Juni 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Para astronom melihat galaksi langka yang terbungkus pita kosmik rahasia: ScienceAlert

Para astronom melihat galaksi langka yang terbungkus pita kosmik rahasia: ScienceAlert

Apa yang kita anggap sebagai galaksi spiral normal yang terletak tidak jauh dari Bima Sakti ternyata mengungkap kejutan tersembunyi.

Terletak sekitar 56 juta tahun cahaya jauhnya, NGC 4632 dikelilingi oleh cincin gas besar yang membungkus galaksi dengan sudut yang sangat miring dibandingkan galaksinya. Pesawat Hungaria. Mengapa kita belum melihatnya? Ia tidak terlihat di sebagian besar spektrum elektromagnetik, dan hanya muncul ketika kita menatap langit dengan teleskop radio.

Penemuan ini dapat menempatkan NGC 4632 dalam kategori galaksi yang sangat langka yang dikenal dengan sebutan Galaksi cincin kutub Namun hal ini juga menunjukkan bahwa galaksi-galaksi ini mungkin tidak selangka yang kita duga. Atau, NGC 4632 mungkin berarti kita telah melihatnya dari sudut pandang yang salah.

“Hasilnya menunjukkan bahwa antara 1 dan 3 persen galaksi terdekat mungkin mengandung gas cincin kutub, proporsi yang jauh lebih tinggi daripada perkiraan teleskop optik. Galaksi cincin kutub mungkin lebih umum daripada yang diperkirakan sebelumnya.” kata ahli astrofisika Nathan Degg Dari Queen’s University di Kanada.

“Meskipun ini bukan pertama kalinya para astronom mengamati galaksi cincin kutub, NGC 4632 adalah pertama kalinya diamati menggunakan ASKAP, dan mungkin masih banyak lagi yang akan datang.”

Galaksi cincin kutub yang lebih khas, NGC 660.Gshulman555/Wikimedia Commons, CC OLEH 3.0)

Galaksi cincin kutub kurang lebih seperti apa bunyinya: galaksi yang mengandung cincin material – debu, gas, dan bintang – yang mengorbit di sekitar atau dekat kutub galaksi; itu, Tegak lurus terhadap bidang galaksi.

Mereka biasanya terlihat cukup memukau, dengan cincin berkilaunya yang bersudut seperti torus Stasiun luar angkasa Von Braun.

Kita tidak tahu bagaimana mereka bisa sampai seperti ini, tapi itulah kenyataannya Dua pesaing utama saat ini.

Yang pertama adalah materi bergerak di sepanjang jaringan kosmik melalui ruang antargalaksi, dan berakhir di orbit di sekitar galaksi, dan menjadi bagian darinya.

READ  NASA merilis video berdurasi 20 tahun tentang bintang paling menakjubkan yang kita ketahui

Penjelasan kedua yang lebih masuk akal adalah bahwa cincin tersebut terdiri dari materi yang ditelan secara gravitasi dari galaksi lain yang mendekati dan berinteraksi dengan galaksi cincin kutub.

Menariknya, mereka cenderung berupa galaksi lentikular Dan Berbentuk bulat panjang Spesies yang mengandung cincin kutub. Ini adalah galaksi yang misterius dan tidak terorganisir, tanpa lengan spiral yang jelas seperti yang kita lihat di galaksi seperti Bima Sakti.

NGC 4632 seperti yang terlihat pada survei WALLABY (kiri) dibandingkan dengan gambar optik dari survei DESI Legacy (kanan). (Tobias Westmeyer/ICRAR)

Pengamatan visual mengungkapkan cincin kutub di sekitarnya Sekitar 0,5 persen Dari galaksi lentikular terdekat. Namun ada lebih banyak hal di alam semesta yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia yang terbatas.

Namun, Deeg dan tim astronom internasional tidak serta merta memperkirakan adanya cincin kutub tersembunyi di sekitar galaksi spiral NGC 4632.

Ditampilkan dalam data yang dikumpulkan oleh Widefield ASKAP L-band Legacy All-sky Blind Survey (Walabi) dilakukan menggunakan Australian Pathfinder Square Kilometer Array, rangkaian teleskop radio kuat yang terletak di gurun Australia Barat. Tujuan WALLABY adalah mensurvei ratusan ribu galaksi di langit selatan, guna memetakan sebaran gas di dalamnya.

“NGC 4632 adalah salah satu dari dua galaksi cincin kutub yang kami identifikasi dari 600 galaksi yang dipetakan dalam survei kecil WALLABY pertama kami.” Kata astronom Barbil Korybalski Organisasi Penelitian Ilmiah dan Industri Persemakmuran (CSIRO) di Australia.

“Dengan menggunakan ASKAP dalam beberapa tahun mendatang, kami berharap dapat mendeteksi lebih dari 200.000 galaksi kaya hidrogen, termasuk banyak galaksi yang tidak biasa seperti galaksi yang memiliki cincin kutub.”

Gambar Hubble dari galaksi cincin kutub NGC 4650A. Galaksi adalah titik kabur di tengah. (Tim Warisan Hubble/ORA/STScI/NASA)

NGC 4632 tidak segera memberi tahu kita bagaimana galaksi cincin kutub mendapatkan cincinnya. Namun galaksi tersebut – bersama dengan galaksi spiral cincin kutub kedua yang ditemukan tim, NGC 6156 – menunjukkan bahwa mungkin masih banyak yang belum kami temukan.

READ  Tonton animasi "belum pernah terjadi sebelumnya" yang menampilkan 100 juta tahun sejarah Bumi

Hal ini juga dapat menunjukkan bahwa mekanisme pembentukan galaksi spiral cincin kutub berbeda dengan mekanisme pembentukan galaksi cincin kutub yang telah diidentifikasi sebelumnya.

Tim berharap pengamatan lebih lanjut akan mengungkap lebih banyak objek misterius tersebut. Hal ini akan mengungkap apakah jenis cincin – berbentuk gas atau berisi bintang – terkait dengan struktur galaksi induknya. Kami juga akan melihat lebih dekat NGC 4632 dan NGC 6156.

“Dengan tersedianya pengamatan yang lebih baik dan model yang lebih canggih dari kedua galaksi, parameter cincin nenek moyang dapat dibatasi (jika memang terbentuk melalui merger atau terbang lintas).” Para peneliti menulis.

“Memahami apakah ini akibat interaksi atau pertambahan gas akan memberikan kendala pada pembentukan dan evolusi galaksi.”

Penelitian ini dipublikasikan di Pemberitahuan Bulanan Royal Astronomical Society.