Januari 27, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pembatalan D&D Beyond Subscriptions memaksa Hasbro’s Hand

Klarifikasi: Vicki Lita

Akhirnya penerbit Dungeons & Dragons Wizards of the Coast Dia memecahkan keheningannya Mengenai lisensi game yang dibuka pada hari Jumat, mencoba tenang Ketegangan dalam komunitas D&D Dan jawab pertanyaan yang diajukan setelah Gizmodo Saya melaporkan berita itu Tentang isi draf dokumen minggu lalu.

Dalam pesan berjudul Pembaruan pada Lisensi Game Terbuka (OGL), yang diposting di situs web D&D Beyond, perangkat digital resmi Wizards of the Coast, perusahaan telah mengatasi beberapa kekhawatiran yang muncul setelah lisensi Open Gaming 1.1 bocor di awal minggu, dan dengan cepat mengembalikannya. Perubahan penting termasuk penghapusan struktur kepemilikan dan klarifikasi yang menjanjikan Kepemilikan hak cipta dan kekayaan intelektual.

Tapi mungkin terlalu sedikit, terlalu terlambat.

Terlepas dari kepastian dari anak perusahaan Hasbro, Wizards of the Coast (WotC) mungkin telah menderita konsekuensi dari Week of Silence. Berbagai sumber di dalam WotC memberi tahu Gizmodo bahwa situasi di dalam kastil sangat mengerikan, dan bahwa Hasbro tidak terlalu mengkhawatirkan citra publik dan lebih banyak tentang harta IP tempat naga itu berada.

Intinya tampaknya begini: Setelah kampanye yang dipimpin penggemar untuk pembatalan DD Selain langganan yang menjadi viral, saya mengirim pesan ke WotC dan top Hasbro. Menurut berbagai sumber, konsekuensi finansial langsung ini adalah hal utama yang memaksa mereka untuk melawan. Keputusan untuk menunda publikasi lisensi game terbuka yang baru dan kemudian menyesuaikan perpesanan seputar penawaran disebabkan oleh “dampak yang dapat dibuktikan” pada intinya.

Menurut sumber tersebut, dalam rapat dan komunikasi dengan karyawan, pesan dari manajemen WotC adalah bahwa penggemar “bereaksi berlebihan” terhadap draf yang bocor, dan dalam beberapa bulan, tidak ada yang akan mengingat keributan tersebut.

Licensees are pushing back

But despite any hopes that this all might blow over, well-known publishers who have previously used the OGL—some almost exclusively, such as Kobold Press, and MCDM— have already put out statements saying that they will either be moving away from all versions of the OGL, or explicitly offering up their own gaming licenses for their core games.

The “negative impact of implementing the new OGL might be a feature and not a bug for Wizards of the Coast,” said Charles Ryan, chief operating officer of Monte Cook Games. “A savvy third-party publisher might look at where 5e is in it life cycle,” he said, and if they were planning 5e products, reconsider their investment. Monte Cook Games released their own open, perpetual license for their acclaimed Cypher System last year.

Smaller indie presses have pulled together resources to help people make third-party content for small games. Rowan, Rook, dan Deckardmisalnya, dirilis Perangkat Perlawanansebuah dokumen yang dimaksudkan untuk membantu membebaskan desainer dari aturan D&D edisi ke-5 dan menulis konten pihak ketiga untuk RPG yang diakui Puncak menara.

Penerbit pihak ketiga memberi tahu Gizmodo bahwa mereka mengharapkan WotC memperbarui OGL seperti yang ditunjukkan dalam dokumen yang bocor, tetapi tidak sampai tahun 2025, selama rilis penuh DnDOne. Sekarang banyak penerbit pihak ketiga telah pindah jadwal migrasi setelah bencana publisitas seputar hal baru yang bocor Dungeon dan Naga OGL.

