Ternate, Semarak.News – Bertepatan dengan hari sumpah pemuda 28 Oktober 2019 terjadi Gerakan menyampaikan aspirasi oleh berbagai Lembaga Mahasiswa di Indonesia, begitu juga di Kota Ternate. LMND atau Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) kolektif Kota Ternate turut ikut menyampaikan desakan perubahan sistem ekonomi yang pro terhadap rakyat serta diselenggarakannya Pendidikan yang merata dan murah bagi kalangan masyarakat tidak mampu. Hal tersebut disampaikan dalam demonstrasi damai di depan RRI hingga Landmark Ternate.

Melalui Koordinator Lapangan LMND Kolektif Kota Ternate, Kadar Abjan menyampaikan bahwasanya penyelenggaraan sistem perekonomian sekarang lebih kearah liberalis, tidak sesuai dengan ketentuan UUD 1945 Pasal 33 yang harusnya memihak kepada rakyat. Hal tersebut berdasarkan kajian yang telah dilakukan oleh LMND terkait pemanfaatan kekayaan alam yang terkandung didalamnya serta sektor yang menyangkut hajat hidup orang banyak haruslah dikelola pemerinah sesuai dengan amanat UUD 1945 Pasal 33 ayat 1 s/d 3 sehingga perlu dilakukan perubahan sistem perekonomian dari yang bernilai liberalis menjadi peekonomian yang merakyat. Selain itu LMND juga menyoroti terkait penyelenggaraan Pendidikan yang mulai dipengaruhi liberalisasi dan komersialisasi oleh pihak berwenang sehingga menjadikan Pendidikan yang seharusnya gratis dan murah bagi setiap kalangan menjadi mahal. Hal ini tidak sesuai dengan amanat UUD 1945 Pasal 31 terkait penyelenggaraan dan fasilitas Pendidikan dasar seharusnya dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia, namun pada kenyataanya kaum buruh tani dan masyarakat miskin belum dapat mengenyam Pendidikan seperti selayaknya yang diamanatkan UUD 1945 Pasal 31.

LMND Ternate juga menyatakan akan terus menyuarakan aspirasinya hingga pemeritah mengambil langkah yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat luas terutama masyarakat buruh tani dan masyarakat tidak mampu disetiap daerah karena mereka meyakini bahwa perjuangan aspirasi ini akan membuahkan hasil yang positif bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia. (Putra)

LEAVE A REPLY