Mei 19, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gempa bumi baru yang mematikan menjebak orang-orang di bawah reruntuhan di Turki

Gempa bumi baru yang mematikan menjebak orang-orang di bawah reruntuhan di Turki

  • Oleh Laura Becker di Hatay dan Oliver Slough di London
  • berita BBC

jelaskan videonya,

PERHATIKAN: Cuplikan Dashcam menunjukkan momen gempa baru terjadi di Turki

Tim penyelamat kembali mencari orang-orang yang terperangkap di bawah reruntuhan di Turki setelah dua gempa bumi baru melanda negara itu, menewaskan sedikitnya tiga orang.

Gempa bumi berkekuatan 6,4 dan 5,8 telah terjadi di tenggara dekat perbatasan dengan Suriah, saat gempa kuat menghancurkan kedua negara pada 6 Februari.

Gempa bumi sebelumnya telah menewaskan 44.000 orang di Turki dan Suriah serta membuat puluhan ribu orang mengungsi.

Bangunan melemah akibat gempa runtuh di kedua negara pada hari Senin.

Badan Darurat dan Bencana Turki mengatakan gempa berkekuatan 6,4 terjadi pada pukul 20:04 waktu setempat (17:04 GMT), diikuti oleh gempa berkekuatan 5,8 tiga menit kemudian.

Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu mengatakan tiga kematian terjadi di Antakya, Dafneh dan Samandag, mendesak orang untuk tidak memasuki bangunan yang berpotensi berbahaya.

Soylu mengatakan 213 orang juga terluka.

Laporan dari kota Antakya berbicara tentang ketakutan dan kepanikan di jalan-jalan ketika ambulans dan kru penyelamat berusaha mencapai daerah yang paling parah terkena dampak ketika tembok bangunan yang rusak parah runtuh.

“Saya pikir bumi akan terbuka di bawah kaki saya,” Mona al-Omar, seorang penduduk setempat, mengatakan kepada kantor berita Reuters sambil menangis sambil menggendong putranya yang berusia tujuh tahun. Dia berada di tenda di taman pusat kota ketika gempa baru terjadi.

Ali Mazloum, 18, mengatakan kepada Agence France-Presse bahwa dia sedang mencari jenazah anggota keluarganya dari gempa bumi sebelumnya ketika gempa terbaru melanda.

“Kamu tidak tahu harus berbuat apa… Kami berpelukan dan tepat di depan kami, tembok mulai runtuh,” katanya.

Di Suriah, sekitar 470 orang terluka dikatakan telah mengunjungi rumah sakit setelah gempa Senin, yang dikatakan juga dirasakan di Mesir dan Lebanon.

keterangan foto,

Tim penyelamat bekerja di gedung yang runtuh di Hatay, Turki.

keterangan foto,

Orang-orang bereaksi setelah gempa berkekuatan 6,4 melanda Antakya, Turki selatan, pada hari Senin

Harap sertakan nomor kontak jika Anda ingin berbicara dengan jurnalis BBC. Anda juga dapat menghubungi kami dengan cara berikut:

Jika Anda membaca halaman ini dan tidak dapat melihat formulirnya, Anda harus mengunjungi situs web BBC versi seluler untuk mengirimkan pertanyaan atau komentar Anda atau Anda dapat mengirim email kepada kami di [email protected]. Harap sertakan nama, usia, dan lokasi Anda dengan pengiriman apa pun.

READ  Seorang jurnalis Reuters tewas di Lebanon akibat rudal yang ditembakkan dari arah Israel