April 14, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

India meluncurkan misi untuk mempelajari Matahari – beberapa hari setelah pendaratan Chandrayaan-3

India meluncurkan misi untuk mempelajari Matahari – beberapa hari setelah pendaratan Chandrayaan-3

  • Beberapa hari setelah misi India ke bulan yang sukses, negara tersebut kini menuju ke matahari.
  • Menurut Organisasi Penelitian Luar Angkasa India, pesawat luar angkasa Aditya-L1 akan diluncurkan pada 2 September dalam upaya mempelajari matahari dan dampaknya terhadap cuaca luar angkasa.

Matahari terbenam di Belanda.

Norfoto | Norfoto | Gambar Getty

Beberapa hari setelah misi India ke bulan yang sukses, negara tersebut kini mengarahkan perhatiannya pada matahari.

Menurut Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO), pesawat luar angkasa Aditya-L1 akan diluncurkan dari pelabuhan antariksa Sriharikota pada 2 September dalam upaya mempelajari matahari dan dampaknya terhadap cuaca luar angkasa.

Aditya, yang berarti matahari dalam bahasa Hindi, akan ditempatkan pada orbit halo di sekitar titik Lagrangian nomor 1 sistem Matahari-Bumi, di mana Matahari dapat diamati tanpa hambatan apa pun. laporan ISRO pemasang iklan.

Titik Lagrangian adalah lokasi di ruang angkasa di mana gaya gravitasi dua massa besar menghasilkan “peningkatan wilayah tarik-menarik dan tolak-menolak”. Menurut NASA. Gaya yang dihasilkan dapat digunakan untuk tetap di tempat dan mengurangi konsumsi bahan bakar, dan dapat diibaratkan sebagai “tempat parkir” pesawat ruang angkasa.

Laporan ISRO menyatakan bahwa peluncuran tersebut akan menjadi observatorium luar angkasa pertama di India yang mempelajari matahari, dan akan memberikan “keuntungan besar untuk mengamati matahari secara terus menerus tanpa adanya okultasi atau gerhana.”

Misi ini juga akan memungkinkan studi tentang angin matahari yang kemungkinan besar menjadi penyebabnya gangguan di bumiSeperti menonaktifkan sistem komunikasi dan navigasi.

Pemerintah India telah menganggarkan $46 juta untuk misi tersebut pada tahun 2019, namun belum merilis pembaruan apa pun sejak saat itu.

Dan pada hari Rabu, India menjadi negara keempat yang mendarat di bulan, dengan anggaran awal yang relatif rendah yaitu $75 juta.

READ  Hujan meteor Quadrantid pertama tahun 2024 akan mencapai puncaknya malam ini. Berikut cara menontonnya.

Meskipun India merupakan upaya pertama, negara-negara lain telah berhasil menempatkan pengorbit untuk mempelajari matahari. NASA Wahana Surya Parker Pada tahun 2021, yang dikirim ke Korona Matahari untuk mengambil sampel partikel dan medan magnet, selain Badan Antariksa Eropa. orbit matahari yang diluncurkan pada tahun sebelumnya.