Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Perang antara Israel dan Hamas dan Israel menarik sebagian pasukan dari Gaza

Perang antara Israel dan Hamas dan Israel menarik sebagian pasukan dari Gaza

Kehancuran yang disebabkan oleh serangan pesawat tak berawak Israel di Beirut pada hari Selasa. Marwan Tahtah/Getty Images

Gambaran bangunan yang hancur di ibu kota Lebanon muncul di televisi lokal saat gumpalan asap hitam membubung ke langit.

Hamas mengatakan hal ini terjadi setelah serangan pesawat tak berawak Israel Salah satu pejabat seniornya terbunuhSaleh Al-Arouri, dan sejumlah anggota lainnya.

Tentara Israel belum menanggapi permintaan CNN untuk mengomentari laporan tersebut. Jika benar, Al-Arouri akan menjadi pejabat Hamas paling senior yang dibunuh pasukan Israel sejak awal perang yang pecah pasca serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober.

Selain memberikan pukulan terhadap kepemimpinan Hamas, serangan nyata tersebut juga mengancam akan memperluas arena konflik antara Israel dan Hamas.

Ini akan menjadi serangan Israel terbesar terhadap ibu kota Lebanon sejak perang tahun 2006 antara kedua negara.

Serangan tersebut tampaknya terjadi di lingkungan populer di pinggiran selatan Beirut, yang juga merupakan basis Hizbullah yang didukung Iran. Dia dilaporkan menyerang kantor Hamas, membunuh Al-Arouri – salah satu pendiri sayap militer gerakan tersebut – dalam sebuah pertemuan.

Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati menggambarkannya sebagai “kejahatan baru Israel yang bertujuan menyeret Lebanon ke dalam ekspresi konfrontasi baru,” mengacu pada konflik timbal balik yang telah berlangsung selama berbulan-bulan antara Hizbullah dan pasukan Israel di perbatasan Lebanon-Israel. wilayah.

Selama hampir tiga bulan, pertempuran masih terjadi dalam radius sekitar empat kilometer dari wilayah perbatasan, dengan Hizbullah menyerang Israel dan Israel menyerang Lebanon.

Tampaknya mereka berada di ambang perang skala penuh antara Israel dan Hizbullah, kelompok paramiliter paling kuat di Timur Tengah, namun gagal memicu konflik yang dikhawatirkan oleh Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya.

Hal ini mungkin telah berubah pada Selasa sore, karena aturan keterlibatan tampaknya tiba-tiba berubah seiring dengan ledakan di Beirut.

READ  Pemimpin Hamas: Perjanjian gencatan senjata dengan Israel “segera”

Dalam pidatonya yang disiarkan televisi musim panas lalu, pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah memperingatkan terhadap pembunuhan Israel di Lebanon, dengan mengatakan bahwa hal itu akan menginspirasi “tanggapan yang kuat” dari kelompok militan tersebut.

“Setiap serangan terhadap wilayah Lebanon, terlepas dari kebangsaan atau faksi (targetnya)…pasti akan menimbulkan reaksi keras,” kata Nasrallah dalam pidatonya pada Agustus 2023, seraya menambahkan bahwa kelompok tersebut akan berusaha mencegah Lebanon menjadi “ sebuah arena untuk… Dalam dua pidatonya sejak tanggal 7 Oktober, Nasrallah telah berulang kali mengangkat momok perang habis-habisan dengan Israel.

Pidato-pidatonya berapi-api, namun pada akhirnya sepertinya menunjukkan bahwa Hizbullah berniat membatasi perjuangannya hanya di wilayah perbatasan.

Pertempuran semakin intensif sejak saat itu dan para pejabat Israel mengancam akan meningkatkan serangan mereka terhadap Hizbullah. Hizbullah belum mengeluarkan pernyataan mengenai insiden hari Selasa itu, dan belum menanggapi permintaan komentar CNN.

Nasrallah diperkirakan akan menyampaikan pidato di televisi pada hari Rabu dalam pidato yang dijadwalkan bulan lalu. Pengawas akan memantau situasi dengan cermat untuk mencari tanda-tanda eskalasi.