Prosesi Wisuda ke-6 IAIN Ternate [Foto: Mudzakir]

Ternate, Semarak.news—Aula putih itu penuh sesak. Suasana bahagia juga menghiasi 344 orang wisudawan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate. Wisuda ke-6 yang seharusnya dilaksanakan November ini dipercepat pada hari ini, Sabtu (27/10/2018).

“Sebanyak 15-20% dari 344 wisudawan memperoleh nilai cum laude.”

Dari 344 wisudawan tersebut, sebanyak 15-20% wisudawan memperoleh nilai cum laude. Lalu terdapat hal unik yang terjadi, terang Rektor IAIN Ternate, selama tiga tahun berturut-turut disabet oleh fakultas yang sama.

“Paling menarik adalah Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Walaupun jumlah mahasiswanya tidak sebanyak dibanding Fakultas Tarbiyah atau Syariah, tetapi selama tiga tahun berturut-turut menjadi lulusan terbaik.” Terang rektor IAIN saat diwawancarai selepas makan siang.

Ia menambahkan, fakultas tersebut akan menjadi fokus perhatian karena memiliki potensi lain. Selain itu bagi lulusna terbaik akan dipertimbangkan untuk mendapat bantuan apabila melanjutkan pendidikan magistes di IAIN Ternate.

Dari seluruh wisudawan tersebut sebanyak 20 orang menyandang gelar Magister Pendidikan (M.Pd.), 191 orang menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.), 51 orang menyandang gelar Sarjana Hukum (S.H.), 51 orang menyandang gelar Sarjana Ekonomi, 35 menyandang gelar Ahli Madya, 5 orang menyandang gelar Sarjana Humaniora (S.Hum.), 6 orang menyandang gelar Sarjana Agama (S.Ag.), dan 5 orang menyandang gelar Sarjana Sosial (S.Sos)

Rincian wisudawan sebagai berikut:

Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam

20 orang menyandang gelar Master Pendidikan Islam (M. Pd)

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

51 orang dari prodi Pendidikan Agama Islam (S.Pd.)

36 orang dari Prodi Manajemen Pendidikan Islam (S.Pd.)

9 orang dari prodi pendidikan Bahasa Arab (S.Pd.)

8 orang prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayyah (S.Pd.)

42 orang dari prodi Tadris Biologi (S.Pd.)

45 orang dari prodi Tadris Matematika (S.Pd.)

Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam

18 orang prodi Ahwal Al-Syaksiyah (S.H.)

33 orang dari prodi Muamalah (S.H.)

51 orang dari prodi Perbankan Syariah (S.E.)

35 orang dari D3 Perbankan Syariah (A.Md. Pbs)

Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah

5 orang dari prodi Sejarah Peradaban Islam (S. Hum)

6 orang dari prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (S. Ag)

5 orang dari prodi Komunikasi dan penyiaran Islam (S.Sos).

Selain itu, rektor juga menyampaikan bahwa akan dibangun Kampus II IAIN Ternate.

“Sesuai dengan arahan Bapak Dirjen Pendidikan Islam, perlu dikpikirkan pengembangan kampus II dan kami sudah memiliki tanah sekitar 13 hektar dan tinggal menunggu pembebasan lahan.” Tambahnya.

Namun, terbatasnya kapasitas aula memaksa pihak IAIN Ternate membatasi orang yang boleh masuk yaitu para wisudawan. Sementara itu, rombongan kelurga telah disediakan tempat di bawah tenda yang telah dihias. Sebagai gantinya, panitia telah menyediakan layar di depan aula agar orang tua tetap dapat menyaksikan prosesi berpidahnya tali toga.

“Alhmadulillah lulus juga, semoga bisa berbakti pada nusa dan bangsa,” terang Fitriani dengan tersenyum saat keluar aula bersama keluarganya.

Pada penutupan sidang di kampus yang statusnya berubah dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ternate menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate pada 10 Januari 2017 dimpimpin oleh KH. Hasan Ginoni. (MDZ)

LEAVE A REPLY