Maret 1, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kereta api berkecepatan tinggi pertama di Indonesia menangani 1 juta perjalanan penumpang, membuka peluang baru – Xinhua

Kereta api berkecepatan tinggi pertama di Indonesia menangani 1 juta perjalanan penumpang, membuka peluang baru – Xinhua

Desember. 25, 2023 Kereta listrik multiple unit (EMU) berkecepatan tinggi berangkat dari stasiun Halim di Jakarta, Indonesia. (Xinhua/Xu Qin)

Menurut Ridwan Kamil, mantan Gubernur Provinsi Jawa Barat, HSR Jakarta-Bandung meningkatkan transportasi dan memiliki potensi besar untuk menciptakan peluang baru.

Ia yakin bahwa HSR akan memacu pertumbuhan berorientasi transit, yang mengarah pada perekonomian baru dan lebih banyak peluang kerja.

Jakarta, Desember. 26 (Xinhua) — HSR pertama di Indonesia dan Asia Tenggara, Kereta Cepat Jakarta-Bandung (HSR), telah menangani 1 juta perjalanan penumpang sejak diluncurkan resmi pada 17 Oktober, kata China State Railways. Grup Co. dilaporkan pada hari Senin.

Menjelang akhir tahun, Stasiun Halim di Jakarta semakin ramai dikunjungi masyarakat yang menaiki kereta berkecepatan tinggi yang dikenal dengan sebutan “Hush” untuk berlibur atau berkumpul bersama keluarga di Bandung, Jawa Barat.

Kedatangan penumpang yang meningkat pesat mendorong PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC), perusahaan patungan antara perusahaan Indonesia dan China yang akan membangun dan mengoperasikan HSR, meningkatkan layanan kereta api menjadi 48 perjalanan sehari dari sebelumnya 14 perjalanan.

Dengan kecepatan desain 350 km per jam, HSR menghubungkan Stasiun Halim Jakarta dengan Stasiun Thegallur di kota terbesar keempat, Bandung, memangkas perjalanan dari tiga jam menjadi 40 menit.

Kereta api tersebut, merupakan proyek kereta api berkecepatan tinggi asing pertama yang sepenuhnya memanfaatkan sistem, teknologi, dan komponen industri perkeretaapian Tiongkok, telah menjadikan Bandung mudah diakses dari Jakarta, memberikan lebih banyak pilihan bagi para komuter, komuter, dan keluarga terpisah, serta meningkatkan pariwisata lokal. dan membuka peluang baru.

Perjalanan yang bagus

Ini merupakan perjalanan ketiga Anastasya Catlin bersama Hush yang menurutnya kini menjadi moda transportasi favoritnya. Seorang warga Bandung yang bekerja di Jakarta, ia pulang ke Bandung setiap akhir pekan.

READ  Metahumans menjadi arus utama di Indonesia

“Sejak kereta ini berjalan, saya selalu membawanya dalam perjalanan pulang karena sangat cepat dan memakan waktu. Saya tidak suka perjalanan jauh,” katanya kepada Xinhua. Biasanya ia turun di Stasiun Batalarong di Kabupaten Bandung Barat dan memakan waktu 10 menit pulang menggunakan sepeda motor atau taksi.

Bagus Ahli Ramadan, 36, yang bekerja di Jakarta bersama keluarganya yang tinggal di Bandung, provinsi Jawa Barat, baru-baru ini membatalkan rencana memindahkan istrinya yang sedang hamil ke Jakarta untuk berterima kasih kepada pihak kereta api.

“Saya biasanya ke Bandung menjenguk istri saya dua minggu sekali, tapi sekarang HSR sudah lebih mudah. ​​Saya bisa ke Bandung setelah jam kantor, hanya butuh waktu 46 menit, lalu paginya saya kembali ke Jakarta. jam. Sungguh menakjubkan,” kata Ramadoss.

Bagi Enny Nureni, 49 tahun, Bandung menjadi pilihan baru untuk liburan akhir pekan dari hiruk pikuk Jakarta. Sebelumnya, ia jarang berlibur ke Bandung karena menghabiskan banyak waktu untuk sampai ke sana. “Perjalanan dengan kereta api atau mobil memang melelahkan. Kita pasti sudah lelah sebelum sampai di Bandung,” ujarnya.

Dzulfikar Muhammad Aziz, 29, berlibur ke Bandung. Dia mengatakan stasiun Haleem, tempat dia memulai perjalanannya, “sangat layak, luas, bersih dan nyaman”.

