Agustus 9, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

GettyImages-1402476664.jpg

Laporan dan sorotan Grand Prix Azerbaijan 2022: Verstappen berlayar ke Grand Prix Azerbaijan untuk menang saat Leclerc dan Sainz pensiun

Max Verstappen memimpin Red Bull 1-2 di Grand Prix Azerbaijan setelah pebalap Ferrari Charles Leclerc dan Carlos Sainz pensiun, dan George Russell dianugerahi P3 di Baku.

Kiper pertama Charles Leclerc kehilangan keunggulan di awal, tetapi merebutnya kembali ketika pemimpin Red Bull Max Verstappen menabrak di lap 19. Setelah satu lap, balapan Leclerc naik dalam kepulan asap dan merangkak kembali ke pit untuk pensiun. Ini akan menjadi pengunduran diri kedua Ferrari dari balapan karena Carlos Sainz terhenti karena kegagalan hidrolik pada lap 9.

BACA LEBIH BANYAK: Perebutan gelar nasib buruk ‘atas’ Verstappen menegaskan, Perez mengatakan ‘kesalahpahaman’ merugikannya di Baku

DNF Leclerc meninggalkan Verstappen di depan Sergio Perez (yang mengambil lap tercepat) dalam 1-2 untuk Red Bull, dengan pembalap Mercedes Russell untuk finis terakhir di podium, setelah memulai di urutan kelima.

Rekan setim dan pembalap hari itu, Lewis Hamilton, start ketujuh dan finis keempat setelah pitting selama VSC pada lap 10 dan ketiga pada lap 34, melewati Pierre Gasly 10 lap kemudian dengan memanfaatkan ban yang lebih baru. Pembalap AlphaTauri itu finis di urutan kelima setelah start di urutan keenam.

Sebastian Vettel mendapat P6 untuk Aston Martin setelah memulai balapan dengan ban medium, melewati VSC pertama dan menyelesaikan balapan dengan kesulitan.

Fernando Alonso dari Pegunungan Alpen finis di urutan ke-10 tetapi finis ketujuh setelah memulai dengan ban sedang, bertahan lama pada tugas pertamanya dan bergerak setelah 18 lap untuk menyelesaikan balapan dengan ban solid dan mengalahkan kedua McLaren ke P7.

Daniel Ricciardo selesai kedelapan dari kedua belas, dimulai dengan lompatan keras di Lando Norris (P9). Di antara sepuluh besar adalah Esteban Ocon, yang memulai dari posisi 13 dengan ban solid dan mengambil poin terakhir untuk Alpine.

READ  Final NBA 2022: Warriors vs.

Valtteri Bottas kehilangan poin di P11, saat pembalap Alfa Romeo memulai dengan ban keras dan, seperti Ricciardo, diadu selama VSC kedua balapan.

Grand Prix Azerbaijan 2022: Pemimpin balapan Leclerc pensiun setelah ledakan mesin

Alex Albon mencapai P12 untuk Williams setelah start dari posisi 17. Dia menyelesaikan balapan di depan Yuki Tsunoda, dengan pembalap AlphaTauri turun dari posisi keenam ke posisi ketiga belas karena masalah DRS.

Mick Schumacher mengambil tempat ke-14 di depan Nicholas Latifi dengan 15 detik dari tendangan penalti dan meninggalkannya di tempat ke-15 dan terakhir.

Zhou Guanyu dari Alfa Romeo adalah yang ketiga pensiun dari balapan, nomor 24 menarik pit di lap 24. Dia bergabung dengan Kevin Magnussen, yang istirahatnya menghentikan VSC kedua balapan, dan Lance Stroll, masalah mesin yang dicurigai yang menghentikan Aston Martin driver Tiga lap dari akhir.

seperti yang terjadi

Menjadi tuan rumah drama tinggi di keempat balapan Grand Prix sebelumnya, Azerbaijan selalu bersemangat untuk memanaskan suasana. Setelah Sergio Perez jatuh di gala Charles Leclerc dan Max Verstappen di Monaco, ketiga pembalap ini memasuki Baku untuk mencari poin terbanyak dalam mengejar gelar juara.

