Juni 15, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Microsoft menyerang lagi di Inggris setelah memblokir akuisisi Activision

Microsoft menyerang lagi di Inggris setelah memblokir akuisisi Activision

  • Microsoft: Keputusan itu mengguncang kepercayaan di Inggris
  • Dia mengatakan UE adalah tempat yang lebih baik untuk memulai bisnis
  • Regulator: Kami melindungi konsumen dan bisnis Inggris Raya
  • Inggris memiliki sektor teknologi yang menarik – Juru Bicara Perdana Menteri

LONDON (Reuters) – Kepala Microsoft (MSFT.O) Brad Smith mengatakan keputusan regulator Inggris untuk memblokir pengambilalihan pembuat Call of Duty Activision Blizzard telah “mengguncang kepercayaan” di Inggris sebagai tujuan perusahaan teknologi.

Otoritas Persaingan dan Pasar (CMA), yang beroperasi secara independen dari pemerintah, memblokir kesepakatan tersebut pada hari Rabu, dengan mengatakan hal itu dapat menekan persaingan di pasar game cloud yang sedang berkembang.

Microsoft membalas pada hari Kamis, mengatakan itu “mungkin hari tergelap dalam empat dekade untuk Inggris” dan mengirim pesan yang salah ke industri teknologi global tentang Inggris.

“Jika pemerintah Inggris ingin mendatangkan investasi, jika ingin menciptakan lapangan kerja (…) harus melihat secara serius peran Otoritas Pasar Modal, struktur peraturan di Inggris, kesepakatan ini, pesan bahwa Inggris baru saja memberi tahu dunia.”

Seorang juru bicara Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengatakan komentar Smith “tidak didukung oleh fakta”.

“Kami terus percaya bahwa Inggris memiliki sektor teknologi yang sangat menarik dan pasar game yang terus berkembang,” ujarnya. “Kami akan terus terlibat secara proaktif dengan Microsoft dan perusahaan lain.”

Smith mengatakan Microsoft bekerja secara efektif dengan regulator di Brussel tetapi tidak di London, yang menurutnya membantah klaim Inggris bahwa itu akan lebih fleksibel pasca-Brexit.

Dia mengatakan bahwa perusahaan menjawab pertanyaan Otoritas Pasar Modal, dan meminta mereka untuk kembali dengan masalah lain. “Mereka diam, dan kami tidak mendengar apa-apa dari mereka,” katanya.

READ  Kendrick Lamar memperkenalkan pgLang 'telepon untuk manusia'

“Ada pesan yang jelas di sini – UE adalah tempat yang jauh lebih menarik untuk memulai bisnis jika suatu hari Anda ingin menjual daripada Inggris,” tambahnya.

Tapi Sarah Cardell, kepala eksekutif Otoritas Pasar Modal, mengatakan peran regulator adalah memastikan Inggris menjadi lingkungan yang kompetitif bagi perusahaan sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang.

“Keputusan yang diambil oleh Otoritas Pasar Modal adalah keputusan independen yang kami ambil untuk mempertimbangkan penilaian komprehensif dampak kesepakatan tersebut terhadap persaingan, dan kami yakin ini adalah keputusan yang tepat untuk Inggris,” katanya.

Dia mencatat bahwa Komisi Perdagangan Federal AS juga mendorong untuk memblokir kesepakatan dengan alasan persaingan.

Kemarin, Microsoft mengatakan akan melanjutkan, dengan dukungan “kuat” dari Activision (ATVI.O).

Banding terhadap putusan CMA disidangkan oleh Pengadilan Banding Persaingan, yang mengeluarkan putusan atas dasar putusan tersebut. Ini tidak akan menjadi kesempatan bagi Microsoft untuk memperkenalkan solusi baru.

(Laporan oleh Muviga M dan Paul Sandel); Diedit oleh Sarah Young

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.