Oktober 7, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Grup Semut China meluncurkan bank digital ANEXT di Singapura

Grup Semut China meluncurkan bank digital ANEXT di Singapura

Seorang pria berjalan melewati logo Grup Semut pada Konferensi Kecerdasan Buatan Dunia (WAIC) di Shanghai, China, 8 Juli 2021. REUTERS/Yili Sun/File Photo

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

BEIJING (Reuters) – Grup Ant China, raksasa teknologi keuangan yang dikendalikan oleh miliarder Jack Ma, mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya telah meluncurkan bank grosir digital yang berbasis di Singapura, yang disebut ANEXT Bank.

ANEXT, yang sepenuhnya dimiliki oleh ANEXT, mengatakan dalam pernyataan bersama, ANEXT telah menerima persetujuan dari Monetary Authority of Singapore (MAS) untuk memulai bisnis pada 2 Juni.

Langkah ini menandai salah satu keuntungan luar negeri terbesar Ant sejak tergelincir dari penawaran umum perdana (IPO) senilai $37 miliar oleh regulator China pada akhir 2020.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Ant memperoleh lisensi perbankan digital grosir pertama di Singapura pada akhir tahun 2020, memungkinkannya untuk melayani klien besar, termasuk lembaga keuangan dan perusahaan.

Semut, sekitar 33% dimiliki oleh perusahaan e-commerce terkemuka Alibaba Group Holding Ltd (9988.HK)katanya, fokus ANEXT selama ini adalah pada usaha mikro, kecil dan menengah (UKM), khususnya yang beroperasi lintas batas.

“Ini menandai tonggak sejarah lain dalam perjalanan mengembangkan bank digital di Singapura, dan merupakan upaya strategis untuk memastikan sektor perbankan terus maju, berdaya saing global dan bersemangat,” kata Subindo Mohanty, Head of MAS FinTech.

Perusahaan teknologi Sea dan usaha dari layanan transportasi penumpang dan perusahaan fintech Grab memenangkan lisensi untuk “bank digital penuh” pada tahun 2020, yang memungkinkan perusahaan Singapura untuk mengambil simpanan dan memberikan layanan secara lokal kepada pelanggan individu dan korporat.

READ  Siemens meninggalkan Rusia karena perang Ukraina, mengambil tanggung jawab besar

MAS mengatakan mereka mengharapkan pasangan itu untuk meluncurkan bank digital tahun ini.

Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa ANEXT, dengan dukungan veteran perbankan Toh Su Mei, akan mengembangkan kerangka kerja terbuka untuk lembaga keuangan bekerja sama dengan Proxtera, entitas lokal yang didirikan oleh MAS dan Otoritas Pengembangan Media Infocomm Singapura.

Perusahaan mengatakan bahwa ANEXT Business Account akan tersedia untuk usaha kecil dan menengah mulai kuartal ketiga tahun ini.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

(Laporan oleh Yingji Yang dan Brenda Goh) Penyuntingan oleh Kim Coogle dan Christopher Cushing

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.