April 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Ilmu roket: Siput langit Alaska yang disebabkan oleh pembuangan bahan bakar SpaceX

Ilmu roket: Siput langit Alaska yang disebabkan oleh pembuangan bahan bakar SpaceX

Penggemar cahaya utara mendapat kejutan saat pita cahaya hijau menari-nari di langit Alaska: spiral biru muda mirip galaksi muncul di tengah senja selama beberapa menit.

ANCHORAGE, Alaska — Penggemar cahaya utara mendapat kejutan bercampur saat pita hijau menari di langit Alaska: Sebuah spiral biru terang seperti galaksi muncul di tengah aurora borealis selama beberapa menit.

Terkadang roket mengandung bahan bakar yang perlu dibuang, kata astrofisikawan Don Hampton, seorang profesor di Institut Geofisika Fairbanks Universitas Alaska.

“Saat mereka melakukannya di ketinggian, bahan bakar itu berubah menjadi es,” katanya. “Dan jika itu terjadi di bawah sinar matahari, saat Anda berada dalam kegelapan di Bumi, Anda bisa melihatnya sebagai awan besar, terkadang berputar-putar.”

Meskipun itu bukan pemandangan umum, Hampton mengatakan dia telah melihat kejadian seperti itu sekitar tiga kali.

Penampakan pusaran ini terekam dalam time-lapse di kamera langit Institut Geofisika dan telah dibagikan secara luas. “Ini semacam menciptakan badai internet dengan pusaran ini,” kata Hampton.

Fotografer yang datang untuk pertunjukan Northern Lights juga memposting foto mereka di media sosial.

“Semua ini terjadi saat melewati Alaska selama tampilan aurora yang indah, dan banyak pengamat malam termasuk saya tercengang,” kata fotografer profesional Todd Salatt, yang dikenal dengan gambar Cahaya Utara yang menakjubkan, kepada Associated Press melalui email.

READ  NASA mengungkapkan di mana mereka ingin orang Amerika berikutnya mendarat di bulan

“Percayalah,” katanya, “pada awalnya, saya benar-benar bingung. Sekarang saya tahu ini bisa dijelaskan dengan ilmu roket, tetapi selama dan segera setelah percobaan, saya benar-benar menikmati perasaan samar yang tidak diketahui.”

Roket lepas landas dari Vandenberg Space Force Base di California pada Jumat malam, membawa sekitar 25 satelit.

Waktu pembuangan bahan bakar dan fakta bahwa itu adalah peluncuran kutub membuat spiral biru terlihat di area yang luas di Alaska. “Kami punya benda spiral yang sangat keren ini,” kata Salah.

Para peneliti mengatakan itu adalah hasil dari satelit GPS militer yang diluncurkan sebelumnya pada roket SpaceX di Florida.