Dengan Leclerc di posisi terdepan, Perez akan bergabung dengannya di barisan depan, sementara Verstappen akan start dari P3 bersama Carlos Sainz dari Ferrari. Di belakang akan ada pebalap P5 George Russell dan Pierre Gasly – masing-masing pembalap ke Lando Norris, mulai dari posisi ke-11, di kelompok tengah, dengan Zhou Guanyu, Kevin Magnussen dan Alex Albon tiga lainnya untuk memulai dengan ban kuning.

“Siku ke Tikungan 1, itu semua untuk dimainkan” – kata-kata itu ada di telinga Sergio Perez saat siklus formasi dimulai. Dan ketika lampu padam, orang Meksiko itu membuktikan bahwa dia memahami tugasnya, saat dia berangkat dengan baik dan masuk ke dalam Leclerc, yang berhenti masuk di tangan kiri pertama.

READ  Royals Rework Whit Merrifield Kontrak

Jadi Leclerc terjepit di antara Red Bulls, Verstappen memegang P3 di depan Sainz dari P4. Pada lap 5, Perez membuka keunggulannya menjadi dua detik sementara Verstappen menekan Leclerc, mengejar lawannya melalui bagian benteng yang ketat. Kecepatan Red Bull Racing jelas membuahkan hasil.

Faktor lain yang awalnya menggerakkan Sebastian Vettel, naik ke P8 dari Yuki Tsunoda, sementara Albon mengambil dua tempat sampai P15 – tetapi kehilangan tempat dari Magnussen segera setelah itu. Adapun Nicholas Latifi, dia menghentikan penalti 10 detik setelah mekanik menyentuh mobilnya setelah memperingatkan aksi untuk memulai selama 15 detik.

Grand Prix Azerbaijan 2022: Perez mengalahkan Leclerc di awal balapan

Leclerc sekarang harus menyimpannya untuk dia Siku terbuka saat sayap Verstappen yang menopang DRS terbuka lurus sejauh 1,2 mil – dan segera setelah komandan akan memilih untuk mengebor ban padat…

Itu menyakitkan bagi Ferrari di lap 9, sebuah mobil keselamatan hipotetis dikerahkan di mana hidrolika Sainz gagal dan saya melihatnya berhenti di Tikungan 4. Penghentian ban keras Leclerc di bawah VSC itu lamban, dan dia keluar lebih dari 10 detik di belakang Verstappen di P3. Russell mengambil kesempatan untuk keluar dari P4, seperti yang dilakukan Pierre Gasly dari kedelapan. Red Bull tidak merespon dan safety car virtual selesai saat Perez memulai pada lap 11.

“Mereka yang mengadu mereka harus melakukan satu pemberhentian buruk atau berbelok dua,” kata Norris, yang berada di peringkat keenam, melalui radio.

Dengan 40 lap tersisa, Leclerc menghadapi selisih 12 detik di depan Verstappen, sementara Perez tertinggal dua detik.

Verstappen bergoyang dengan rekan setimnya dan pada akhir lap 14, dia berada di kisaran DRS, dan dengan mudah tergelincir ke tikungan pertama. Perez.

READ  Cade Cunningham menerima penghargaan MVP dalam Tantangan Bintang Baru

Pebalap Meksiko itu beralih ke kendaraan bertenaga dari CP-nya pada lap 16, penghentian lambat 5,7 detik yang semakin melukai balapannya saat ia muncul di tempat ketiga dengan selisih 18 detik di atas pemimpin dan rekan setimnya Verstappen.

Start cepat Perez mulai berantakan

Ada dua kereta (berumur pendek) di jalur tengah, keduanya dipimpin oleh Pegunungan Alpen. Yang pertama dikendarai oleh Fernando Alonso dari P5 dengan dua McLaren dari Norris, Daniel Ricciardo, kemudian Pierre Gasly di belakang. Kereta kedua dipimpin oleh starter kuat Esteban Ocon dari kesembilan, di depan Lewis Hamilton dan sekelompok gelandang.

