Juli 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gedung Putih mengatakan Biden telah berbicara dengan para pemimpin Prancis, Jerman, dan Inggris di tengah perkembangan di Rusia

Gedung Putih mengatakan Biden telah berbicara dengan para pemimpin Prancis, Jerman, dan Inggris di tengah perkembangan di Rusia

oleh Jasper Ward

WASHINGTON (Reuters) – Presiden AS Joe Biden berbicara kepada para pemimpin Prancis, Jerman, dan Inggris pada Sabtu, kata Gedung Putih, ketika pemberontak tentara bayaran Rusia bergerak menuju Moskow setelah merebut kota selatan semalam.

“Para pemimpin membahas situasi di Rusia. Mereka juga menegaskan kembali dukungan mereka yang tak tergoyahkan untuk Ukraina,” kata sebuah pernyataan.

Gedung Putih mengatakan Biden diberi pengarahan tentang situasi yang sedang berlangsung di Rusia oleh tim keamanan nasionalnya pada Sabtu pagi, menambahkan bahwa presiden akan terus memberi pengarahan kepadanya sepanjang hari.

Seorang juru bicara Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan bahwa selama percakapan, keempat pemimpin tersebut menegaskan kembali komitmen mereka untuk terus mendukung Ukraina selama diperlukan.

Kantor Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak membuat komitmen serupa di Ukraina, dan mengatakan para pemimpin “setuju untuk tetap berhubungan dekat dalam beberapa hari mendatang”.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga berbicara dengan rekan-rekannya dari negara-negara G7.

Langkah tentara bayaran Grup Wagner memberi Presiden Rusia Vladimir Putin tantangan serius pertama terhadap cengkeraman kekuasaannya dalam 23 tahun pemerintahannya.

(Laporan oleh Jasper Ward; Laporan tambahan oleh Andreas Rink dan David Milliken; Diedit oleh Daniel Wallis dan Frances Kerry)

READ  Rakyat Hongaria memilih perwakilan Uni Eropa dalam pemilu yang dipandang sebagai referendum mengenai popularitas Orban