Februari 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Klip video menunjukkan pasukan pro-Rusia mencela seorang pejuang Ukraina yang dihukum

Klip video menunjukkan pasukan pro-Rusia mencela seorang pejuang Ukraina yang dihukum

Penangguhan

Odessa – Amnesty International dan Uni Eropa telah mendukung Kyiv dalam menyerukan penyelidikan atas rekaman yang beredar secara online yang tampaknya menunjukkan pasukan pro-Rusia mengebiri dan mengeksekusi seorang pejuang Ukraina yang ditangkap.

Pejabat Ukraina Dia bersumpah untuk mengidentifikasi pelakunya setelah serangkaian video mengejutkan baru-baru ini muncul di saluran Telegram pro-Rusia yang menunjukkan sekelompok pria, salah satunya terlihat mengenakan simbol pro-Rusia, mengebiri dan mengeksekusi seorang tahanan berseragam dengan lencana militer Ukraina.

“Serangan mengerikan ini adalah contoh nyata lain dari pengabaian total terhadap kehidupan dan martabat manusia di Ukraina di tangan pasukan Rusia,” Marie Struthers, direktur Amnesty International untuk Eropa Timur dan Asia Tengah, mengatakan pada hari Jumat.

Sekitar Video berdurasi satu setengah menit, seorang pria berseragam militer, mengenakan tambalan “Z” dan pita oranye dan hitam yang terkait dengan pasukan Rusia, mengebiri seorang tahanan yang terikat menggunakan pisau utilitas hijau.

Sebuah video terpisah yang dibagikan di saluran Telegram pro-Rusia menunjukkan satu tembakan ditembakkan ke kepala tahanan.

The Washington Post tidak dapat mengkonfirmasi tanggal atau lokasi video tersebut.

Database 235 video yang mengungkapkan kengerian perang di Ukraina

Penasihat presiden Ukraina, Mykhailo Podolyak, menggambarkan orang-orang dalam rekaman itu sebagai “propaganda” Rusia yang menikmati penyiksaan. “Tapi kabut perang tidak akan membantu menghindari hukuman para algojo,” katanya kicauan. “Kami akan mengidentifikasi dan menjangkau Anda masing-masing.”

Pengguna media sosial, jurnalis investigasi dan anggota kelompok intelijen konflik telah meneliti rekaman lain dari pasukan Rusia yang tersedia secara online, dalam upaya untuk mengidentifikasi orang-orang yang muncul dalam video. Surat kabar itu tidak dapat mengidentifikasi tawanan dalam rekaman itu.

READ  Pemirsa yang berkembang di Korea Selatan: Berita dan pembaruan terbaru

Eric TolerManajer penelitian dan pelatihan untuk kelompok investigasi kucing belingmengatakan adanya simbol “Z”, yang menjadi Logo dukungan untuk invasi Rusia ke Ukraina, pada mobil di latar belakang dalam satu video “bertentangan dengan beberapa klaim… bahwa video tersebut mungkin sudah ketinggalan zaman dan sekarang muncul dalam satu atau dua tahun.”

Diplomat top Uni Eropa menggambarkan rekaman itu sebagai contoh “kekejaman tidak manusiawi” yang merupakan kejahatan perang.

Apa itu kejahatan perang dan apakah Rusia melakukannya di Ukraina?

“Bukti dalam bentuk rekaman video yang mengerikan telah disebarluaskan di jejaring sosial pro-Kremlin hari ini, di mana tentara Rusia melakukan kekejaman keji terhadap seorang tawanan perang Ukraina,” kata Josep Borrell pada hari Jumat, merujuk pada video-video mengerikan tersebut. Uni Eropa mengutuk keras kekejaman yang dilakukan oleh angkatan bersenjata Rusia dan kuasanya.

Tidak ada komentar resmi dari Moskow atas tuduhan ini.

Pernyataan amnesti Dia berkata Kelompok hak asasi yang berbasis di London telah mendokumentasikan kejahatan di bawah hukum internasional selama perang Rusia di Ukraina, termasuk pembunuhan singkat terhadap tahanan separatis yang didukung Rusia dan eksekusi di luar hukum warga sipil Ukraina oleh pasukan Rusia.

Ukraina dan Rusia saling menyalahkan atas serangan yang menewaskan tahanan Mariupol

Setelah pasukan Rusia menarik diri dari pinggiran Kyiv pada awal konflik, dia memotret mayat-mayat yang tergeletak di jalan-jalan dan bukti penyiksaan di Bucha, di dekat ibu kota, memicu kemarahan global – dan memberlakukan lebih banyak sanksi Barat terhadap Rusia. Moskow membantah tuduhan itu.

Saat bom Rusia menghantam kota-kota Ukraina, Kyiv mengatakan sedang mengumpulkan bukti di seluruh negeri Penyelidikan dan penuntutan Ratusan tersangka kejahatan perang Oleh pasukan Rusia selama perang, sekarang di bulan keenam.

READ  Normandia merayakan peringatan 79 tahun pendaratan Normandia, menghormati para veteran Perang Dunia II

Pada bulan April, seorang pejabat Ukraina Dia berkata Investigasi akan dibuka setelah klip video yang diposting online menunjukkan pembunuhan seorang pejuang Rusia tergeletak di tanah oleh pasukan Ukraina.

Francis melaporkan dari London.