Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Mansur Panjab Mahli
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Mansur Panjab Mahli

Ternate, Semarak.news – Pasca gempa bumi 7,1 SR yang mengguncang wilayah Maluku Utara (Malut) dan Sulawesi Utara (Sulut) pada Jumat 15 November 2019 dini hari meninggalkan dampak kerusakan bangunan dan trauma tersendiri kepada masyarakat di Pulau Batang Dua, Kota Ternate, Malut. Tercatat setelah melaksanakan observasi kelapangan secara langsung, Tim Posko Tanggap Darurat Gempa Bumi Malut yang merupakan bentukan pemerintah Kota Ternate terdapat 37 rumah yang mengalami kerusakan ringan, 3 tempat ibadah rusak, 2 bangunan sekolah SMP dan SMA rusak, serta Kantor cabang kas BPRS Ternate di Batang Dua mengalami kerusakan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BNPB Ternate, Mansur Panjab Mahli mengatakan sejak terhitung gempa terjadi pada jumat dini hari, melalui BNPB Ternate pemerintah kota ternate langsung membentuk tim dan posko tanggap darurat gempa bumi. Posko dan tim tersebut memiliki tugas menangani proses pasca gempa yang terjadi di Malut, khususnya pada masyarakat di Pulau Batang Dua. Pada Senin 18 November 2019 dengan menggunakan kapal KPLP, BNPB Ternate disertai Wakil Walikota Ternate, Dandim Ternate, Waka Polres Ternate, Kepala BMKG, perwakilan PT. ANTAM, dan NGO (World Passion) memberikan bantuan kepada masyarakat Batang Dua berupa kebutuhan pokok yang diantaranya beras, supermie, minyak goreng, tikar, tenda lipat dan berpesan kepada masyarakat batang dua untuk selalu siaga menghadapi gempa bumi yang berpotensi tsunami. Selain itu BNPB Ternate juga membuat Tenda pengungsian serta Pos Lapangan yang senantiasa memantau situasi dan kondisi di Pulau Batang Dua.

“kendala yang dihadapi dari pihak BNPB Ternate sendiri dalam penyaluran informasi kepada masyarakat dan penanganan pasca gempa 7,1 SR di Batang Dua adalah jaringan komunikasi yang sulit dijangkau” imbuh Mansur. Dia menambahkan walau dalam keadaan yang seperti itu, BNPB Ternate tetap berusaha untuk menangani situasi dan kondisi pasca gempa bumi dengan semaksimalnya. “sekarang kondisi sudah aman dan kondusif, masyarakat yang menetap di tenda pengungsian sudah mulai kembali kerumah masing masing” jelas Kabid Kedaruratan dan Logistik BNPB Ternate. (Putra)

LEAVE A REPLY