Juni 15, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kepala aliansi militer Finlandia mengumumkan bahwa Finlandia akan bergabung dengan NATO pada hari Selasa

Kepala aliansi militer Finlandia mengumumkan bahwa Finlandia akan bergabung dengan NATO pada hari Selasa

BRUSSELS (AP) – Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan Senin bahwa Finlandia akan menjadi anggota ke-31 dari aliansi militer terbesar di dunia pada Selasa, memicu peringatan dari Rusia bahwa negara itu akan meningkatkan pertahanan di dekat perbatasan bersama jika NATO mengerahkan pasukan apa pun di wilayah tersebut .aliansinya. Anggota baru.

“Ini adalah minggu yang bersejarah,” kata Stoltenberg kepada wartawan menjelang pertemuan para menteri luar negeri NATO di Brussels. “Mulai besok, Finlandia akan menjadi anggota penuh koalisi.” Dia mengatakan dia berharap Swedia dapat bergabung dengan NATO dalam beberapa bulan mendatang.

Pada Selasa sore, mantan perdana menteri Norwegia mengatakan, “Kami akan mengibarkan bendera Finlandia untuk pertama kalinya di sini, di markas NATO. Ini akan menjadi hari yang baik untuk keamanan Finlandia, untuk keamanan Utara dan NATO secara keseluruhan.” ”

Stoltenberg mengatakan bahwa Türkiye adalah negara terakhir Untuk mengesahkan keanggotaan Finlandia, itu akan mengirimkan transkrip resmi kepada Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada hari Selasa. Stoltenberg mengatakan dia selanjutnya akan mengundang Finlandia untuk melakukan hal yang sama.

Upacara tersebut akan dihadiri oleh Presiden Finlandia Sauli Niinisto dan Menteri Pertahanan Ante Kakkonen, serta Menteri Luar Negeri Pekka Haavisto.

“Ini adalah momen bersejarah bagi kami. Bagi Finlandia, tujuan terpenting dari pertemuan ini adalah untuk menggarisbawahi dukungan NATO untuk Ukraina pada saat Rusia melanjutkan agresi ilegalnya. Kami berusaha untuk memperkuat stabilitas dan keamanan di seluruh Euro-Atlantik wilayah.”

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Alexander Grushko mengatakan bahwa Moskow akan menanggapi aksesi Finlandia ke NATO dengan memperkuat pertahanannya jika perlu.

“Kami akan memperkuat kemampuan militer kami di barat dan barat laut,” kata Grushko dalam sambutannya yang dilaporkan oleh kantor berita RIA Novosti milik pemerintah. “Dalam hal pengerahan pasukan anggota NATO lainnya di wilayah Finlandia, kami akan mengambil langkah tambahan untuk memastikan keamanan militer Rusia.”

READ  4 pedang Romawi yang diawetkan dengan sangat baik ditemukan di gua Laut Mati di Israel

Pengumuman masuknya Finlandia datang setelah pemilih Finlandia memberi partai konservatif dorongan dalam pemilihan selama akhir pekandan menolak Perdana Menteri sayap kiri Sanna Marin untuk masa jabatan lain. Marin menganjurkan negaranya untuk bergabung dengan NATO.

Khawatir mereka akan menjadi sasaran setelah Rusia menginvasi Ukraina setahun yang lalu, tetangga utara Finlandia dan Swedia telah meninggalkan posisi non-blok militer tradisional mereka untuk mencari perlindungan di bawah payung keamanan NATO.

Ketiga puluh sekutu menandatangani protokol aksesi Finlandia dan Swedia. Türkiye dan Hongaria menunda proses tersebut selama beberapa bulan, tetapi mundur dari Finlandia. Turki telah mencari jaminan dan jaminan dari kedua belah pihak, khususnya dalam hal melawan ekstremisme. Tuntutan Hongaria tidak pernah eksplisit.

NATO dengan suara bulat harus menyetujui penerimaan anggota baru. Pejabat NATO juga ingin memasukkan Swedia sebelum pertemuan Presiden AS Joe Biden dan rekan-rekannya di NATO di ibu kota Lituania, Vilnius, pada 11 dan 12 Juli.

“Swedia tidak sendirian,” kata Stoltenberg, “Swedia hampir menjadi anggota penuh.

___

Gary Tanner di Helsinki berkontribusi pada laporan ini.