Desember 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Lubang cacing mungkin sudah ditemukan, kata fisikawan: ScienceAlert

Lubang cacing mungkin sudah ditemukan, kata fisikawan: ScienceAlert

Jembatan virtual yang menghubungkan wilayah yang jauh dari ruang (dan waktu) kurang lebih bisa terlihat seperti taman keragaman lubang hitamyang berarti ada kemungkinan bahwa makhluk-makhluk fisika legendaris ini telah terlihat.

Tapi untungnya, jika model baru yang diajukan tim kecil fisikawan dari Universitas Sofia di Bulgaria itu akurat, mereka masih bisa dibedakan.

Bermain dengan Einstein Teori relativitas umum Cukup lama, adalah mungkin untuk menunjukkan bagaimana latar belakang ruang-waktu alam semesta dapat membentuk tidak hanya lubang gravitasi yang dalam di mana tidak ada yang lolos – ia dapat membentuk puncak gunung yang mustahil yang tidak dapat didaki.

Tidak seperti sepupu mereka yang lebih gelap, bukit-bukit bercahaya ini akan meluncur menjauh dari apa pun yang mendekat, menyemburkan aliran partikel dan radiasi yang tidak memiliki harapan untuk kembali.

Kemungkinan istimewa selain Big Bang terlihat seperti salah satu dari ini’lubang putih‘Tidak ada yang seperti itu yang pernah diperhatikan. Namun demikian, tetap merupakan konsep yang menarik untuk mengeksplorasi tepi salah satu teori terbesar dalam fisika.

di tahun tiga puluhanseorang rekan Einstein bernama Nathan Rosen menunjukkan bahwa tidak ada yang bisa dikatakan tentang ruang-waktu yang sangat melengkung Lubang hitam Puncak terjal lubang putih tidak dapat dihubungi untuk membentuk semacam jembatan.

Di sudut fisika ini, prediksi harian kita tentang jarak dan waktu keluar dari jendela, yang berarti bahwa hubungan teoretis semacam itu dapat melintasi petak-petak alam semesta yang luas.

Di bawah kondisi yang tepat, materi mungkin saja naik ke tabung kosmik ini dan keluar dari ujung yang lain dengan informasi yang kurang lebih utuh.

READ  Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa penurunan polusi udara menyebabkan peningkatan pemanasan global

Jadi untuk menentukan seperti apa lubang hitam lubang cacing ini bagi observatorium seperti Event Horizon Telescope, tim Universitas Sophia mengembangkan model “cincin” lubang cacing yang disederhanakan sebagai cincin cairan yang dimagnetisasi, dan membuat berbagai asumsi tentang bagaimana masalah itu bisa terjadi. tentang. Lingkari sebelum Anda menelannya.

Partikel yang terjebak dalam badai dahsyat ini akan menghasilkan medan elektromagnetik kuat yang akan berputar dan pecah dalam pola yang dapat diprediksi, mempolarisasi cahaya apa pun yang dipancarkan oleh materi panas dengan tanda tangan yang berbeda. Itu melacak gelombang radio terpolarisasi yang memberi kami gambar menakjubkan pertama dari M87 * Pada tahun 2019 dan Sagitarius A* awal tahun ini.

Ternyata bibir lubang cacing yang panas dan berasap sulit dibedakan dari cahaya terpolarisasi yang dipancarkan oleh cakram kacau yang mengelilingi lubang hitam.

Dengan logika ini, M87* bisa menjadi lubang cacing. Faktanya, lubang cacing bisa mengintai di ujung lubang hitam di mana-mana, dan kita tidak akan memiliki cara mudah untuk mengetahuinya.

Ini tidak berarti bahwa tidak ada cara untuk mengetahui sama sekali.

Jika kita beruntung dan menyusun gambar lubang cacing filter seperti yang terlihat secara tidak langsung melalui lensa gravitasi yang layak, karakteristik tepat yang membedakan lubang cacing dari lubang hitam mungkin menjadi jelas.

Ini akan membutuhkan massa yang ditempatkan dengan nyaman di antara kita dan lubang cacing untuk mendistorsi cahayanya yang cukup untuk memperkuat perbedaan kecil, tentu saja, tetapi setidaknya akan memberi kita cara untuk mendeteksi bintik-bintik gelap dari kehampaan yang memiliki jalan keluar kembali.

Ada media lain yang juga membutuhkan dosis kekayaan yang baik. Jika kita mendeteksi lubang cacing pada sudut yang sempurna, cahaya yang berjalan melalui pintu masuknya yang membelah ke arah kita akan lebih meningkatkan tanda tangannya, memberi kita indikasi yang lebih jelas tentang portal melalui bintang-bintang dan seterusnya.

READ  Sebuah hipotesis baru bagi para ilmuwan MIT tentang salah satu misteri sains terbesar

Pemodelan tambahan dapat mengungkapkan sifat lain dari gelombang cahaya yang membantu memilah lubang cacing dari langit malam tanpa perlu lensa atau sudut yang sempurna, kemungkinan para peneliti sekarang mengalihkan perhatian mereka.

Berikan lebih banyak batasan Dalam fisika lubang cacing dapat mengungkapkan cara-cara baru eksplorasi tidak hanya Relativitas umumTapi fisika yang menggambarkan perilaku gelombang dan partikel.

Lebih dari itu, Pelajaran yang dipetik dari prediksi Yang seperti itu bisa mengungkapkan di mana relativitas umum rusak, membuka beberapa lubangnya sendiri untuk membuat penemuan baru yang berani yang bisa memberi kita cara baru untuk melihat alam semesta.

Penelitian ini dipublikasikan di tinjauan fisik d.