April 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pengadilan pemilu Nigeria menjunjung tinggi kemenangan presiden Tinubu

Pengadilan pemilu Nigeria menjunjung tinggi kemenangan presiden Tinubu

  • Tinubu memenangkan pemilihan presiden yang disengketakan pada bulan Februari
  • Pengadilan menolak banding yang diajukan Atiku dan Obi
  • Sedikitnya antusiasme masyarakat terhadap Tinubu setelah jumlah pemilih yang rendah
  • Tinubu mendesak para pesaingnya untuk mendukung pemerintahannya

ABUJA (Reuters) – Pengadilan pemilu presiden Nigeria pada Rabu menolak gugatan lawan oposisi terhadap sengketa kemenangan Bola Tinubu dalam pemilu pada Februari, mengikuti pola yang terlihat pada tahun pemilu sebelumnya di negara terpadat di Afrika tersebut.

Tidak ada upaya hukum terhadap hasil pemilihan presiden yang berhasil di Nigeria, yang kembali menganut sistem demokrasi pada tahun 1999 setelah tiga dekade hampir terus-menerus berada di bawah kekuasaan militer, dan memiliki sejarah kecurangan pemilu.

Atiku Abubakar dari Partai Rakyat Demokratik dan Peter Obi dari Partai Buruh, yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga, telah meminta pengadilan untuk membatalkan pemilu tersebut, dengan tuduhan adanya penyimpangan.

Para hakim dari pengadilan beranggotakan lima orang secara bergiliran membacakan putusan selama lebih dari 11 jam, menolak petisi individu Atiku dan Obi poin demi poin.

Hakim Haruna Tsamane mengatakan petisi Obi “tidak berdasar” dan “tidak memberikan bukti yang cukup kredibel” untuk mendukung tuduhan kesalahannya.

Tasmani mengatakan klaim Atiku mengenai penipuan pemilih “sangat lemah” dan menolak argumennya bahwa Tinubu tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri sebagai presiden.

“Petisi dengan ini ditolak,” kata Tasmania.

Obi dan Atiku, yang tidak menghadiri sidang, tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar. Partai Buruh yang mendukung Obi menolak keputusan tersebut dalam sebuah pernyataan dan mengatakan akan mengumumkan langkah selanjutnya setelah pertemuan dengan pengacara.

READ  Stasiun kereta Kramatorsk: Serangan Rusia menewaskan sedikitnya 30 orang di Ukraina, kata para pejabat

Dalam sebuah pernyataan dari India, di mana ia bersiap untuk berpartisipasi dalam KTT G20, Tinubu menyambut baik keputusan pengadilan tersebut dan mendesak para pesaingnya serta pendukung mereka untuk mendukung pemerintahannya.

Pengamat Uni Eropa mengatakan pada bulan Juni bahwa pemilu dirusak oleh berbagai masalah, termasuk kegagalan operasional dan kurangnya transparansi, yang menyebabkan menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap proses tersebut.

Namun, pemilu tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda tumbuhnya oposisi populer, dan Tinubu diterima oleh masyarakat internasional sebagai pemimpin sah Nigeria.

Atiku dan Obi dapat mengajukan banding ke pengadilan tertinggi negara tersebut untuk membatalkan keputusan pengadilan tersebut. Setiap banding harus diselesaikan dalam waktu 60 hari sejak tanggal keputusan pengadilan.

Meskipun keputusan pengadilan menguntungkan Tinubu, hal ini sepertinya tidak akan menghasilkan euforia atau momentum khusus bagi presiden setelah pemilu yang ditandai dengan rekor jumlah pemilih yang rendah yaitu 29%.

Di negara berpenduduk lebih dari 200 juta orang, 87 juta di antaranya terdaftar sebagai pemilih, Tinubu hanya menerima 8,79 juta suara, jumlah suara paling sedikit yang diterima presiden mana pun sejak kembalinya demokrasi, sehingga membatasi niat baik terhadapnya.

Laporan tambahan oleh Felix Onuah, ditulis oleh MacDonald Dzirutoy dan Estelle Shirbon; Diedit oleh Allison Williams, Bill Berkrot, dan Timothy Gardner

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru