Agustus 12, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pembaruan langsung: Rusia menginvasi Ukraina

Pembaruan langsung: Rusia menginvasi Ukraina

China mendukung pernyataan yang dibuat oleh duta besarnya untuk Ukraina pada hari Kamis setelah diplomat China itu menjanjikan dukungan politik dan ekonomi Beijing untuk negara yang dilanda perang itu.

“China dengan tegas mendukung pernyataan duta besar,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Zhao Lijian pada konferensi pers reguler.

China mendukung semua upaya yang akan mengarah pada penurunan eskalasi situasi di Ukraina dan penyelesaian politik. [China] siap melakukan bagiannya untuk mengatasi krisis kemanusiaan.”

Tetapi mengacu pada kemungkinan upaya Beijing untuk memainkan kedua belah pihak, Zhao menolak untuk mengatakan apakah dukungan Beijing atas pernyataan duta besarnya berarti bahwa China tidak akan menawarkan senjata atau bantuan lainnya kepada Rusia untuk mendukung invasi militer ke Ukraina.

β€œItu interpretasi Anda sendiri,” katanya, menanggapi pertanyaan wartawan tentang hal itu. China telah membuat pernyataan berulang kali. Tidak ada alasan untuk membuat hubungan seperti itu.”

Fan Xianrong, duta besar China untuk Ukraina, menjanjikan dukungan Beijing dan memuji rakyat Ukraina pada pertemuan di Lviv pada hari Senin, menurut siaran pers dari pemerintah daerah.

“China akan selalu menjadi kekuatan yang baik bagi Ukraina baik secara ekonomi maupun politik,” kata Fan kepada Maxim Kozytsky, kepala Administrasi Regional Lviv. China tidak akan pernah menyerang Ukraina. Kami akan membantu, terutama secara ekonomi.”

“Dalam kasus ini, yang Anda miliki sekarang, kami akan bertindak secara bertanggung jawab. Kami telah melihat betapa hebatnya persatuan rakyat Ukraina, dan ini berarti kekuatan mereka,” lanjutnya, seraya menambahkan bahwa kedutaan besar China telah pindah dari Kyiv ke Lviv dan akan tetap di sana untuk sementara waktu.

Hingga Kamis sore, pernyataan Fan belum dilaporkan oleh media pemerintah China, yang sebagian besar menggemakan poin pembicaraan di Kremlin sejak invasi Rusia dimulai.

READ  Serangan Lviv: Rusia menyerang kota strategis Ukraina

Pada hari Selasa, duta besar China untuk Amerika Serikat, Chen Gang, menerbitkan sebuah op-ed di Washington Post yang menyatakan bahwa Beijing ingin mengakhiri konflik di Ukraina dan menghilangkan “rumor” bahwa China “tahu, setuju, atau diam-diam mendukung. ” perang.

“Konflik antara Rusia dan Ukraina tidak menguntungkan China. Jika China mengetahui krisis yang akan datang, kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk mencegahnya,” tulis Chen.

Komentarnya mengikuti jaminan dari pejabat intelijen AS bahwa Rusia telah meminta dukungan militer China di Ukraina. Baik Beijing maupun Moskow telah membantah tuduhan tersebut.