Juli 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Hujan meteor Quadrantid pertama tahun 2024 akan mencapai puncaknya malam ini.  Berikut cara menontonnya.

Hujan meteor Quadrantid pertama tahun 2024 akan mencapai puncaknya malam ini. Berikut cara menontonnya.

Dunia kita mungkin penuh dengan keajaiban kosmik, namun Anda hanya dapat mengamati sebagian kecil fenomena astronomi dengan mata telanjang. Hujan meteor, kembang api alami yang berkilauan di langit malam, adalah salah satunya.

Hujan meteor pertama yang bisa diamati tahun ini adalah Quadrantids yang aktif sejak 28 Desember dan diperkirakan akan berlanjut hingga 12 Januari. Puncaknya terjadi pada 3-4 Januari atau Rabu malam hingga Kamis pagi.

Quadrantid, yang diprediksi oleh Organisasi Meteor Internasional akan menjadi salah satu hujan meteor terkuat tahun ini, juga merupakan salah satu dari sedikit hujan yang disebabkan oleh puing-puing asteroid (dan hujan meteor lainnya yang dihasilkan oleh komet). Tempat ini paling baik dilihat dari Belahan Bumi Utara, dan merupakan salah satu tempat yang paling sulit untuk dipotret.

Kuartet mempunyai salah satu periode puncak terpendek, hanya berlangsung enam jam. Saat ini dalam setahun bisa berarti langit berawan dan suhu sangat dingin. Bulan akan lebih dari setengah purnama, sehingga sulit untuk mendeteksi meteorit.

Ada kemungkinan Anda dapat melihat meteor pada malam tertentu, namun kemungkinan besar Anda akan melihatnya saat hujan. Hujan meteor disebabkan oleh bumi yang melewati puing-puing di belakang komet atau asteroid saat ia berayun mengelilingi matahari. Puing-puing ini, yang berukuran sekecil butiran pasir, meninggalkan aliran cahaya yang bersinar saat terbakar di atmosfer bumi.

Hujan meteor terjadi pada waktu yang hampir sama setiap tahun dan dapat berlangsung selama beberapa hari atau minggu. Namun hanya ada satu jendela kecil ketika setiap hujan berada pada puncaknya, yaitu saat Bumi mencapai bagian terpadat dari puing-puing kosmik. Puncak adalah waktu terbaik untuk mencari hujan. Dari sudut pandang kita di Bumi, meteor-meteor tersebut akan tampak datang dari titik yang sama di langit.

READ  Fisikawan menemukan tahap teoretis baru yang aneh untuk hidrogen: ScienceAlert

Misalnya saja hujan meteor Perseid yang puncaknya terjadi pada pertengahan Agustus di konstelasi Perseus. Gemini yang terjadi setiap bulan Desember terpancar dari konstelasi Gemini.

Berlangganan Times Space dan Kalender Astronomi untuk mendapatkan pengingat tentang hujan meteor sepanjang tahun.

Michelle Nichols, Direktur Masa Percobaan Umum di Planetarium Adler Di Chicago, dia merekomendasikan untuk tidak menggunakan teleskop atau teropong saat menyaksikan hujan meteor.

“Anda hanya membutuhkan mata Anda dan, idealnya, langit yang gelap,” katanya.

Hal ini karena meteor dapat melesat melintasi wilayah langit yang luas, sehingga peralatan observasi dapat membatasi bidang pandang Anda.

Beberapa pancuran cukup kuat untuk menghasilkan hingga 100 coretan per jam. Menurut Masyarakat Meteor Amerikameskipun Anda mungkin tidak akan melihat nomor tersebut.

“Hampir semua orang berada di bawah polusi cahaya,” kata Nicholls. “Anda mungkin berpikir Anda berada di bawah langit yang gelap, namun kenyataannya, bahkan di kota kecil, Anda dapat melihat cahaya terang di dekatnya.”

Planetarium, klub astronomi lokal, atau bahkan peta, misalnya ini Ini dapat membantu Anda mengetahui di mana harus menghindari cahaya berlebih. Kondisi terbaik untuk menangkap hujan meteor adalah langit cerah tanpa bulan atau awan, antara tengah malam dan matahari terbit. (Cahaya bulan mempengaruhi penglihatan dengan cara yang sama seperti polusi cahaya, menghilangkan sumber cahaya redup di langit.) Pastikan mata Anda memberi waktu setidaknya 30 menit untuk menyesuaikan diri melihat dalam gelap.

Ms Nicholls juga merekomendasikan berpakaian berlapis, bahkan selama musim panas. “Anda akan duduk di sana untuk waktu yang lama dan menonton,” katanya. “Ini akan menjadi dingin, bahkan di bulan Agustus.”

READ  Teleskop Webb mendeteksi uap air, tetapi dari planet berbatu atau bintangnya?

Bawalah secangkir coklat atau teh untuk menambah kehangatan. Kemudian duduk santai, amati langit dan nikmati pertunjukannya.