Menanggapi kondisi Wali Kota Bogor Bima Arya yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19, Kastorius Sinaga selaku Staf Khusus Menteri Dalam Negeri menyatakan bahwa kepala daerah dapat menunjuk wakilnya sebagai pelaksana tugas (plt).

“Dalam kondisi Kepala Daerah berhalangan menjalankan tugas, Kepala Daerah tersebut dapat menunjuk wakil wali kota untuk bertindak sebagai Plt walikota,” kata Kasto dalam keterangan resminya, Jum’at (20/3).

Kasto menegaskan hal itu mungkin dilakukan sebagaimana telah diatur dalam UU No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Nantinya, Wakil Walikota Bogor dapat menjalankan tugas dan kewenangannya secara parsial maupun keseluruhan. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar fungsi pemerintah dan pelayanan masyarakat tetap berlangsung seperti biasa.

Kastorius juga menyatakan apresiasinya terhadap Wali Kota Bogor Bima Arya yang menunjukkan sikap terbuka atas status positif Covid-19 yang diidapnya dibuktikan dengan pengiriman laporan atas kondisinya kepada Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Ia menilai sikap tersebut dapat membuat masyarakat paham akan pentingnya social distancing saat ini bagi diri sendiri ataupun khalayak umum.

LEAVE A REPLY