, beberapa pemodal ventura yang berlokasi di Asia Tenggara—seperti Jungle Ventures dan Golden Gate Ventures—juga merupakan klien SVB.
  • Perusahaan modal ventura di wilayah tersebut mengatakan banyak VC di Asia Tenggara mungkin menghadapi tantangan menemukan bank lain dengan penawaran produk yang sama seperti SVB yang runtuh.
  • “Ini benar-benar karena bank lokal di sini tidak menawarkan produk dan layanan yang sama seperti SVB,” kata David Judy, mitra pengelola di Jungle Ventures, di Squawk Box Asia CNBC.

SINGAPURA – Dibandingkan dengan perusahaan baru, perusahaan modal ventura di Asia Tenggara dapat melihat dampak yang lebih besar dari keruntuhan bank Silicon Valley karena akan sulit menemukan alternatif dari bank yang berbasis di AS di wilayah tersebut.

“Saya pikir dari perspektif perusahaan modal ventura, Anda akan melihat lebih banyak dampak di sini,” kata David Gowdey, mitra pengelola di Jungle Ventures, dalam sebuah wawancara di program Squawk Box Asia CNBC.

“Ini benar-benar karena bank lokal di sini tidak menawarkan produk dan layanan yang sama seperti SVB,” kata Judy Selasa, menambahkan bahwa SVB adalah bank utama Jungle Ventures.

Sementara SVB melayani perusahaan rintisan teknologi dan perusahaan modal ventura yang sebagian besar berlokasi di Amerika Serikat atau yang hadir di Amerika Serikat, beberapa pemodal ventura yang berlokasi di Asia Tenggara—seperti Jungle Ventures dan Golden Gate Ventures—juga merupakan klien SVB.

Bank memberikan perusahaan modal ventura dan startup dengan akses ke pasar modal AS serta peluang jaringan di AS

READ  Meta, Microsoft mengosongkan kantor AS selama WFH, PHK besar-besaran: laporan

Pemilihan saham dan tren investasi dari CNBC Pro:

SVB telah menyampaikan dan membangun proposisi produk yang sangat kuat untuk perusahaan VC, kata Judy, menambahkan bahwa Jungle Ventures sekarang mungkin harus “mencari pemain dari Empat Besar di AS untuk bermitra dengan kami.”

Dalam hal mengganti beberapa fitur yang disediakan SVB di AS, “Ini akan sulit,” kata Vinnie Lauria, mitra pengelola di Golden Gate Ventures, kepada CNBC.Tanda jalan asia” Selasa.

“Kami adalah klien SVB, jadi kami memahami nilai tambah dengan sangat baik,” kata Lauria.

Lauria memenuhi syarat bahwa kurang dari 1% dari seluruh portofolio Golden Gate Ventures telah ditangani melalui SVB. Bagi perusahaan yang didukung Golden Gate yang berbisnis dengan SVB, mereka tidak berbagi layanan perbankan penuh dengan bank AS, katanya.

Gowdey mengatakan bahwa hanya dua perusahaan dalam portofolio Jungle Ventures yang terdiri lebih dari 70 perusahaan rintisan yang telah terpapar SVB.

“Itu benar-benar karena [these two companies] Dia memiliki operasi di Amerika Serikat.”

Sementara kedua perusahaan memiliki paparan SVB, hanya satu perusahaan yang memiliki paparan material, kata Judy, menambahkan bahwa perusahaan yang mengalami paparan material menggunakan SVB untuk layanan penggajian.

Untuk startup di Asia Tenggara, perusahaan modal ventura mengatakan mereka kemungkinan besar tidak akan terpengaruh oleh infeksi dari krisis bank Silicon Valley.

Lauria dari Golden Gate Ventures berkata: “Kenyataannya ada di sini di Asia Tenggara, banyak startup yang berada dalam kegelapan.

“Jadi kenyataannya Asia Tenggara sudah sangat terisolasi dari apa yang terjadi di Silicon Valley,” katanya.