April 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Para ilmuwan mengklaim kadal laut raksasa dengan ‘alis marah’ berkeliaran di Dakota Utara 80 juta tahun yang lalu.

Para ilmuwan mengklaim kadal laut raksasa dengan ‘alis marah’ berkeliaran di Dakota Utara 80 juta tahun yang lalu.

Berita

Sebuah penemuan ilmiah baru-baru ini mengklaim bahwa kadal laut raksasa dengan “alis yang marah” berkeliaran di perairan di atas Dakota Utara lebih dari 80 juta tahun yang lalu.

Spesies baru ini diberi nama Jormungandr walhallaensis, nama yang diambil dari nama ular laut dalam mitologi Nordik dan kota kecil Walhalla di Dakota, dekat tempat ditemukannya fosil reptil tersebut beberapa tahun lalu.

Reptil yang baru ditemukan ini adalah bagian dari keluarga mosasaurus, yaitu kadal laut besar yang hidup saat dinosaurus menjelajahi daratan, menurut situs Newsweek. Studi ini dipublikasikan Bulan lalu di Buletin Museum Sejarah Alam Amerika.

“Jika Anda memasang sirip pada komodo dan menjadikannya sangat besar, pada dasarnya akan terlihat seperti ini,” kata Amelia Zietlow, penulis utama studi tersebut, seorang mahasiswa doktoral biologi komparatif.

Studi ini berfokus pada fosil yang digali pada tahun 2015 selama penggalian di timur laut Dakota Utara, di mana ditemukan tengkorak, rahang, dan tulang belakang leher yang hampir lengkap. Menurut Museum Sejarah Alam Amerika.

Lukisan menunjukkan Thor membunuh seekor naga.
Pusat Warisan Dakota Utara dan Museum Negara

Spesimen ini diyakini memiliki panjang sekitar 24 kaki, dan memiliki sirip, sepasang “alis marah” yang disebabkan oleh tonjolan tulang di tengkorak dan ekor pendek mirip hiu.

Diperkirakan ia hidup sekitar 80 juta tahun yang lalu.

Studi tersebut menunjukkan bahwa spesies baru ini mencakup ciri-ciri yang ditemukan pada dua mosasaurus terkenal. Ada mosasaurus yang lebih kecil dan lebih primitif yang disebut Clidastes dan mosasaurus yang jauh lebih besar, yang panjangnya bisa mencapai sekitar 50 kaki dan hidup pada zaman yang sama dengan Tyrannosaurus rex.

READ  Tulang camilan dinosaurus ditemukan dalam fosil setelah 120 juta tahun
Studi ini berfokus pada fosil yang digali pada tahun 2015 selama penggalian di timur laut Dakota Utara, di mana ditemukan tengkorak, rahang, dan tulang belakang leher yang hampir lengkap, menurut American Museum of Natural History.
Emil Doppler / Wikipedia

“Saat hewan-hewan ini berevolusi menjadi monster laut raksasa, mereka terus-menerus membuat perubahan,” kata Zitlow, dari Sekolah Pascasarjana Richard Gilder di Museum Sejarah Alam Amerika.

“Pekerjaan ini membawa kita selangkah lebih dekat untuk memahami bagaimana semua bentuk berbeda ini berhubungan satu sama lain.”

Mosasaurus pertama telah ditemukan lebih dari 200 tahun sebelum penelitian terbaru ini.

“Fosil ini berasal dari zaman geologis di Amerika Serikat yang tidak begitu kita pahami,” kata rekan penulis Clint Boyd.

“Semakin kita dapat mengisi garis waktu geografis dan temporal, semakin baik kita dapat memahami makhluk-makhluk ini,” tambah Boyd, dari North Dakota Geological Survey.


Muat lebih banyak…




https://nypost.com/2023/11/06/news/scientists-claim-giant-sea-lizards-with-angry-eyebrows-roamed-over-north-dakota-80-million-years-ago/?utm_source =url_sitebuttons&utm_medium=situs%20buttons&utm_campaign=situs%20buttons

Salin URL berbagi