Februari 7, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Ini adalah waktu terbaik untuk melihat komet hijau melewati Bumi untuk pertama kalinya sejak Zaman Es. Begini caranya, di mana dan kapan melihatnya.

Komet ZTF, dicitrakan pada 19 Desember 2022.Dan Bartlett

  • Baru-baru ini, para astronom mendeteksi komet hijau yang mendekati Bumi untuk pertama kalinya dalam 50.000 tahun.

  • Komet ZTF mungkin tidak akan pernah kembali, jadi kita bisa menjadi manusia terakhir yang melihatnya.

  • Begini caranya, di mana dan kapan melihat komet melewati Bumi pada akhir Januari dan awal Februari.

Kita bisa menjadi manusia terakhir yang pernah melihat komet hijau meluncur melintasi Bumi Jangkauan terluar tata surya Pada akhir Januari dan awal Februari.

C/2022 E3 (ZTF), atau singkatnya Comet ZTF — nama yang diberikan para astronom untuk bola salju luar angkasa setelah ditemukan oleh fasilitas transit Zwicky pada bulan Maret — belum ada di lingkungan kosmik kita sejak Zaman Es terakhir.

Peneliti dihitung Bola es gas, debu, dan batu itu telah mengorbit Matahari selama hampir 50.000 tahun, yang berarti Neanderthal masih berjalan di Bumi dan manusia baru saja bermigrasi keluar dari Afrika untuk pertama kalinya ketika komet terakhir berdengung.

Tanpa teleskop atau teropong, orang-orang kuno itu mungkin tidak melihat komet itu sama sekali. Dan mungkin tidak akan pernah ada kesempatan untuk melihatnya lagi.

“Beberapa prediksi mengatakan bahwa orbit komet ini sangat eksentrik sehingga tidak lagi mengorbit – sehingga tidak akan kembali sama sekali dan hanya akan berlanjut,” kata Jessica Lee, seorang astronom di Royal Observatory Greenwich. Minggu berita.

Jadi mungkin ada baiknya mencari Komet ZTF dan menjadi salah satu dari sedikit manusia yang telah melihatnya dari dekat. Inilah yang perlu Anda ketahui untuk meningkatkan peluang Anda.

Kapan Anda melihat komet hijau?

Seorang pria menatap bintang-bintang dengan teleskop

Anda mungkin memerlukan teleskop kecil untuk melihat Komet ZTF, tetapi teropong mungkin cukup.Gambar Brian Allen / Getty

Di belahan bumi utara, komet hijau akan terlihat sebelum fajar pada akhir Januari NASA.

READ  Gen kecil baru dalam DNA manusia menunjukkan bagaimana kita masih berevolusi: ScienceAlert

Bulan baru yang tertutup sepenuhnya bisa memberikan langit gelap yang sempurna untuk memata-matai komet pada 21 Januari.

Kemudian, pada awal Februari, komet tersebut akan terlihat di Belahan Bumi Selatan.

Komet ZTF akan melintas sekitar 26 juta mil dari Bumi – sedekat mungkin – pada 2 Februari. Itu 109 kali jarak rata-rata bulan, tetapi komet terbakar sangat parah sehingga masih bisa dilihat di langit malam.

Komet tersebut diperkirakan paling terang pada 31 Januari dan 1 Februari, meskipun Bulan akan cerah dan komet tersebut akan menjadi “objek paling redup yang terlihat tanpa bantuan optik di langit yang sangat jernih dan sangat gelap,” menurut Planetarium Adler.

Penting untuk mempersiapkan kesuksesan jika Anda mencoba menemukannya.

Cara melihat komet hijau

Pada awalnya, melihat Komet ZTF mungkin memerlukan teleskop, tetapi saat semakin dekat ke Bumi, pemirsa mungkin dapat melihatnya dengan teropong, atau bahkan dengan mata telanjang.

NASA menulis dalam pembaruan tentang 29 Desember.

Untuk tampilan terbaik, pilih malam yang cerah dan jauhi lampu kota Langit paling gelap mungkin. Saat bulan redup, atau setidaknya saat berada di bawah cakrawala, langit akan menjadi lebih gelap.

Jika Anda berada di dekat daerah perkotaan, Anda mungkin ingin membawa teropong atau bahkan teleskop, untuk berjaga-jaga jika cahaya komet membanjiri mata telanjang.

Tempat mencari Komet ZTF di langit malam

Lihatlah bintang yang tepat untuk melihat komet hijau. untuk saya EarthSky.orgKomet saat ini terlihat melewati konstelasi Boötes, dekat perbatasannya dengan Hercules. Itu menuju Polaris – Bintang Utara – dan akan terlihat di sekitar bintang pada 30 Januari. Itu akan muncul di sore hari saat mendekati Polaris.

READ  "What Gotten Into You" oleh Dan Levitt menelusuri perjalanan panjang atom dari Big Bang ke tubuh manusia

“Ini kemungkinan akan membedakan dirinya dari bintang lain karena akan terlihat sedikit kabur dibandingkan dengan bintang lain,” kata Thomas Prince, direktur WM Keck Institute for Space Studies di Caltech. cuaca RUBAH.

Di Belahan Bumi Selatan, pada 10 Februari, komet tersebut akan berada dalam jarak 1,5 derajat dari Mars, menurut Prince. Ini adalah lebar jari kelingking Anda saat Anda memegangnya sejauh lengan. Jika Anda dapat melihat Mars bersinar terang di langit, carilah komet di sekitarnya.

Terbitkan EarthSky peta Untuk membantu Anda menemukan objek referensi – Hercules, Polaris, dan Mars – di langit malam.

Mengapa komet berwarna hijau?

Komet itu memiliki “koma kehijauan, ekor debu lebar pendek, dan ekor ion panjang samar,” menurut NASA.

Banyak komet bersinar hijau. Laboratorium Riset dia memiliki Saya menghubungkan halo ini menjadi molekul reaktif yang disebut dikarbon, yang memancarkan cahaya hijau saat sinar matahari memecahnya.

Dikarbonat umum di komet, tetapi biasanya tidak ditemukan di ekornya.

Inilah mengapa koma – kabut yang mengelilingi bola beku gas, debu, dan batu di pusat komet – bersinar hijau, sementara ekornya tetap putih.

Baca artikel aslinya di Bisnis tertarik