Mei 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kami bertanya kepada seorang ilmuwan NASA: Apakah es kutub mencair?

Kami bertanya kepada seorang ilmuwan NASA: Apakah es kutub mencair?

Es kutub sudah mencair, sebuah proses yang tidak hanya terkait dengan pencairan itu sendiri, tetapi juga keseimbangan antara hujan salju dan pencairan salju. Laser NASA memantau ketebalan es di Antartika dan Greenland, menemukan tempat lapisan es menipis dan kehilangan massa paling cepat di lautan. Saat ini, pencairan es di kutub merupakan penyumbang utama kenaikan permukaan laut, yang mendorong para ilmuwan untuk terus mempelajari hubungan antara lapisan es dan permukaan laut.

Apakah es kutub mencair?

Jawaban sederhana dan langsung adalah ya. Itu benar-benar meleleh. Tapi itu sedikit lebih rumit dari itu. Anda dapat menganggap lapisan es atau Antartika dan Greenland sebagai bak mandi yang penuh dengan air. Dan kami ingin tahu berapa banyak yang masuk ke bak mandi itu dan berapa banyak yang keluar.

Jadi, misalnya, salju yang turun di atas lapisan es seperti menyalakan keran. Anda menyalakan keran, mengisinya dengan air, kemudian mencair ketika Anda mendapatkan cuaca hangat atau lingkungan yang hangat, membuka saluran pembuangan dan membiarkan air keluar. Jadi ini bukan hanya tentang pencairan. Ini juga berkaitan dengan berapa banyak salju yang turun dan keseimbangan apa yang ada.

Apakah es kutub mencair? Jawaban realistisnya adalah ya, dan itu adalah penyumbang nomor satu kenaikan permukaan laut.[{” attribute=””>NASA scientist Dr. Brooke Medley tells us how NASA studies the relationship between ice sheets and sea level to better understand our changing planet. Credit: NASA

At NASA, we are able to monitor both Antarctica and Greenland really easily from space. And we have satellite lasers that actually measure the thickness of the ice through time. And so we can actually monitor where the ice sheets are thinning and most rapidly losing mass into the ocean.

So, is polar ice melting? The answer is yes. And at present it is the number one contributor to sea level rise. And that’s why NASA has scientists like myself studying the relationship between ice sheets and sea level every day.

We Asked a NASA Expert Video Series

READ  Snoopy, manekin, dan Apollo 11 akan berayun di bulan dengan kapal Artemis I