“Untuk stasiun, gede banget. Mirip bandara. Tapi dengan stand makanan yang harganya sangat terjangkau,” kata Aziz.

Penumpang berpose untuk foto dengan kereta listrik multi unit (EMU) berkecepatan tinggi di peron stasiun Halim di Jakarta, Indonesia pada 25 Desember 2023. (Xinhua/Xu Qin)

Pekerjaan terbaik

Desi Sethiawati, 24 tahun, merasakan hidupnya berubah ketika ia terpilih menjadi salah satu pramugari pertama di HSR dari ribuan pelamar. Ini yang paling saya dan keluarga banggakan di tahun 2023,” ujarnya.

READ  Indonesia, Inggris berencana mengembangkan rantai pasokan baterai EV: Menteri

Setelah dua bulan menjalani pelatihan teori formal dan praktik praktis di kereta, ia menerima jabatannya dan memulai karir baru sebagai pramugari kereta berkecepatan tinggi.

“Saya ingat pernah membantu penumpang berkursi roda. Penumpang tersebut mengatakan bahwa dia dirawat dengan baik dengan adanya toilet yang dirancang khusus di dalam kereta,” ujarnya seraya menambahkan bahwa momen seperti itu merupakan pengalaman tak terlupakan dalam hidupnya.

Para teknisi kereta api di belakang layar juga bangga dengan pekerjaan mereka. Lulusan teknik sipil berusia 27 tahun, Galang Swantaru, menjadi insinyur kendali mutu di divisi proyek kereta api berkecepatan tinggi di China Taichiju Civil Engineering Group setelah mengikuti pelajaran pelatihan tatap muka dengan guru bahasa Mandarinnya.

“Ada banyak teknisi muda Indonesia seperti saya di perkeretaapian yang telah mempelajari keterampilan profesional dari guru Tiongkok dan bekerja di lokasi,” kata Swandaru.

Selain mengembangkan talenta muda, departemen proyek memprioritaskan lapangan kerja bagi penduduk desa terdekat, mengatur pelatihan khusus untuk mereka seperti pengelasan, forklifting, dan pemuatan.

Data KCIC menunjukkan bahwa 45.000 pekerja Indonesia dilatih selama pembangunan kereta api, dan proyek tersebut telah menciptakan sekitar 51.000 lapangan kerja di Indonesia.

Peluang besar

Wisatawan seperti Nureni dan Aziz juga merasakan keuntungan lain dari naik kereta berkecepatan tinggi — tiket ini menawarkan akses masuk gratis ke banyak tempat wisata populer di Lembang, sebuah kabupaten Bandung bagian barat yang menjadi rumah bagi banyak tempat wisata, termasuk Pasar Terapung Lembang. Ular Tusan dan rumah pertanian.

Menurut operator Hoosh KCIC, promosi yang dimulai pada bulan Oktober ini bertujuan untuk menawarkan bonus kepada penumpang dan mempromosikan pariwisata lokal.

Tiket HSR worth it, kata Aziz. “Setelah turun dari HSR juga tersedia layanan shuttle bus gratis dari stasiun Patalarong menuju tempat wisata.”

READ  Indonesia dan Denmark telah menandatangani perjanjian untuk mempromosikan ekonomi hijau

Menurut Ridwan Kamil, mantan Gubernur Provinsi Jawa Barat, HSR Jakarta-Bandung meningkatkan transportasi dan memiliki potensi besar untuk menciptakan peluang baru.

Ia yakin HSR akan memacu pertumbuhan yang berorientasi transit, mengantarkan perekonomian baru dan lebih banyak peluang kerja.

“Kami sedang merancang rencana induk untuk kota baru dengan lebih banyak bangunan di sekitar stasiun kereta kecepatan tinggi,” kata Kamil. “Dengan hadirnya infrastruktur baru dan investasi yang lebih banyak, peluang kerja bagi generasi muda masyarakat Jawa Barat akan semakin meningkat,” kata Kamil.

Garibaldi Dohir, ketua Dewan Perdagangan dan Industri Indonesia Tiongkok, sangat antusias dengan potensi Hush, dan mengatakan bahwa kombinasi dari “layanan yang sangat ramah dengan teknologi Tiongkok yang sangat baik dari masyarakat Indonesia” sangat menarik. .

“Saya melihat kemajuan ekonomi, setidaknya di Bandung-Jawa Barat, berdampak baik,” ujarnya.