Juli 19, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pejabat NASA mengatakan kegagalan peralatan Hubble berarti lebih sedikit observasi

Pejabat NASA mengatakan kegagalan peralatan Hubble berarti lebih sedikit observasi

CAPE CANAVERAL, Florida (AP) — Hubble Hadapi lebih banyak masalah.

Teleskop luar angkasa memasuki masa hibernasi lebih dari seminggu yang lalu ketika salah satu dari tiga giroskop yang tersisa – bagian dari sistem panduan – tidak berfungsi. Perangkat yang sama telah beroperasi selama berbulan-bulan, sehingga mengganggu operasi ilmiah.

NASA mengatakan pada hari Selasa bahwa upaya untuk memperbaikinya telah gagal dan hanya akan beroperasi dengan satu giroskop, yang akan membatasi kemampuan ilmiahnya.

Peralihan ini akan membuat Hubble menganggur hingga pertengahan Juni. Teleskop tidak akan secerdas dulu dan membutuhkan waktu lebih lama untuk fokus pada sasaran. Menurut para pejabat, Hubble tidak akan bisa melakukan banyak observasi, namun diperkirakan akan bisa terus melakukan penemuan selama sisa dekade ini dan dekade berikutnya.

“Kami tidak melihat Hubble berada pada tahap terakhirnya,” kata manajer proyek NASA Patrick Cross.

Mark Clampin, direktur astrofisika NASA, mengatakan badan antariksa tersebut tidak mempertimbangkan misi untuk meningkatkan observatorium ke orbit yang lebih tinggi saat ini untuk memperpanjang umurnya.

Miliarder yang membeli penerbangan SpaceX miliknya telah menawarkan untuk mensponsori dan melaksanakan misi tersebut. Risikonya lebih besar daripada manfaat potensialnya dan diperlukan lebih banyak analisis, kata Clampin.

Hubble meluncur ke orbit pada tahun 1990, namun kegembiraan itu segera berakhir ketika para ilmuwan menemukan bahwa penglihatannya kabur karena cermin yang terdistorsi. Perbaikan yang dilakukan oleh para astronot telah memulihkan pandangan kita terhadap kosmos, memungkinkan teleskop untuk melihat galaksi kuno dan permata lain di alam semesta dengan detail yang menakjubkan.

Hubble memperoleh enam giroskop baru selama kunjungan terakhir para astronot pada tahun 2009, namun tiga di antaranya sudah tidak berfungsi selama bertahun-tahun. Roda berputar pada perangkat menjaga teleskop tetap stabil dan melihat ke arah yang benar dengan melacak rotasi dan posisi Hubble di luar angkasa.

READ  Saksikan Saturnus bersinar dengan sangat baik untuk tahun 2022 di webcast gratis ini malam ini

Salah satu dari dua gyro yang tersisa akan digunakan untuk persinyalan, sementara yang lainnya tetap sebagai cadangan untuk penggunaan di masa depan.

Penerus Hubble yang lebih besar dan bertenaga, Teleskop Luar Angkasa Webb, akan diluncurkan pada tahun 2021.

___

Departemen Kesehatan dan Sains Associated Press menerima dukungan dari Grup Media Sains dan Pendidikan di Howard Hughes Medical Institute. AP bertanggung jawab penuh atas semua konten.