“Kerukunan Umat Beragama Dalam Perspektif Generasi Milenial” Oleh FKUB Tanjung Balai

Siswa-siswi berfoto bersama pengurus FKUB Kota Tanjung Balai

Tanjung Balai,Semarak.news – Negara kita ini adalah negara yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa,adat,budaya, dan agama. Semua itu menjadi satu sesuai cita-cita para pahlawan kita yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Dan hal tersebut tertuang dalam ideologi kita yaitu Paancasila. Sila Ketuhanan yang maha esa dan Pasal 28E ayat (1) Undang-Undang Dasar Tahun 1945 menjelaskan bahwa rakyat Indonesia ini berhak untuk memeluk agama dan pecaya terhadap Tuhannya masing-masing.

Dalam rangka menegakkan kerukunan dan toleransi antar umat beragama Forum Komunikasi Umat Beragama Tanjung Balai mengadakan kegiatan Sosialisasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Tanjung Balai kepada pelajar SMA,SMK,sederajat kelas X sekota Tanjung Balai dengan tema “Memahami Kerukunan Umat Beragama Dalam Perspektif Generasi Milenial”. Acara tersebut dibuat dengan tujuan memperkenalkan sejak dini kepada anak-anak remaja akan pentingnya kerukunan antar agama di Indonesia ini. Harapannya jangan ada lagi kasus serupa yang terjadi pada tahun 2016 yang membawa nama agama di Kota Tanjung Balai ini.

Acara tersebut dibuka oleh sambutan Ketua FKUB Tanjung Balai yaitu H.Haidir Siregar,S.Ag, perwakilan Kapolres Tanjung Balai AKP Ridwan SH, serta sambutan dari perwakilan Pimpinan DPRD Tanjung Balai Ladeen Butar-Butar. Kemudian diisi oleh 3 orang pemateri yaitu AKP Ridwan S.H sendiri dengan materi “Tugas Pokok Aparat dan Hukum Dalam Menegakkan Kerukunan Beragama”; kemudian Wakil Ketua FKUB Amirsson H Samosir,MM dengan materi “Fungsi dan Tujuan FKUB dibentuk sesuai Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri No 9 tahun 2006 dan No 8 tahun 2006”; dan terakhir dari Kemenag Abdullah Rohim,S.Ag,MM dengan materi “Peranan Kemenag Dalam Peningkatan Kerukunan Hidup Umat Beragama”.

Acara berlangsung sangat menarik terbukti dengan banyaknya siswa-siswi peserta yang antusias saat memasuki prosesi tanya jawab. “Semoga apa yang menjadi tujuan dari acara ini dapat tercapai dan terciptalah kerukunan umat beragama yang kuat di Kota Tanjung Balai ini” ujar H.Haidir.

TINGGALKAN BALASAN