Februari 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

kejutan!  Uranus memiliki cincin di gambar web baru

kejutan! Uranus memiliki cincin di gambar web baru

Sebagian besar gambar Uranus di buku teks muncul sebagai bola biru cerah tanpa fitur.

Tapi Teleskop Luar Angkasa James Webb, sebuah observatorium baru penting yang merasakan cahaya pada panjang gelombang inframerah yang tak terlihat, memungkinkan para astronom untuk melihat Planet Tujuh dari Matahari seperti apa adanya: dunia yang dimahkotai dengan cincin, cincin yang mulia.

Ilmuwan NASA mengatakan cincin Uranus hanya ditangkap oleh dua kamera lainnya. Ini pertama kali terlihat oleh pesawat ruang angkasa Voyager 2 ketika lewat pada tahun 1986. Belakangan, Observatorium Keck di Hawaii memata-matai sistem cincin planet menggunakan teknologi optik adaptif canggih. Gambar ruang baru mengikuti gambar Webb Neptunus tahun lalu, yang juga mengungkapkan cincin hantu di sekitar raksasa es lain di dalam tata surya.

“JWST adalah mesin melingkar,” kata Stephanie Milam, ilmuwan planet NASA, dalam video yang dibagikan oleh Museum of Science di Boston. “Ini adalah salah satu pertama kalinya kami melihat cincin Uranus dalam waktu yang sangat lama. Cincin itu benar-benar sulit dilihat, dan itu karena terbuat dari es dan debu.”

Lihat juga:

Gambar baru Neptunus dari Webb mengungkapkan cincin yang menyeramkan dan mengejutkan

Uranus juga terbuat dari bahan “es”, seperti air, metana, dan amonia, yang melilit inti batuan kecil. itu Satu-satunya planet di tata surya yang miring(Buka di tab baru) sehingga garis khatulistiwa hampir tegak lurus dengan orbitnya, menyebabkan musim yang ekstrim. Bagi Uranus, dibutuhkan 84 tahun untuk melakukan perjalanan mengelilingi matahari, yang berarti ia menghabiskan waktu lama di bawah sinar matahari terus menerus dan gelap gulita.

Saat ini, planet tersebut, sekitar dua miliar mil dari Bumi, sedang mengalami akhir musim semi di kutub utaranya, seperti yang ditunjukkan pada gambar. foto baru(Buka di tab baru). Musim panas utaranya akan dimulai dalam lima tahun. Kapan Voyager 2 mengunjungi Uranus(Buka di tab baru) Beberapa dekade yang lalu, saat itu musim panas di kutub selatannya. Kutub Selatan sekarang sudah tidak terlihat lagi dan menghadapi kegelapan angkasa.

Ingin lebih banyak ilmu Apakah berita teknologi dikirim langsung ke kotak masuk Anda? Berlangganan buletin teratas Mashable Hari ini.

Berapa banyak cincin yang dimiliki Uranus?

Uranus memiliki 13 cincin yang diketahui, 11 di antaranya terlihat di gambar baru. Beberapa dari cincin ini sangat terang untuk Webb sehingga ketika berdekatan, mereka tampak menyatu menjadi cincin yang lebih besar. Sembilan dianggap sebagai cincin utama planet, dan dua adalah cincin berdebu redup yang ditemukan oleh Voyager 2. Para ilmuwan berharap gambar web planet di masa depan akan mengungkapkan cincin luar lainnya, menurut sebuah fitur oleh Institut Sains Teleskop Luar Angkasa(Buka di tab baru) di Baltimore.

“JWST adalah mesin loop.”

Gambar-gambar jelas yang ditangkap dalam tata surya ini menunjukkan kemampuan teleskop luar angkasa senilai $10 miliar untuk mengumpulkan data luar biasa tidak hanya di alam semesta yang jauh – tujuan utamanya – tetapi juga di benda langit yang lebih dekat ke rumah. Para ilmuwan percaya Webb akan mengantarkan zaman keemasan dalam pemahaman kita tentang alam semesta.

Webb menemukan bahwa ada titik terang yang tersembunyi di kutub matahari, yang dikenal sebagai Penutup kutub(Buka di tab baru). Tutup kutub ini rupanya unik untuk Uranus. Itu muncul ketika kutub memasuki sinar matahari langsung di musim panas dan menghilang di musim gugur, menurut NASA. Pengamatan teleskop baru akan membantu para peneliti memahami apa yang sedang terjadi dan bagaimana cara kerjanya.

Jesse Christiansen, seorang ilmuwan planet NASA, kecewa dengan gambar baru Uranus, tetapi berbagi foto Saturnus dan raksasa es secara berdampingan di media sosial untuk membandingkan ukuran sistem cincin mereka.

Saya memperingatkan dalam tweet minggu lalu untuk tidak sepenuhnya meledakkan gagasan Anda sebelumnya tentang planet bercincin di tata surya ini.

“Saturnus masih menjadi Ratu Cincin!” Dia berkata.

READ  Hubble menangkap wajah galaksi spiral besar yang megah