April 20, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Mengapa gerhana matahari total di bulan April akan menjadi peristiwa bersejarah di Amerika Serikat?

Mengapa gerhana matahari total di bulan April akan menjadi peristiwa bersejarah di Amerika Serikat?

“Eclipse Across America” ​​akan disiarkan langsung pada hari Senin, 8 April, mulai pukul 14.00 ET di ABC, ABC News Live, National Geographic Channel, Nat Geo WILD, Disney+, Hulu serta platform media sosial.

Saat bulan melintas di depan matahari pada tanggal 8 April, sebagian Amerika Utara akan tenggelam dalam kegelapan, menandai fenomena langit langka yang tidak akan terjadi lagi selama beberapa dekade.

“Ketika piringan Matahari tertutup seluruhnya oleh Bulan, siang hari tiba-tiba berubah dari sinar matahari yang cerah menjadi senja yang sangat aneh dalam hitungan detik,” kata Fred Espenak, mantan astrofisikawan dari Goddard Space Flight Center NASA dan penulis The Road Atlas of Planet bumi. . Gerhana matahari total tahun 2024, kata ABC News.

“Hari menjadi cukup gelap untuk melihat bintang-bintang dan planet-planet yang terang, sehingga sangat menarik dan menakjubkan,” kata Espenak. “Kebanyakan orang mendapat reaksi mendalam saat melihat gerhana total.”

Gerhana matahari total terakhir di Amerika terjadi pada Agustus 2017, namun perbedaan tujuh tahun antara kedua gerhana tersebut “menipu,” menurut Espinak.

“Kalau melihat ke belakang sebelum 2017, tahun terakhirnya adalah 1979,” kata Espenak. “Jadi agak menipu kalau kedua gerhana ini terjadi dalam waktu tujuh tahun satu sama lain.”

Gerhana matahari total berikutnya di Amerika Serikat yang berdekatan baru akan terjadi pada bulan Agustus 2044 di Montana dan Dakota Utara, dan gerhana matahari dari pantai ke pantai berikutnya dijadwalkan terjadi pada tahun 2045. Menurut NASA.

READ  Penyelidikan Mars mendeteksi sesuatu yang aneh selama badai debu

Secara relatif, gerhana matahari total pada tahun 2024 “lebih baik” dibandingkan tahun 2017, karena total jalurnya lebih lebar sekitar 60% dan durasi gerhana sekitar 60% lebih lama, menurut Espenak, menjelaskan bahwa beberapa lokasi di dalam jalur tersebut akan terjadi. melihat gerhana hingga empat setengah menit.

Jalur bayangan bulan melintasi permukaan bumi disebut jalur totalitas, dan untuk menyaksikan gerhana matahari total pada 8 April, penonton harus berada dalam jalur selebar 115 mil.

Di Amerika Serikat, jalur gerhana total dimulai di Texas, dan akan melewati Oklahoma, Arkansas, Missouri, Illinois, Kentucky, Indiana, Ohio, Pennsylvania, New York, Vermont, New Hampshire, dan Maine. Sebagian kecil Tennessee dan Michigan juga akan menyaksikan gerhana matahari total. Menurut NASA.

Mengingat fakta bahwa gerhana matahari total pada bulan April akan menjadi yang terakhir terjadi di Amerika Utara dalam 20 tahun, gerhana ini diperkirakan akan menjadi peristiwa perjalanan massal terbesar di Amerika Serikat pada tahun 2024, Michael Zeller, ahli kartografer gerhana matahari, mengatakan kepada ABC News. .

Zeller membandingkan perjalanan pada hari terjadinya gerhana dengan “50 Super Bowl serentak di seluruh negeri,” dan mengatakan bahwa empat juta orang diperkirakan akan melakukan perjalanan untuk menyaksikannya.

“Jika Anda melihat jumlah orang yang diperkirakan akan tiba di jalur gerhana matahari total, kami memperkirakan jumlah tersebut kira-kira setara dengan 50 Super Bowl serentak di seluruh negeri, dari Texas hingga Maine,” katanya.

Untuk mengantisipasi gerhana bersejarah tersebut, sebuah daerah kecil di Texas sedang mempersiapkan keadaan darurat karena banyaknya wisatawan yang diperkirakan akan datang

Pada bulan Februari, Hakim Bell County David Blackburn mengeluarkan deklarasi bencana lokal, mengatakan bahwa 400.000 wisatawan di wilayah tersebut diperkirakan akan meningkat dua kali lipat.

READ  Cara melihat Cahaya Utara dari Kamis hingga Jumat. – NBC Boston

Texas adalah tempat utama yang dikunjungi para pemburu gerhana karena berada di jalur totalitas dan memiliki peluang terbaik untuk melihat langit cerah pada hari gerhana, kata Zeller.

“Anda ingin berada di tengah jalur untuk waktu yang lama,” jelas Zeller. “Jika Anda mempunyai teman atau saudara di lintasan di Texas, dan ada 12 juta warga Texas di dalam lintasan, inilah tempat yang harus Anda tuju karena di sanalah ramalan cuaca terbaik.”

Mulai dari gerhana yang jarang terjadi selama puluhan tahun hingga durasi dan jalurnya yang menakjubkan, tanggal 8 April menghadirkan peluang menarik yang menurut Espenak tidak boleh dilewatkan oleh para pengamat langit.

“Saya pikir melihat gerhana total harus menjadi keinginan semua orang, dan April mendatang hanyalah sebuah kesempatan emas,” kata Espenak. “Ini adalah peristiwa luar biasa yang akan diingat orang-orang seumur hidup mereka. Mereka akan memberi tahu cucu-cucu mereka tentang gerhana total yang mereka lihat pada bulan April 2024 jika mereka dapat mencapai jalur totalitas dan menikmati cuaca yang baik.”

“Jadi saya berharap langit cerah bagi semua orang pada bulan April mendatang,” tambah Espenak.