Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Perusahaan induk Hawaiian Airlines mencapai kesepakatan pembelian senilai $1,9 miliar dengan Alaska Air

Perusahaan induk Hawaiian Airlines mencapai kesepakatan pembelian senilai $1,9 miliar dengan Alaska Air

4 Desember (Reuters) – Saham Hawaiian Airlines Inc (HA.O), induk dari Hawaiian Airlines, naik hampir tiga kali lipat pada hari Senin setelah Alaska Airlines Group (ALK.N) setuju untuk mengakuisisinya senilai $1,9 miliar, termasuk… utang itu.

Saham Hawaii diperdagangkan pada $13,40 pada perdagangan pagi, di bawah harga penawaran Alaska sebesar $18 per saham yang diumumkan pada hari Minggu, dengan beberapa analis mengatakan persetujuan peraturan masih jauh dari pasti.

Saham perusahaan tersebut terpukul keras dalam beberapa bulan terakhir akibat dampak kebakaran hutan di Maui, kenaikan harga bahan bakar, dan masalah penarikan mesin jet pada beberapa pesawat Airbus SE (AIR.PA). Sahamnya turun 52,6% sepanjang tahun ini.

Saham Hawaiian Holdings berkinerja buruk dibandingkan rekan-rekannya dalam setahun terakhir

Hawaiian saat ini memiliki rasio harga terhadap pendapatan negatif sebesar 1,5, mencerminkan kerugian, dibandingkan dengan rasio harga terhadap pendapatan 12 bulan yang positif sebesar 8,2 untuk Alaska Air, menurut LSEG.

Hawaiian Holdings belum melaporkan laba yang disesuaikan dalam tiga tahun

Pesawat Hawaiian Airlines menganggur di landasan pacu Daniel K. Bandara Internasional Inouye akibat kelesuan bisnis akibat penyakit virus corona (COVID-19) di Honolulu, Hawaii, AS pada 28 April 2020. Foto diambil pada 28 April 2020. REUTERS/Marco Garcia/File Photo Memperoleh hak lisensi

Alaska dan Hawaii mengatakan pada hari Minggu bahwa kesepakatan tersebut, senilai $929,4 juta berdasarkan ekuitas, akan memperluas jaringan mereka dan memberikan lebih banyak pilihan bagi penumpang.

“Kesepakatan ini masuk akal bagi kedua perusahaan,” tulis Helen Becker, analis di TD Coin, dalam sebuah catatan.

Kesepakatan ini akan memungkinkan Alaska untuk tumbuh di pasar Asia-Pasifik yang menguntungkan, sementara pelanggan Hawaii dapat terbang nonstop ke daratan AS, tambah Baker.

“Premium yang tinggi untuk kesepakatan ini dibenarkan oleh sinergi jaringan luas yang dapat dicapai oleh entitas gabungan, dengan investasi tambahan minimal,” kata Craig Jenks, presiden perusahaan konsultan penerbangan Airline/Aircraft Projects yang berbasis di New York. 270% premi.

READ  Saham PYPL naik karena analis mempertimbangkan pemotongan panduan 2022 sebagai 'peristiwa penyeimbang'

Namun, penolakan peraturan terhadap merger mungkin saja terjadi. Di bawah pemerintahan Biden yang hawkish, Departemen Kehakiman AS mengajukan gugatan pada bulan Maret untuk memblokir JetBlue membeli Spirit Airlines, dengan mengatakan bahwa rencana merger akan “menempatkan perjalanan di luar jangkauan banyak pelancong yang sadar biaya.”

Saham JetBlue mengurangi kerugian pra-pasar menjadi diperdagangkan datar, sementara saham Spirit naik 6,5% pada hari Senin.

Saham Alaska Air yang berbasis di Seattle turun 17,6%.

(Laporan oleh Ananta Agarwal dan Shivash Tiwari di Bengaluru – Persiapan oleh Mohammed untuk Buletin Bahasa Arab) Penyuntingan oleh Krishna Chandra Eluri dan Shinjini Ganguly

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru