April 20, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gerhana matahari 2024: Jutaan orang di Amerika Utara akan menyaksikan apa yang menjanjikan dampak besar

Gerhana matahari 2024: Jutaan orang di Amerika Utara akan menyaksikan apa yang menjanjikan dampak besar

  • Ditulis oleh Jonathan Amos
  • Reporter Sains

Sumber gambar, Getty Images/St.Louis Pasca Pengiriman

Komentari foto tersebut,

Orang-orang baik di Carbondale dapat melakukannya lagi dan untuk waktu yang lebih lama

Betapa beruntungnya penduduk Carbondale, Illinois?

Mekanika angkasa mengatakan bahwa setiap titik di permukaan bumi akan menyaksikan gerhana matahari total rata-rata hanya sekali setiap 375 tahun.

Sebanyak 30.000 penduduk kota Midwestern mungkin akan menertawakan statistik tersebut karena mereka akan melihat bulan gerhana piringan matahari untuk kedua kalinya hanya dalam tujuh tahun.

Terlebih lagi, gerhana yang akan terjadi pada tanggal 8 April akan lebih baik daripada gerhana yang mereka lihat pada tahun 2017. Langit akan tetap hitam selama 4 menit 9 detik, hampir dua kali lebih lama dari gerhana terakhir.

Sumber gambar, Gambar Getty

Hingga 200.000 orang diperkirakan akan berbondong-bondong ke lokasi tontonan utama di Illinois selatan untuk menyaksikan Great American Eclipse, Bagian II. Namun hal ini juga berlaku di sepanjang jalur gerhana, dari pantai Pasifik Meksiko hingga pantai Atlantik Kanada. Acara mendatang akan sukses besar.

Pada tahun 2017, jalur bayangan terdalam – “cluster” – membentang dari Oregon di Amerika Serikat bagian barat laut hingga Carolina Selatan di tenggara. Hal ini sebenarnya mencakup beberapa wilayah berpenduduk jarang, termasuk beberapa taman nasional.

Sebaliknya, acara tahun 2024 akan mencakup beberapa wilayah metropolitan besar di Amerika Serikat, seperti Dallas, Indianapolis, Cleveland, dan Buffalo.

Kelly Couric, direktur program gerhana badan antariksa AS, mengatakan kepada BBC News: “Gerhana ini akan menjadi gerhana terpadat di Amerika Serikat, dengan 31,5 juta orang dapat meninggalkan rumah mereka untuk menyaksikannya dengan berjalan kaki.”

Komentari foto tersebut,

Karya Seni: Pesawat yang dilengkapi instrumen NASA akan mengejar bayangan

Seperti yang diharapkan, NASA akan melakukan eksperimen sederhana pada hari itu, seperti meluncurkan roket ke bayangan bulan untuk melihat pengaruhnya terhadap bagian atas atmosfer bumi, atau ionosfernya. Jet yang dilengkapi juga akan memburu bayangan tersebut.

Dr Amir Kaspi, dari Pusat Penelitian Sains dan Teknologi, mengatakan: “Alasan kita menerbangkan pesawat, selain karena sangat keren, adalah karena berada di ketinggian atmosfer berarti Anda sebenarnya dapat mengakses panjang gelombang cahaya yang tidak dapat Anda akses. dari tanah.” Institut Penelitian Barat Daya.

Gerhana matahari total tahun 2024 akan dimulai di Samudera Pasifik, di mana matahari gelap akan menyapa penduduk Atol Penrhyn, bagian dari Kepulauan Cook, saat fajar, pukul 06:40 CST (16:40 GMT).

Bayangan atau bayangan bulan akan bergerak melintasi permukaan bumi dengan kecepatan lebih dari 2.500 kilometer per jam (1.500 mph), melintasi pantai Meksiko pada 11:07 GMT (18:07 GMT) dan perbatasan Rio Grande antara Meksiko dan Amerika. Amerika Serikat pada 13:27 CDT (18:27 GMT).

Sumber gambar, Gambar Getty

Perjalanan berlanjut melalui 13 negara bagian AS, sebelum melintasi provinsi New Brunswick di Kanada (16:32 EST; 19:32 GMT) dan Newfoundland (16:39 EST; 19:39 GMT).

Bayangan bulan akan muncul di atas permukaan bumi di Samudera Atlantik pada pukul 21:55 CET (19:55 GMT), sekitar 1.120 kilometer (700 mil) sebelah barat Normandia, Prancis.

Maaf, Eropa; Mungkin lain kali.