Salah satu pesaing terbesar WotC, penerbit independen Paizo, adalah pemiliknya Pramuka Dan pencari bintang RPG, saat ini memimpin kampanye untuk membuat Buka Lisensi Kreatif RPG (ORC) yang akan diawasi oleh organisasi nirlaba. Penerbit lain, termasuk Kobold Press, Chaosium, dan Legendary Games, telah berkomitmen untuk upaya tersebut.

Penerbit pihak ketiga lainnya yang meminta anonimitas memberi tahu Gizmodo bahwa perusahaan mereka telah “berkolaborasi dengan penerbit pihak ketiga lainnya” untuk memberikan pembelaan hukum bagi yang asli, sekitar tahun 2000, OGL 1.0(a).

Teks FAQ OGL 1.1 dan 2.0

Minggu lalu, Gizmodo menerima bocoran versi draf “OGL 1.1”, dan beberapa hari kemudian, dokumen FAQ yang merujuk ke “OGL 2.0”. (Ini adalah perbedaan penting, karena sementara 1.1 dapat dilihat sebagai pembaruan dari 1.0(a) asli, menyebut perjanjian baru 2.0 akan menunjukkan bahwa itu dibayangkan sebagai perjanjian yang sama sekali baru dan terpisah.)

Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan tentang OGL 2.0 termasuk pernyataan yang mengklarifikasi salah satu poin paling panas dari bocoran OGL 1.1 – apakah OGL 1.0a yang asli akan dicabut atau tidak. FAQ yang bocor mengatakan bahwa “OGL 1.0a hanya memungkinkan Kreator untuk menggunakan versi OGL “resmi” yang memungkinkan Wizards untuk memilih versi mana dari mereka sebelumnya untuk terus mengizinkan penggunaan saat kami menggunakan hak kami untuk memperbarui lisensi. Sebagai bagian dari OGL 2.0 peluncuran, kami mencabut lisensi OGL 1.0a dari penggunaan di masa mendatang dan dihapus dari situs web kami. Artinya, OGL 1.0a tidak lagi dapat digunakan untuk mengembangkan konten yang akan dirilis.”

Meskipun banyak orang telah maju untuk memperdebatkan legalitas interpretasi ini, termasuk mantan CEO WotC Ryan Dancey, yang membantu menulis OGL 1.0 asli, FAQ terus mendorong bahasa ini. Selain itu, pembaruan 13 Januari tidak secara eksplisit menunjukkan bahwa perusahaan tidak akan berusaha mencabut lisensi OGL 1.0a. “Menurut saya lisensi OGL v1.0a tidak dapat dicabut,” kata Dancey dalam email ke Gizmodo. “Tidak ada mekanisme dalam lisensi untuk mencabut otorisasi.”

“Saat versi 1.0a diterbitkan dan dilisensikan, Hasbro & Wizards of the Coast mengetahui bahwa mereka memasuki rezim lisensi abadi,” lanjut Dancey. Semua orang yang terlibat di tingkat eksekutif—Peter Adkison (CEO Wizards), Brian Lewis (konsultan untuk In-house Wizards), dan saya sendiri (yang merupakan wakil presiden RPG meja) semuanya setuju bahwa lisensi dimaksudkan.”

Meskipun FAQ OGL 2.0 telah didistribusikan ke beberapa tim dalam Wizards of the Coast, sumber menunjukkan bahwa FAQ ini tidak dirilis pada 12 Januari sebagaimana dimaksud karena dampak dari langganan yang dibatalkan dan reaksi online yang meningkat.

FAQ OGL 2.0 juga menyatakan bahwa “dokumen yang bocor adalah draf, dan beberapa konten yang membuat orang kesal telah diubah dalam versi terbaru pada saat kebocoran.” Namun, apa yang mengganggu orang – termasuk pengendara hak cipta dan royalti – masih terlihat sama seperti di FAQ untuk 2.0.

jelas Jessica Markrum, co-creator Unseelie Studios. Tapi ini bukan bahasa “terbuka”. Dan mereka tampaknya menggunakan tampilan OGL lama untuk berpura-pura bahwa 1.1 adalah lisensi hibah terbuka padahal sebenarnya tidak.”

