Juli 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Peluncuran pertama roket Ariane 6: Roket Eropa lepas landas untuk pertama kalinya

Peluncuran pertama roket Ariane 6: Roket Eropa lepas landas untuk pertama kalinya

Ada kontrak peluncuran rudal yang dibawanya selama tiga tahun pertama operasinya. Kontrak ini mencakup 18 peluncuran untuk miliarder Amerika lainnya, Jeff Bezos, yang ingin membuat grup satelit Internet yang disebut “Kuiper.”

Pejabat Eropa berencana meluncurkan roket Ariane 6 sebulan sekali.

Jika kecepatan penerbangan tersebut dapat dicapai, roket tersebut akan mampu menstabilkan dirinya sendiri, kata Pierre Lyonet dari konsultan luar angkasa ASD Eurospace.

Dia mengatakan kepada BBC News: “Pertama, kita perlu memastikan ada cukup permintaan dari pelanggan Eropa – institusi Eropa. Kemudian Ariane perlu memenangkan beberapa pelanggan komersial bersama Kuiper. Hal ini akan memberikannya pasar.”

“Tapi ini soal harga. Jika harga rudal Falcon 9 secara sistematis menurunkan harga rudal Ariane 6, maka akan ada masalah.”

Ariane 6 merupakan proyek yang melibatkan 13 negara anggota ESA, dipimpin oleh Perancis (56%) dan Jerman (21%). Ke-13 mitra telah berjanji untuk membayar subsidi hingga €340 juta (£295 juta) setiap tahun untuk mendukung tahap awal eksploitasi Ariane 6.

Inggris adalah pemain terkemuka di awal program peluncuran Eropa, dan tetap menjadi negara anggota Badan Antariksa Eropa, namun keterlibatan langsungnya dengan Ariane berakhir ketika prototipe Ariane 4 dihentikan pada tahun 2003.

Beberapa perusahaan Inggris terus memasok komponen secara komersial, dan dapat dipastikan beberapa pesawat luar angkasa buatan Inggris akan terus terbang dengan roket Ariane.

READ  Para ilmuwan menemukan “kejutan” yang mengubah pemahaman mereka tentang alam semesta