Komentari foto tersebut,

Hari Spesial: Poster promosi dari astronom dan seniman Tyler Nordgren (Sumber gambar: tylernordgren.com)

Para pengamat langit sudah mempunyai rencana mereka sendiri.

Mereka akan mempertimbangkan pilihan transportasi dan akomodasi dan akan memperhatikan pola cuaca historis.

Peluang terbaik untuk menghindari awan yang membingungkan adalah di Meksiko dan Texas. Namun kenyataannya, kapan pun, di mana pun, cuaca dapat meningkatkan atau menghancurkan kebahagiaan Anda – dan hal ini juga berlaku untuk Carbondale.

Sumber gambar, S.R. Habbal dan M. Druckmüller

Komentari foto tersebut,

Gerhana matahari total memberikan kesempatan langka untuk mempelajari korona matahari

Anda mungkin berpikir bahwa dengan semua teleskop luar angkasa yang telah dilatih untuk mengamati Matahari saat ini, hanya sedikit yang dapat ditambahkan oleh gerhana pada pengetahuan tentang matahari.

Namun gerhana total memiliki kekhasan tersendiri karena memberikan kondisi yang menguntungkan untuk mempelajari atmosfer luar Matahari yang rapuh – corona.

Dalam “gas” partikel bermuatan magnetis super panas inilah angin matahari berasal, yang darinya miliaran ton materi kadang-kadang dapat meledak ke arah Bumi sehingga melumpuhkan satelit, komunikasi, dan bahkan jaringan listrik.

Korona berada di atas permukaan Matahari, fotosfernya. Satelit akan memblokir silau menggunakan perangkat yang disebut coronagraphs, namun biasanya sangat lebar sehingga juga menghalangi pandangan cahaya tepat di atas tepi bintang. Di wilayah inilah proses koronal utama terjadi.

Hanya pada saat gerhana, ketika piringan Bulan bertepatan dengan piringan Matahari, semua sisi mahkota dapat dijangkau.

Sumber gambar, Universitas Aberystwyth

Komentari foto tersebut,

Para ilmuwan di Inggris dan Amerika Serikat sedang berupaya memantau gerhana tersebut

Ilmuwan Inggris telah berkolaborasi dengan NASA untuk menyebarkan perangkat tersebut di Dallas. Mereka akan memiliki polarimeter untuk memeriksa kualitas arah cahaya corona dan spektrometer untuk mencari perilaku atom besi yang tereksitasi.

Dr Hugh Morgan dari Universitas Aberystwyth menjelaskan: “Selama gerhana, alam memberi kita kesempatan unik untuk mengukur wilayah ini dengan relatif mudah, dan melihat hubungan antara Matahari dan angin matahari.”

Komentari foto tersebut,

Bagaimanapun Anda menyaksikan gerhana, melakukannya dengan aman sangatlah penting.

Namun Anda tidak perlu menjadi ilmuwan profesional untuk berpartisipasi dalam ilmu gerhana. Ada banyak proyek penelitian warga. Misalnya:

  • itu pembuat matahari Inisiatif ini memerlukan bantuan untuk mengukur bentuk matahari secara tepat. Ya, bentuknya bulat, tapi sedikit tertekan di bagian kutubnya.
  • Pemandangan Suara Gerhana Ia akan merekam bagaimana alam, khususnya hewan, bereaksi saat terjerumus ke dalam kegelapan. Tampaknya lebah-lebah itu sudah berhenti terbang.
  • itu Pengamat global Proyek ini memerlukan bantuan untuk mencatat perubahan suhu dan perilaku awan.
  • Dan Gerhana Megafilm Anda sekali lagi akan menggunakan sepasukan kamera DSLR untuk menangkap pemandangan acara yang lebih luas.

“Memiliki orang-orang di sepanjang jalur akan menjadi pengganda kekuatan untuk observasi ini dan akan memungkinkan kita melakukan observasi yang lebih lama dan menghubungkan lebih dekat apa yang terjadi dan apa yang berubah,” kata Dr. Liz McDonald dari NASA, yang telah mengoordinasikan sebagian besar aktivitas sains warga. .

Keluarlah dan nikmatilah, tetapi lakukan dengan aman. Jangan melihat paparan sinar matahari dengan mata telanjang.

Montana dan Dakota Utara akan menyaksikan berakhirnya gerhana matahari total pada tahun 2044, namun gerhana matahari berikutnya yang melintasi wilayah luas Amerika Serikat baru akan terjadi pada tahun berikutnya.

“Ini istimewa, itulah mengapa Anda harus mencobanya,” kata Dr. Couric.

READ  Mengapa pesawat ruang angkasa yang menatap matahari mendapatkan penglihatan berawan?