Juli 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pegunungan Antartika kuno ditemukan oleh pasir merah muda di Australia

Pegunungan Antartika kuno ditemukan oleh pasir merah muda di Australia

Apa yang dimulai dengan warna merah jambu yang tidak biasa di tepi Petrel Cove menghasilkan penemuan yang mengejutkan.

Pelaku di balik pasir berwarna? Agate, sisa mineral dari pegunungan kuno Antartika, pernah tersembunyi di bawah es bermil-mil.

Para ilmuwan awalnya bingung dengan pasir merah muda tersebut, tetapi mereka segera mengidentifikasinya sebagai batu akik. Namun, usia dan asal muasal mineral tersebut masih menjadi misteri. Penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan bahwa batu akik tersebut berumur 590 juta tahun, jauh lebih tua dari formasi geologi di sekitarnya.

“Garnet tersebut terlalu muda untuk dihasilkan dari Gawler Craton dan terlalu tua untuk dihasilkan dari Adelaide Fold Belt yang terkikis.” kata Charmaine Fairhartkandidat PhD dan ketua tim peneliti di Universitas Adelaide.

“Batu akik membutuhkan suhu tinggi untuk terbentuk dan biasanya dikaitkan dengan pembentukan sabuk pegunungan besar, dan ini adalah masa ketika kerak Australia bagian selatan relatif dingin dan tidak bergunung-gunung.”

Para peneliti yang mempublikasikan hasilnya di jurnal komunikasi bumi dan lingkungan, Mereka membuktikan bahwa garnet tidak berasal dari batuan lokal, namun mereka mengetahui bahwa garnet tersebut diangkut dari daerah sekitar, karena garnet biasanya hancur karena kontak yang terlalu lama dengan lingkungan laut.

Mereka menemukan bahwa endapan sedimen glasial Formasi Cape Jervis, yang membentang di sepanjang pantai Australia Selatan, mengandung lapisan pasir dengan warna garnet yang juga berusia sekitar 590 juta tahun.

Penemuan ini menunjukkan adanya rangkaian pegunungan kuno di Antartika, yang saat ini terkubur di bawah lapisan es benua yang luas. Batu akik telah menempuh perjalanan yang panjang, dan kemungkinan besar terendapkan oleh gletser jutaan tahun yang lalu sebelum dikerjakan ulang oleh gelombang dan pasang surut modern di pantai Australia Selatan.

READ  Artemis II akan menelepon ke rumah dari bulan menggunakan laser

Pasir merah muda ini bukan hanya pemandangan yang indah; Ini adalah jendela menuju sejarah mendalam planet kita dan rahasia tersembunyi yang terkubur di bawah es.

Video unggulan hari ini

Mirzapur sedang bermain di Bareilly, dan tembakan dilepaskan ke seberang jalan yang sibuk