Juli 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kritik Hamas dihilangkan dari pernyataan Abbas Palestina terkait serangan Israel

Kritik Hamas dihilangkan dari pernyataan Abbas Palestina terkait serangan Israel

Presiden Palestina Mahmoud Abbas berpidato pada sesi ke-78 Majelis Umum PBB di New York City, Amerika Serikat, pada 21 September 2023. Foto: Brendan MacDiarmid/Reuters. Memperoleh hak lisensi

15 Oktober (Reuters) – Kantor berita resmi Otoritas Palestina menerbitkan pernyataan Presiden Mahmoud Abbas pada hari Minggu yang mengkritik Hamas atas tindakannya tetapi kemudian menghapus referensi ke kelompok bersenjata tersebut tanpa memberikan penjelasan.

Pernyataan-pernyataan ini, yang dipublikasikan Wafa di situsnya, muncul saat percakapan telepon antara Abbas dan Presiden Venezuela Nicolas Maduro. Keduanya membahas pemboman Israel di Gaza menyusul amukan mematikan Hamas di kota-kota Israel.

Laporan asli Wafa mengenai seruan Abbas memuat baris berikut: “Presiden juga menekankan bahwa kebijakan dan tindakan Hamas tidak mewakili rakyat Palestina, dan bahwa kebijakan, program, dan keputusan (PLO) mewakili rakyat Palestina sebagai rakyatnya sendiri. ” Satu-satunya perwakilan yang sah.

Beberapa jam kemudian, frasa tersebut diubah sehingga berbunyi sebagai berikut: “Presiden juga menegaskan bahwa kebijakan, program, dan keputusan Organisasi Pembebasan Palestina mewakili rakyat Palestina sebagai satu-satunya perwakilan sah mereka, dan bukan kebijakan organisasi lain mana pun.”

Belum jelas mengapa referensi ke Hamas dihapus. Belum ada komentar langsung dari kantor Abbas atau kantor Wafa. Hamas belum memberikan komentar.

Otoritas Palestina, yang dipimpin oleh Abbas, menjalankan pemerintahan sendiri secara terbatas di Tepi Barat yang diduduki Israel. Dia telah lama menentang Hamas, yang menguasai Gaza pada tahun 2007 dan menggulingkan pasukan Fatah yang setia kepada Abbas. Pembicaraan rekonsiliasi yang telah berlangsung bertahun-tahun antara kedua pihak yang bertikai gagal mencapai terobosan.

Abbas juga mengepalai Organisasi Pembebasan Palestina, organisasi payung yang mewakili Palestina dalam perundingan perdamaian yang disponsori AS dengan Israel sebelumnya.

READ  Seorang tentara Rusia telah didakwa in absentia dengan kejahatan perang setelah menyadap file audio

Badan Wafa melaporkan bahwa selama percakapan teleponnya dengan Maduro, Abbas menegaskan “penolakannya terhadap pembunuhan warga sipil di kedua pihak dan menyerukan pembebasan warga sipil, tahanan, dan tahanan.”

(Laporan oleh Rami Ayoub dan laporan tambahan oleh Hatem Maher dan Ahmed Tolba – Disiapkan oleh Muhammad untuk Buletin Arab – Penyuntingan oleh Muhammad Ayoub) Penyuntingan oleh Deepa Babington, Lisa Shoemaker dan Sonali Paul

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru