April 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Para ilmuwan menemukan sumber air di luar angkasa yang tiga kali lebih besar dari lautan di bumi

Para ilmuwan menemukan sumber air di luar angkasa yang tiga kali lebih besar dari lautan di bumi

Ada perkembangan besar dalam pencarian kehidupan di alam semesta, setelah para ilmuwan menemukan adanya uap air dalam jumlah besar.

Penelitian baru ini berfokus pada piringan gas dan debu yang mengelilingi bintang muda, yang diamati menggunakan Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA).

Bintang yang disebut HL Tauri itu ditemukan 450 tahun cahaya jauhnya dan dikelilingi oleh uap dalam jumlah yang mengejutkan [via Geo News].

Faktanya, luasnya tiga kali lipat dari seluruh lautan di Bumi, dan dapat mewakili tempat lahirnya planet-planet.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Astronomy, volume uap dapat meningkatkan kemungkinan sebuah planet dapat dihuni setelah terbentuk di sana.

Jumlah uap di sekitar HL Tauri tampaknya mempengaruhi kelahiran planet baru, kondisi di sana mungkin mencerminkan kondisi yang ada ketika Bumi terbentuk 4,5 miliar tahun yang lalu.

Stefano Facchini dari Universitas Milan adalah penulis utama proyek ini, dan dia sangat antusias melihat “gambar lautan uap air di wilayah yang sama dengan kemungkinan terbentuknya planet ini.”

Air, seperti biasanya, telah menjadi hal mendasar bagi sejumlah perkembangan ilmu pengetahuan baru-baru ini.

Para ilmuwan baru-baru ini menemukan bahwa air secara perlahan merembes ke inti bumi dari permukaan.

Seorang ilmuwan juga sebelumnya menemukan air tertua yang pernah ditemukan di Bumi, dan memutuskan tindakan terbaik tentu saja dengan meminumnya.

berlangganan Untuk buletin indy100 mingguan gratis kami

Bagaimana cara bergabung saluran WhatsApp gratis indy100

Bagikan pendapat Anda di berita demokrasi kami. Klik ikon upvote di bagian atas halaman untuk membantu menaikkan peringkat artikel ini di indy100