Selain itu, beberapa sumber melaporkan bahwa penerbit pihak ketiga diberi OGL 1.1 pada pertengahan Desember sebagai insentif untuk menandatangani “kesepakatan sayang”, yang menunjukkan bahwa WotC bersedia menggunakan OGL 1.1 yang sudah bocor dan kejam.

Makalah istilah

Menurut sumber anonim yang berada di ruangan tersebut, pada akhir tahun 2022, Wizards of the Coast memberikan presentasi kepada sekitar 20 pembuat konten pihak ketiga yang menguraikan OGL 1.1 yang baru. Pembuat ini juga ditawari kesepakatan yang akan menggantikan OGL 1.1 yang tersedia untuk umum; Gizmodo telah menerima salinan dokumen ini, yang disebut “Lembar Persyaratan”, yang akan digunakan untuk menentukan kontrak kustom tertentu dalam OGL.

Kesepakatan “kekasih” ini akan memberikan hak kepada penandatangan untuk mengurangi pembayaran royalti — 15 persen, bukan 25 persen atas kelebihan pendapatan di atas $750.000, sebagaimana dinyatakan dalam OGL 1.1 — dan komitmen dari Wizards of the Coast untuk memasarkan produk pihak ketiga ini ke berbagai D&D berada di luar saluran dan platform, kecuali untuk “periode pemadaman” seputar rilis WotC sendiri.

Pihak ketiga diharapkan untuk menandatangani makalah ini. Nuh Turun.

Lakukan dengan benar

Dalam “Pembaruan Lisensi Game Terbuka” yang dirilis pada hari Jumat, WotC berjanji bahwa OGL baru masih dalam pengembangan dan belum siap untuk rilis final “karena kami perlu memastikan bahwa kami melakukannya dengan benar.” Perusahaan berjanji untuk menerima umpan balik dari komunitas dan terus melakukan revisi pada OGL yang membuatnya berfungsi baik untuk WotC maupun penerbit pihak ketiganya.

Tapi mungkin sudah terlambat. Bahkan jika Wizards of the Coast semuanya berjalan [the leaked OGL 1.1] Itu meninggalkan rasa asam di mulut saya dan di mulut saya sehingga saya tidak ingin bekerja dengan OGL di masa depan, kata David Markowski dari Unseelie Studios.

Sementara itu, kampanye “#DnDBegone” yang mendorong penggemar untuk membatalkan langganan D&D Beyond terus mendapat perhatian di Twitter dan situs media sosial lainnya.

Untuk sepenuhnya menghapus akun D&D Beyond, pengguna diarahkan ke sistem pendukung yang meminta mereka mengirimkan tiket untuk ditangani oleh layanan pelanggan: Sumber di dalam Wizards of the Coast mengonfirmasi bahwa awal minggu ini ada nilai “lima digit” dari keluhan tiket di sistem. Mereka mengatakan bahwa moderasi dan manajemen internal dari masalah tersebut “berantakan”, sebagian karena fakta bahwa WotC baru-baru ini merampingkan tim pendukung D&D Beyond.

Wizards of the Coast menyebutkan dalam FAQ yang belum dirilis bahwa perubahan tidak dilakukan pada OGL hanya karena beberapa “suara keras”, yang memang benar. Butuh ribuan suara. Dan Wizards of the Coast jelas tidak membuat perubahan terbaru atas keinginan mereka sendiri. Seluruh ekosistem backgammon memegang Wizards of the Coast untuk memenuhi janji yang mereka buat pada tahun 2000. Sekarang, para penggemar sedang menetapkan persyaratannya.


Ingin lebih banyak berita io9? Lihat kapan harus menunggu yang terbaru keajaibanDan perang bintangDan Star Trek Rilis, untuk apa selanjutnya DC Universe di film dan di TVdan semua yang perlu Anda ketahui tentang masa depan dokter yang.

READ  Perangkat audio terbaru Teenage Engineering mengundang Anda untuk memutar kenopnya