Pentingnya Jam Tidur Malam Anak dalam Pertumbuhan Otaknya

Foto: hallo sehat

Jakarta, Semarak.News – Sejatinya setiap makhluk hidup di dunia ini membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Namun, hal tersebut tidaklah cukup melainkan perlu diimbangi dengan kualitas istirahat yang mendukung. Normalnya, manusia membutuhkan waktu tidur 8 jam perhari.

Dalam masa pertumbuhan anak-anak waktu istirahat atau jam tidur sangatlah penting. Menurut Dokter Anak Sub Spesialis Nutrisi dan Penyakit Metabolik Anak Dr. dr. Damayanti R. Sjarif, SpA(k) di Jakarta, Kamis (13/9) “Kualitas tidur anak terutama pada jam malam akan memengaruhi pertumbuhan otak sang anak, yang berdampak pada kemampuan kognitif seiring dengan pertumbuhannya”.

Anak-anak diharapkan untuk tidak tidur terlalu malam untuk menjaga hormon pertumbuhan anak bekerja dengan baik saat malam hari.

“Tidurnya harus nyenyak di antara jam 12.00 malam sampai jam 02.00 pagi. Karena pada saat itu hormon pertumbuhan yang tinggi, artinya jam 08.00 sudah harus masuk tempat tidur jangan main-main lagi,” kata Damayanti.

Anak-anak tidak diwajibkan untuk melakukan tidur siang karena hormon pertumbuhan pada anak bekerja lebih tinggi hanya saat tidur malam, sebaliknya mereka disarankan untuk melakukan aktivitas fisik di siang hari untuk membantu merangsang hormon pertumbuhan.

Selain itu, Ia juga menekankan pentingnya menstimulasi otak anak dengan memberikan pengetahuan, pelajaran, sekalipun dari hal-hal sederhana maupun kecil.

Pentingnya peran orang tua dalam pertumbuhan dan perkembangan seorang anak sehingga orang tua dituntut untuk dapat memberikan contoh kepada buah hatinya. Dimulai dari hal-hal kecil seperti mengajaknya pergi keluar rumah dan memperkenalkannya dengan hewan-hewan atau benda-benda baru yang belum pernah dilihatnya.

TINGGALKAN BALASAN