Ocon, yang belum matang, dilewati Hamilton di Tikungan 3 di lap 1, sementara Alonso akhirnya di lap 18 untuk membiarkan McLaren lewat, rookie Spanyol 16. Ricciardo akan mulai menyerang Norris untuk P5 dengan Gasly dibawa turun.

Keunggulan kembali berubah pada lap 18 ketika Verstappen mengambil kesempatan untuk menggali, 3,5 detik biasa-biasa saja yang membuatnya menembak pada senyawa padat dan muncul di urutan kedua 13,5 detik di depan Leclerc.

1402459786
DNF kedua dalam tiga balapan untuk Leclerc

“Masalah, masalah, mengemudi.”

Asap menunjukkan lebih banyak celaka bagi Ferrari di lap 20; Leclerc yang tertegun dipaksa merangkak kembali ke pit dalam dua kali pensiun untuk Scuderia. Untuk kedua kalinya dalam tiga balapan, Monaco mundur dari posisi terdepan.

Verstappen sekarang menikmati keunggulan lima detik atas Perez, dan Russell sembilan detik lagi dalam perjalanannya ke podium dari Mercedes.

Gasly AlphaTauri juga melaju kencang, karena ban solidnya (dipasang selama VSC) membantunya mengambil P4 dari Ricciardo di lap 21. Yuki Tsunoda juga mengadu selama VSC dan melewati Ocon untuk P7 di lap yang sama. Keduanya kini sedang mengejar Mercedes.

Tak puas mengejarnya, Hamilton malah mengalihkan tekanan pada Ricciardo yang masih kesulitan di awal start, mendahuluinya hingga P5 di lap 27 di Tikungan 3. Hal itu menyebabkan rasa sakit bagi juara tujuh kali itu.

Mobil bertenaga Ferrari lainnya berhenti pada lap 33, pembalap Haas Kevin Magnussen menarik keluar VSC saat ia merangkak untuk berhenti.

1402314494
Magnussen telah menghadapi tiga pensiun dalam empat balapan

Ini adalah cara bagi pemimpin Verstappen, Perez dan Russell untuk berhenti bebas, sementara Ricciardo dan Ocon memutuskan untuk hanya berhenti balapan setelah memulai dengan kendaraan keras. Hamilton, dalam mengejar Gasly, mengambil petualangan sengit untuk menggali set solid lainnya untuk muncul di tempat keenam di belakang sepasang AlphaTauris yang mengenakan solid 25-lap.

Hamilton melakukan pekerjaan ringan dari Tsunoda, keluar dengan baik dari Tikungan 16 dan menyalip pembalap Jepang (yang tampaknya memiliki masalah DRS) untuk memulai Lap 36 di P5. Tsunoda segera dipaksa untuk menggali untuk memperbaiki sayap belakangnya yang tidak berfungsi, menghancurkan harapannya pada P6 saat mekanik mengikat sayap dan menyuruhnya untuk tidak menggunakan DRS lagi.

Verstappen telah diberitahu untuk mengontrol kecepatannya di depan mengingat pensiunnya Ferrari, dan keandalan sekarang menjadi perhatian Red Bull. Ia juga diminta untuk tidak menggunakan DRS.

Hamilton berada di dalam gawang Gasly pada lap 43, dan meminta pebalap Prancis itu untuk menjaga dirinya tetap bersih melalui radio dan tidak kehilangan poin berharga bagi tim. Gasly bertahan dengan cukup baik di lap berikutnya dan hanya kalah P4 dari Hamilton di Tikungan 3 di ronde berikutnya.

Sejak itu, lima besar tidak berubah, dengan Verstappen meraih kemenangan kelimanya musim ini dengan selisih waktu lebih dari 20 detik dengan Perez, lap tercepat atas namanya, runner-up. Russell selesai terakhir di podium, mengambil keuntungan penuh dari masalah Ferrari.

