Januari 31, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Jerman menangkap seorang pegawai intelijen yang diduga berbagi rahasia dengan Rusia | untuk memata-matai

Pada hari Kamis, pihak berwenang Jerman mengatakan mereka telah menangkap seorang pegawai dinas intelijen asing, BND, karena dicurigai berbagi rahasia negara dengannya. Rusia Tahun ini, mereka melakukan pengkhianatan.

Polisi menangkap tersangka, seorang warga negara Jerman bernama Carsten L, pada hari Rabu, di Berlin, kata Kantor Kejaksaan Federal, menambahkan bahwa polisi juga menggerebek apartemen dan tempat kerjanya serta rumah orang lain.

“Terdakwa didakwa melakukan pengkhianatan,” kata jaksa federal dalam sebuah pernyataan. Pada tahun 2022, dia membagikan informasi yang dia dapatkan saat bekerja untuk badan intelijen Rusia. Isinya adalah rahasia negara.”

Pihak berwenang Jerman telah memperingatkan kemungkinan eskalasi spionase Rusia mengingat konfrontasi antara Kremlin dan Barat atas invasi Ukraina. Pemerintah Jerman mengusir 40 “mata-mata” Rusia pada bulan April, menurut badan intelijen setempat.

Kedutaan Rusia di Berlin tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Bruno Kahl, kepala organisasi tersebut, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Badan Intelijen Federal Jerman (BND) memulai penyelidikan internal yang luas mengenai masalah ini segera setelah mengetahui kemungkinan pengkhianatan di jajarannya. Saat kecurigaan ini terkonfirmasi, BND memanggil jaksa federal.

Kahl mengatakan kerahasiaan adalah kunci untuk maju, karena setiap detail penyelidikan yang dipublikasikan dapat memberikan “keuntungan kepada musuh dalam niatnya untuk merugikan Jerman.” Dia berkata, “Dengan Rusia kita berurusan dengan seorang aktor di mana kita harus memperhitungkan kekejaman dan keinginannya untuk melakukan kekerasan.”

Kahl menambahkan bahwa BND tidak akan memberikan perincian lebih lanjut tentang kasus tersebut sampai jaksa federal menyelesaikan penyelidikan mereka.

Kasus ini muncul beberapa hari setelah Austria mengumumkan telah mengidentifikasi seorang warga negara Yunani berusia 39 tahun yang diduga menjadi mata-mata Rusia.

READ  Organisasi Perdagangan Dunia melihat kesepakatan perdagangan dengan nasib yang dipertaruhkan

Terakhir kali seorang pekerja intelijen Jerman ditangkap karena pengkhianatan adalah pada tahun 2014, meski saat itu karena mengkhianati rahasia CIA. Pria itu, Marcus R., dijatuhi hukuman delapan tahun penjara pada tahun 2016. Saat itu, kejadian ini mendinginkan hubungan antara sekutu dekat Berlin dan Washington.