Islam Nusantara, Konsep NU untuk Islam yang Damai

Lambang Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU)

Jakarta, Semarak.news – Wakil Sekretaris Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (NU) H. Moch. Buchori Muslim, Lc, M.A menjelaskan tentang konsep Islam Nusantara yang dianut oleh NU. Islam Nusantara merupakan istilah yang menunjukkan menjunjung tinggi budaya islam di Indonesia.
“Sebagai contoh Islam Nusantara bahwa di Indonesia khutbah memakai Bahasa Indonesia yang tidak digunakan saat zaman Nabi, kita mengakui Islam tidak menyangkut hukum dan tidak mungkin mengubah ajaran-ajaran Islam. Islam di Indonesia adalah Islam yang damai dan tidak mudah berkonflik.”, jelas Buchori, Rabu (7/10).
Nahdatul Ulama (NU) sebagai salah satu ormas islam besar di Indonesia sangat prihatin dengan kondisi umat islam di Indonesia saat ini. NU telah berupaya mengantisipasi serangan-serangan dari kelompok tertentu yang berupaya membuat gaduh situasi di Indonesia khususnya umat Islam melalui publikasi di media sosial.
Sementara itu, Wakil Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) K.H. Agus Salim turut prihatin dengan kondisi umat Islam di Indonesia saat ini. KH. Agus Salim mengatakan jika kelompok/ormas islam radikal saat ini mulai tumbuh karena longgarnya demokrasi sehingga kelompok tersebut mulai memanfaatkan momentum aksi demonstrasi sebagai jalan untuk memasukan ideologi trans-nasional ke Indonesia.
“Saat ini ormas islam radikal mulai aktif show off dengan memanfaatkan aksi-aksi demonstrasi sehingga perlu ada pengawasan.”, ungkap Ketua LDNU. [INM]

TINGGALKAN BALASAN