Juni 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Oktober Ritel, produksi industri, aset tetap dan pekerjaan

Oktober Ritel, produksi industri, aset tetap dan pekerjaan

  • Dalam beberapa minggu terakhir, para pembuat kebijakan terkemuka telah mengumumkan lebih banyak dukungan terhadap perekonomian, terutama pemerintah daerah yang sedang mengalami kesulitan.
  • Pekan lalu, Dana Moneter Internasional (IMF) mengutip pengumuman kebijakan Beijing sebagai alasan untuk menaikkan perkiraan pertumbuhan Tiongkok tahun ini menjadi 5,4%. Dana Moneter Internasional juga menaikkan perkiraan pertumbuhannya untuk tahun 2024 menjadi 4,6%.

Chongqing, Tiongkok – 5 November 2023 – Gedung-gedung bertingkat terlihat di pusat kota Chongqing, Tiongkok, 5 November 2023. (Foto oleh Costfoto/NurPhoto via Getty Images)

norfoto | norfoto | Gambar Getty

BEIJING – Tiongkok pada hari Rabu melaporkan data penjualan ritel dan industri yang lebih baik dari perkiraan untuk bulan Oktober, sementara penurunan di sektor real estat semakin memburuk.

Penjualan ritel tumbuh 7,6% bulan lalu dibandingkan tahun lalu, melebihi ekspektasi pertumbuhan sebesar 7% dalam jajak pendapat Reuters.

Produksi industri naik 4,6% tahun-ke-tahun di bulan Oktober, lebih cepat dari perkiraan 4,4% dalam jajak pendapat Reuters.

Investasi pada aset tetap tumbuh sebesar 2,9% selama sepuluh bulan pertama tahun ini dibandingkan tahun lalu, bertolak belakang dengan ekspektasi yang mengindikasikan peningkatan sebesar 3,1%.

Investasi di bidang real estat turun sebesar 9,3% pada periode tersebut, penurunan yang lebih tajam dibandingkan penurunan sebesar 9,1% yang tercatat selama sembilan bulan pertama tahun ini.

Badan Pusat Statistik menyebutkan, tingkat pengangguran di perkotaan mencapai 5%. Hal ini tidak berubah sejak bulan September. Kantor tersebut telah menghentikan laporan tingkat pengangguran kaum muda sejak musim panas.

Data menunjukkan bahwa dalam penjualan ritel, produk olahraga dan hiburan lainnya mengalami peningkatan penjualan sebesar 25,7% di bulan Oktober dibandingkan tahun lalu.

Katering, serta alkohol dan tembakau, mengalami peningkatan penjualan dua digit. Penjualan terkait otomotif meningkat 11,4% dibandingkan tahun lalu.

READ  Waffle House menaikkan gaji pekerja menjadi $3 per jam setelah protes buruh — dan harga menu meningkat

Minggu pertama bulan Oktober adalah hari libur besar terakhir tahun ini di Tiongkok, yang dikenal sebagai Minggu Emas. Data resmi menunjukkan bahwa belanja pariwisata dalam negeri telah pulih hampir ke tingkat tahun 2019, namun hal ini sebagian disebabkan karena lebih banyak orang yang tinggal di dalam negeri karena perjalanan keluar negeri belum sepenuhnya kembali ke tingkat sebelum pandemi.

Baca lebih lanjut tentang Tiongkok dari CNBC Pro

Dalam beberapa minggu terakhir, para pembuat kebijakan terkemuka telah mengumumkan lebih banyak dukungan terhadap perekonomian, terutama pemerintah daerah yang sedang mengalami kesulitan. Beijing juga telah mengambil langkah-langkah untuk menstabilkan sektor real estatnya yang besar, yang diperkirakan akan menjadi bagian kecil dari perekonomian dalam jangka panjang.

Pekan lalu, Dana Moneter Internasional (IMF) mengutip pengumuman kebijakan Beijing sebagai alasan untuk menaikkan perkiraan pertumbuhan Tiongkok tahun ini menjadi 5,4%. Dana Moneter Internasional (IMF) juga menaikkan perkiraan pertumbuhannya untuk tahun 2024 menjadi 4,6%.

Terkait real estat, “tekanan masih ada,” Gita Gopinath, wakil direktur pelaksana pertama Dana Moneter Internasional, mengatakan kepada CNBC dalam sebuah wawancara eksklusif.

“Masih banyak tekanan di pasar. Masih ada kelemahan di pasar,” ujarnya. “Hal ini tidak akan berakhir dengan cepat. Perlu waktu untuk beralih kembali ke ukuran yang lebih berkelanjutan.”

Real estate dan sektor terkait menyumbang sekitar seperempat produk domestik bruto Tiongkok.

Analis UBS memperkirakan pangsa pasar telah turun menjadi sekitar 22% tahun ini. Penjualan rumah baru turun, sementara pengembang properti besar seperti Country Garden gagal membayar utangnya.