Agustus 12, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pabrik Tesla raksasa Jerman yang telah lama ditunggu-tunggu mendapat lampu hijau bersyarat

Pabrik Tesla raksasa Jerman yang telah lama ditunggu-tunggu mendapat lampu hijau bersyarat

  • Pabrik Gruenheide Tesla adalah bisnis skala besar pertama di Eropa
  • Keberatan untuk persetujuan dapat diajukan dalam bulan berikutnya
  • Tesla ingin membuktikan bahwa ia memenuhi persyaratan dalam dua minggu ke depan

Potsdam, Jerman, 4 Maret (Reuters) – Tesla Corporation (TSLA.O) Negara bagian Brandenburg menerima persetujuan bersyarat untuk pabrik raksasa Jerman di dekat Berlin pada hari Jumat, mengakhiri penundaan berbulan-bulan dalam pembangunan pabrik bersejarah senilai 5 miliar euro ($5,5 miliar).

Pabrik besar, yang sangat penting bagi ambisi CEO Tesla Elon Musk untuk menaklukkan pemimpin pasar Eropa Volkswagen (VOWG_p.DE)Seharusnya dibuka musim panas lalu.

Produsen mobil terbesar Jerman berada di atas angin di Eropa, dengan 25% dari penjualan kendaraan listrik (EV) versus Tesla 13%.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Perdana Menteri negara bagian Brandenburg Dietmar Wiedek mengatakan dalam jumpa pers bahwa pengembangan tersebut mewakili “langkah besar ke masa depan,” menambahkan bahwa pabrik Tesla akan menjadi mesin industri dan teknologi utama untuk Jerman dan kawasan.

Serikat pekerja mengatakan bulan lalu bahwa sekitar 2.600 dari perkiraan 12.000 pekerja pabrik telah dipekerjakan sejauh ini, dan Tesla sedang dalam pembicaraan dengan beberapa pemasok suku cadang di wilayah tersebut untuk mendapatkan sebanyak mungkin secara lokal, mengurangi waktu tunggu dan biaya.

Sebagai tanda persaingan sengit yang dihadapi Tesla, Volkswagen mengatakan pada hari Jumat akan menghabiskan sekitar 2 miliar euro untuk membangun pabrik baru di dekat markas Wolfsburg untuk membuat Trinity, yang pertama dari generasi baru mobil listrik untuk pembuat mobil Jerman, yang akan diluncurkan. mulai konstruksi. Tahun depan.

Izin bangunan bersyarat 536 halaman Jumat untuk Tesla tidak berarti pelopor mobil listrik AS dapat segera memulai produksi. Pertama-tama harus menunjukkan bahwa ia memenuhi beberapa kondisi, termasuk penggunaan air dan pengendalian polusi udara.

READ  EY sedang menjajaki IPO atau penjualan sebagian dari bisnis penasihat global

Hanya dengan begitu Tesla akan mendapatkan izin operasi yang telah lama ditunggu-tunggu dan akan mulai meluncurkan 500.000 kendaraan bertenaga baterai yang ingin diproduksi setiap tahun di pabrik baru, yang terletak di komunitas kecil Gruenheide.

Hambatan lain untuk mengamankan pasokan air situs muncul Jumat malam, ketika pengadilan administrasi di Frankfurt Oder memihak kelompok lingkungan yang menantang lisensi yang diberikan kepada utilitas air lokal untuk memasok situs Tesla. Baca lebih banyak

Tetapi pengadilan mengatakan bahwa kesalahan prosedural yang dibuat dalam keputusan perizinan dapat diperbaiki oleh perusahaan air minum, membiarkan pintu terbuka untuk menyelamatkan pengaturan pasokan air.

Dimulainya produksi di Jerman berarti Tesla dapat mengirimkan mobil Model Y ke pelanggan Eropa lebih cepat dan dengan biaya lebih rendah, setelah memenuhi pesanan di Eropa dari pabriknya di Shanghai dalam beberapa bulan terakhir sambil menunggu persetujuan lokasi.

Menteri Lingkungan Brandenburg Axel Vogel mengatakan Tesla berencana untuk menunjukkan bahwa itu memenuhi persyaratan yang diberlakukan dalam dua minggu ke depan, sementara keberatan dapat diajukan dalam bulan depan.

Tantangan Tesla berikutnya adalah meningkatkan produksi secepat mungkin, yang Musk katakan pada pameran di tempat pada bulan Oktober akan memakan waktu lebih lama daripada membangun pabrik.

Kelompok lingkungan lokal telah lama khawatir bahwa tanaman tersebut dapat berdampak negatif terhadap habitat lokal. Beberapa konsultasi publik, yang berfokus terutama pada aspek ini, menunda prosesnya, dengan Musk mengungkapkan kegelisahannya pada beberapa kesempatan tentang birokrasi Jerman.

Pabrik, yang Tesla telah mulai membangun di bawah izin pra-persetujuan, juga akan mencakup pabrik baterai yang mampu menghasilkan lebih dari 50 gigawatt-jam (GWh) per tahun – mengungguli pesaing Eropa.

READ  Elon Musk mengatakan kita akan segera melihat Steam mengerjakan Tesla

Musk mengatakan baterai mobil yang diproduksi di situs tersebut awalnya akan datang dari China, tetapi ia berencana untuk mencapai volume produksi di pabrik baterai Jerman pada akhir tahun depan.

(1 dolar = 0,9163 euro)

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Pelaporan tambahan oleh Nadine Chemrosek, Christoph Stitz, Jan Schwartz, Victoria Waldry dan Ludwig Burger; Pengeditan: Kirsti Knolle, Miranda Murray, Louise Heavens dan Alexander Smith

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.