Desember 1, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pemimpin Hong Kong tentang langkah-langkah kepemilikan baru, menarik bakat asing

Pemimpin Hong Kong tentang langkah-langkah kepemilikan baru, menarik bakat asing

John Lee, Kepala Eksekutif Hong Kong, tiba untuk menyampaikan pidato politiknya di Dewan Legislatif Hong Kong pada 19 Oktober 2022.

Paul Muda | Bloomberg | Gambar Getty

Kepala Eksekutif Hong Kong John Lee pada hari Rabu mengumumkan rencana untuk menarik bakat dan investasi ke pusat keuangan Asia yang hilang Ribuan penduduk sejak awal epidemi.

Dalam pidato politik pertamanya sejak menjabat pada Juli, Lee mengatakan pemerintah akan mengalokasikan HK$30 miliar ($3,8 miliar) untuk memikat perusahaan ke kota, dan meluncurkan apa yang disebut skema talenta terbaik “untuk menarik talenta untuk mengejar karir mereka di Hong Kong. Kong”.

“Selama dua tahun terakhir, tenaga kerja lokal telah menyusut sekitar 140.000. Selain memelihara dan mempertahankan talenta lokal, pemerintah akan secara proaktif mencari talenta dunia,” Menurut teks resmi pidatonya.

Hongkong Indeks Hang Seng Itu naik sedikit di awal perdagangan tetapi menyerahkan keuntungan sebelum pidato. Itu terakhir diperdagangkan turun 1,9% setelah turun sebentar 2%.

Menarik bakat asing

Orang-orang dengan gaji tahunan sekitar $318.000 atau lebih, dan lulusan dari 100 universitas terbaik di dunia yang telah memiliki tiga tahun pengalaman kerja selama lima tahun terakhir, akan memenuhi syarat untuk izin dua tahun untuk “menjelajahi peluang di Hong Kong.”

Lee mengatakan bahwa orang asing yang memasuki Hong Kong di bawah skema atraksi bakat, membeli properti tempat tinggal dan menjadi penduduk tetap, akan dapat mengajukan pengembalian uang materai pembeli dan biaya materai tempat tinggal baru untuk properti pertama mereka.

krisis perumahan

pusat keuangan Asia

Lee juga mengumumkan langkah-langkah yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing Hong Kong sebagai pusat keuangan, termasuk memfasilitasi pencatatan beberapa perusahaan di kota tersebut.

Dia mengatakan Perusahaan Pertukaran dan Kliring Hong Kong akan meninjau aturan pencatatan di dewan direksi utamanya tahun depan “untuk memfasilitasi penggalangan dana bagi perusahaan teknologi tinggi yang belum memenuhi persyaratan pendapatan dan riwayat perdagangan”.

Pemerintah juga akan mengembangkan sektor teknologi.

Tujuan kami adalah untuk menarik setidaknya 100 orang atau aktor berpotensi tinggi [innovation and technology] Perusahaan harus mendirikan atau memperluas bisnis mereka di Hong Kong dalam lima tahun ke depan,” katanya, seraya menambahkan bahwa hal itu dapat mendatangkan investasi dan penciptaan lapangan kerja senilai HK$10 miliar.

Apa hubungan Hong Kong dengan Cina?

kebijakan covid

Mengenai kebijakan COVID, Lee mengatakan pemerintahnya “melakukan yang terbaik untuk berdiskusi dengan daratan untuk mengupayakan dimulainya kembali perjalanan lintas batas normal secara bertahap dan teratur.”

“Tujuan pertama kami adalah menerapkan ‘karantina terbalik’ di Hong Kong, juga dikenal sebagai ‘karantina pra-keberangkatan’, di mana para pelancong dikarantina di Hong Kong sebelum pergi ke daratan.

Hong Kong adalah koloni Inggris sebelum diserahkan ke China pada tahun 1997 untuk diatur di bawah kerangka “satu negara, dua sistem”. Hong Kong telah dijanjikan 50 tahun otonomi dan memiliki kebebasan yang tidak dimiliki kota-kota Cina lainnya, termasuk hak pilih yang terbatas.

Hong Kong mencabut karantina wajib bagi para pelancong bulan lalu, setelah hampir dua tahun melakukan tindakan pengendalian perbatasan terkait Covid. Wisatawan masih perlu mengambil beberapa tes Covid dan memantau kesehatan mereka pada saat kedatangan.

Lee, yang setia kepada Beijing, adalah satu-satunya kandidat dalam pemilihan Mei untuk menggantikan pendahulunya, Carrie Lam. Sekitar 1.500 anggota Komisi Pemilihan Umum yang pro-Beijing memilih, dan Lee memenangkan 1.416 suara untuk menjadi pemimpin tertinggi Hong Kong.

Jihye Lee dan Lee Ying Shan dari CNBC berkontribusi pada laporan ini.

READ  Kepala keuangan G20 membuat beberapa terobosan politik pada pertemuan Indonesia