1402462295
Russell meraih podium ketiganya musim ini

Di belakang Gasly adalah Vettel, juara empat kali berayun melalui VSC pertama dan mengabaikan kesalahan tak lama setelah itu, yang membuatnya mundur di Tikungan 3, untuk finis keenam – mewarisi tempat terakhir ketika Tsunoda, 13, mengundurkan diri dengan kasus DRS.

Alonso berhasil mempertahankan 18 lap dalam kelompok perantara inti, dan menyelesaikan – seperti Gasly dan Vettel di depan – strategi satu atap untuk mengalahkan McLaren ke P7. Pembalap alpine berada di bawah tekanan dari Ricciardo terlambat tetapi memblokirnya dengan empat detik.

Sementara itu, Ricciardo berada di urutan kedelapan dengan selisih 0,3 detik, dan pebalap Australia itu memanfaatkan pit stop-nya selama Lap 33 VSC untuk menyelesaikan pertandingan melawan rekan setimnya Norris, yang start di tengah dan masuk pada lap 21 untuk menyelesaikan balapan dengan kesulitan di tikungan. strategi yang berlawanan. untuk Ricardo.

Esteban Ocon membalikkan strategi Ricciardo dan mendapatkan poin terakhir setelah memulai di urutan ke-13.

Valtteri Bottas dari Alfa Romeo sepertinya tidak pernah berlomba-lomba untuk mendapatkan poin. Mengikuti strategi yang sama seperti Ocon dan Ricciardo di depan, ia berhasil keluar dari 15 tetapi berlari di belakang Zhou Guanyu – sebelum rookie harus pensiun.

“Apakah kamu bercanda lagi?” tanya Cho yang tercengang ketika diminta untuk memarkir Alfa Romeo di lap 24. DNF ketiga dalam empat Grand Prix menggandakan rasa sakit rookie.

1402459565
Zhou memimpin perlombaan yang kuat sampai pensiun

Alex Albon finis di urutan ke-12, berayun selama VSC pertamanya dan menyelesaikan balapan dua atap. Dia selesai sebelum Tsunoda, pembalap Jepang yang mencoba dengan sia-sia untuk melucuti P12 Williams dengan pergantian ban lunak saat dia dipanggil untuk memperbaiki masalah DRS.

Mick Schumacher berada di urutan berikutnya di papan Haas, menyelesaikan dengan baik di depan Nicholas Latifi di tim Williams lainnya. Latifi finis di urutan terakhir dan ke-15 setelah menerima penalti 10 detik karena seorang mekanik menyentuh mobilnya setelah peringatan 15 detik di net, dan tendangan lima detik berikutnya karena mengabaikan bendera biru di lap 43-44 pertarungan gas Hamilton.

Dengan demikian, Verstappen memimpin kejuaraan pebalap dengan 21 poin atas Perez saat Leclerc turun ke urutan ketiga – sementara Red Bull memiliki keunggulan 80 poin atas Ferrari dalam kejuaraan konstruktor menuju Kanada.

1402465774
Max Verstappen bergabung dengan Jim Clark dan Niki Lauda dalam 25 kemenangan Grand Prix

kunci kutipan

“Saya pikir hari ini kami memiliki kecepatan luar biasa di dalam mobil, kami benar-benar bisa menjaga ban dan kami bisa menjauh dari mereka dan melewati keunggulan,” kata pemenang Red Bull Max Verstappen.

“Tetapi juga jelas saya mungkin sedikit beruntung dengan pensiun, tetapi dengan itu saya pikir mobil kami sangat cepat hari ini sehingga saya bisa menutup celah itu, jadi Anda akan balapan di tangan Anda, tetapi secara keseluruhan, sangat senang. dengan keseimbangan mobil hari ini.”

Apa berikutnya?

Itu Grand Prix Kanada Ini kembali akhir pekan depan untuk pertama kalinya sejak 2019, pada 17 dan 19 Juni, saat Ferrari berusaha menebus serangkaian balapan yang mengecewakan dan Red Bull tampaknya akan melanjutkan kemenangan beruntunnya.