Mei 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Penduduk Vermont bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian pada 14 Oktober

Penduduk Vermont bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian pada 14 Oktober

Tahukah Anda bahwa gerhana matahari sebagian akan terjadi pada bulan Oktober? Ini terjadi pada tengah hari pada hari Sabtu, bahkan memberikan kesempatan mudah bagi para penggemar biasa untuk menikmati keajaiban pergerakan langit.

Di sini, di Vermont, pemirsa akan dapat melihat bulan menangkap sebagian kecil matahari pada tanggal 14 Oktober. Namun di Amerika Barat dan Barat Daya, para pengamat langit akan melihat gerhana cincin, ketika posisi relatif Bulan lebih kecil dari Matahari dan gambar yang dihasilkan adalah “cincin api” yang mengelilingi tubuh Bulan.

Gerhana sebagian akan dimulai pada 12:12 WIB, mencapai puncaknya pada 13:19, dan berakhir pada 14:26.

Cara menyaksikan gerhana matahari

Kacamata gerhana matahari yang disetujui sangat penting untuk melihat gerhana matahari sebagian, karena lensa gelap melindungi mata dari sinar cahaya yang berbahaya. Ketika biasanya melihat matahari, reaksi alami orang adalah mengedipkan mata untuk melindungi mata mereka, namun seiring dengan menurunnya intensitas saat gerhana, maka kita bisa menatap matahari. Sinar ultraviolet masih terpancar dan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada penglihatan.

Hal yang sama berlaku untuk kamera, camcorder, dan telepon. Jika Anda ingin mengambil foto atau video, Anda dapat menempelkan kacamata hitam pada lensa perangkat yang Anda gunakan atau membeli filter surya khusus yang dirancang agar sesuai dengan lensa. Pastikan Anda melihat matahari melalui perangkat ini. Dengan cara ini kacamata atau filter memberikan perlindungan bagi perangkat dan mata Anda secara bersamaan.

ECHO merayakan gerhana matahari

Ingin membuat acara dari acara ini dan belajar lebih banyak dari ahlinya? Pusat ECHO Leahy untuk Danau Champlain Kota Burlington mengadakan program untuk merayakan gerhana. Himpunan Mahasiswa Fisika Universitas Vermont dan Masyarakat Astronomi Vermont Staf ECHO akan membantu memimpin kegiatan ramah keluarga dan melihat sinar matahari dengan aman. Kacamata hitam dan teleskop akan menunjukkan apa yang dapat dilihat di langit Vermont, atau pengunjung dapat menggunakan kacamata hitam yang disertakan dengan tiket masuk ke ECHO Center. Pusat tersebut juga akan mengadakan siaran langsung untuk menyaksikan seperti apa gerhana cincin dari bagian bumi yang dapat melihat “cincin api”.

READ  Prakiraan menunjukkan bahwa cahaya utara mungkin terlihat di beberapa negara bagian pada hari Minggu

Gerhana ini juga memberikan kesempatan untuk bersiap menghadapi gerhana besar: gerhana matahari total yang akan terjadi di Vermont utara dan akan terjadi pada tanggal 8 April mulai pukul 14:14 hingga 16:37. Semua jenis pengamat langit mendapat kesempatan untuk melakukannya. mengalaminya. Peralatan dan lokasi potensial mereka, semacam pelatihan untuk acara sekali seumur hidup tahun depan.

Jika kau pergi…

Apa: Saksikan gerhana matahari sebagianDi mana: ECHO Leahy Center untuk Danau Champlain, 1 College Street, BurlingtonKapan: Dari jam 10 pagi sampai jam 5 soreini berharga: Tiket masuk reguler ke ECHO atau gratis untuk anggota; Kacamata hitam ini dibayar sesuai kemampuan Anda dengan sumbangan yang disarankan sebesar $3Informasi lebih lanjut: echovermont.org/event/2023-partial-solar-eclipse

Lebih banyak ilmu luar angkasa: Planetarium Lady merevitalisasi observatorium dan menghadirkan bintang-bintang ke Williston dan sekitarnya

Lebih banyak astronomi di VT: Vermonter mencari bintang dan menemukan galaksi dua kali

Hubungi reporter April Barton masuk [email protected] Atau 802-660-1854. Ikuti dia di Twitter @aprildbarton.