Agustus 2, 2021

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia turunkan oksigen, cari bantuan saat kasus pemerintah meningkat

Dua bulan lalu, Indonesia datang membantu India dengan ribuan tank yang membawa oksigen.

Saat ini, negara di Asia Tenggara ini sedang kehabisan oksigen karena mampu menahan gelombang katastropik virus corona Gugatan dan pemerintah mencari pasokan darurat dari negara lain, termasuk Singapura dan China.

Lebih dari 1.000 tabung oksigen, konsentrator, ventilator, dan peralatan sanitasi lainnya dikirim dari Singapura pada hari Jumat, diikuti oleh 1.000 ventilator dari Australia, kata menteri sementara pemerintah Indonesia Luhut Binsar Bandjeten. Sebaran Internasional Menjawab.

Selain sumbangan tersebut, Indonesia berencana untuk membeli 36.000 ton oksigen dan 10.000 konsentrator – generator oksigen – dari negara tetangga Singapura, kata Pondjeton.

Dia mengatakan dia melakukan kontak dengan China dan sumber oksigen potensial lainnya. Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab juga telah memberikan bantuan.

“Kami menyadari situasi sulit di mana Indonesia saat ini mengalami peningkatan kasus COVID,” kata Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Saki. Selain mengirimkan vaksin, Amerika Serikat berupaya meningkatkan bantuan yang lebih luas bagi Indonesia COVID-19 Upaya tanggapan, katanya tanpa penjelasan.

Secara keseluruhan, Indonesia, negara terpadat keempat di dunia, melaporkan lebih dari 2,4 juta infeksi dan 64.631 kematian akibat COVID-19. Angka-angka itu secara luas diyakini sebagai jumlah yang besar karena statistik yang rendah dan aktivitas pelacakan yang buruk. Indonesia melaporkan 1.040 kematian pada hari Rabu, dibandingkan dengan hampir 39.000 pada hari Kamis dan Jumat.

Rumah sakit berada di rawa, dan jumlah pasien meningkat ketika mereka sendirian di rumah atau menunggu untuk menerima perawatan darurat.

Di Jawa, pulau terpadat di Indonesia, rumah sakit mulai mendirikan unit perawatan intensif sementara pada pertengahan Juni. Banyak pasien menunggu berhari-hari untuk dirawat. Tangki oksigen digulung di trotoar bagi mereka yang cukup beruntung untuk mendapatkannya, sementara yang lain disuruh mencari sendiri.

READ  Indonesia mencatat kasus COVID-19 dan memesan pasokan oksigen

Wakil Wali Kota Yaya Mulyana mengatakan ruang gawat darurat sebuah rumah sakit umum di Bandung ditutup awal pekan ini di tengah kepanikan yang dipicu oleh meningkatnya infeksi di ibu kota provinsi Jawa Barat itu.

“Orang yang panik membeli tabung oksigen padahal belum membutuhkannya,” kata Mulyana. “Ini kehabisan pasokan oksigen.”

Tabung oksigen sedang disiapkan untuk pasien di aula rumah sakit yang ramai di tengah peningkatan kasus Pemerintah (foto AP)

Di sebuah rumah sakit di Yogyakarta, Jawa Tengah, 63 pasien COVID-19 meninggal dalam satu hari – 33 di antaranya ketika rumah sakit beralih menggunakan tabung oksigen ketika pasokan oksigen cairan pusatnya terputus, kata juru bicara Banu Hermavan.

Indonesia memasok 3.400 tabung oksigen dan konsentrator ke India ketika ledakan dahsyat menghancurkan negara itu. Karena kasusnya sendiri meningkat, Jakarta membatalkan rencana untuk mengirim 2.000 konsentrator oksigen lagi ke India pada akhir Juni.

Kebutuhan oksigen per hari mencapai 1.928 ton per hari. Total kapasitas produksi negara adalah 2.262 ton per hari, menurut data pemerintah.

“Saya pertama kali meminta oksigen 100% untuk keperluan medis, yang berarti semua alokasi industri harus dialihkan ke obat-obatan,” kata Menteri Negara Bond Jayden. “Kita berpacu dengan waktu. Kita harus bekerja cepat.”

Memberikan penyebaran cepat sebagian besar infeksi varian delta, Dia memperingatkan bahwa Indonesia dapat menghadapi situasi yang mengerikan dengan 50.000 kasus per hari. Dua minggu ke depan akan menjadi penting, katanya.

Menanggapi hal tersebut, Kementerian Perindustrian mengeluarkan perintah yang mewajibkan seluruh pasokan oksigen dikirim ke rumah sakit yang dipenuhi pasien virus corona, sehingga mendorong para veteran industri untuk bekerja sama.

Oksigen digunakan untuk membuat banyak produk, termasuk tekstil, plastik, dan kendaraan. Hal ini juga digunakan oleh penyulingan minyak, produsen kimia dan pembuat baja. Tetapi para pemimpin industri tidak mendengarkan dalam mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan permintaan rumah sakit.

READ  Mengapa kasus COVID meningkat di Indonesia? Lima hal yang perlu diketahui

Pemerintah telah mengalihkan pasokan oksigen dari pabrik industri di Morowali di Sulawesi Tengah, Balikpon di pulau Kalimantan, dan Belavan dan Badam di pulau Sumatera, kata Pontjaiden. Industri oksigen kecil didorong untuk memproduksi oksigen farmasi.