April 20, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

GE menyelesaikan perpecahan tiga arah, mematahkan kisah masa lalunya

GE menyelesaikan perpecahan tiga arah, mematahkan kisah masa lalunya

Ditulis oleh Rajesh Kumar Singh dan Abhijith Ganappavaram

CHICAGO (Reuters) – General Electric Co pada hari Selasa menyelesaikan perpecahannya menjadi tiga perusahaan, menandai berakhirnya konglomerat berusia 132 tahun yang pernah menjadi perusahaan paling berharga di Amerika dan simbol global kekuatan bisnis Amerika.

Perusahaan penerbangan dan energi raksasa industri ini mulai berdagang di Bursa Efek New York sebagai entitas terpisah lebih dari setahun setelah General Electric memisahkan bisnis layanan kesehatannya.

GE Aerospace mempertahankan simbol GE. Unit daya, GE Vernova, memulai debutnya dengan simbol ticker GEV.

Saham GE Aerospace naik hampir 2% pada sore hari. Saham Vernova naik sekitar 5%.

Perpecahan ini merupakan puncak dari upaya CEO Larry Culp untuk membalikkan keadaan perusahaan yang tampaknya mati karena investasi yang buruk dan krisis keuangan tahun 2008 yang hampir membuat bisnis paling menguntungkannya, GE Capital, bangkrut.

Ketika Culp, orang luar pertama yang menjalankan GE, mengambil alih pada tahun 2018, perusahaan tersebut sedang berjuang dengan lemahnya laba dan tumpukan utang. Sahamnya turun hampir 80% dari level tertingginya pada tahun 2000 dan telah kehilangan tempatnya di Dow Jones Industrial Average setelah lebih dari satu abad berada di indeks blue-chip. Gejolak tersebut mendorong dewan direksi GE memecat dua pendahulunya dalam waktu kurang dari dua tahun.

Misi Culp untuk menyelamatkan kelompok yang kesulitan tersebut menjadi lebih sulit ketika bisnis mesin jet mereka yang menguntungkan menjadi korban pandemi virus corona ketika perjalanan udara global terhenti. Namun, fokusnya pada pembayaran utang dengan menjual aset dan meningkatkan arus kas dengan merampingkan operasi dan mengurangi biaya overhead menghasilkan pemulihan.

GE telah mengurangi utang lebih dari $100 miliar dan melipatgandakan arus kas bebasnya sejak tahun 2018. Kapitalisasi pasarnya telah tumbuh sekitar $100 miliar menjadi $192 miliar.

READ  Chili berencana untuk menasionalisasi industri litiumnya yang besar

“Dengan suksesnya peluncuran tiga perusahaan publik independen, hari ini menandai langkah terakhir yang bersejarah dalam proses transformasi multi-tahun GE,” kata Culp, Selasa.

Culp, sebagai CEO GE Aerospace, membunyikan bel pembukaan Bursa Efek New York pada hari Selasa, bersama dengan CEO Vernova Scott Strazyk.

General Electric didirikan pada tahun 1892 setelah penemu terkenal Thomas Alva Edison menggabungkan Edison General Electric dengan perusahaan pesaing. Pada tahun-tahun berikutnya, fenomena ini telah menyentuh semua aspek kehidupan – mulai dari penyediaan listrik, penjualan peralatan hingga pembiayaan hipotek.

Setelah pemisahan, perusahaan akan tetap menjalankan bisnis kedirgantaraan, yang membuat mesin untuk jet Boeing dan Airbus, dan menghasilkan lebih dari 70% pendapatannya dari jasa.

Analis memperkirakan nilai pasar GE Aerospace lebih dari $100 miliar setelah penawaran tersebut. Hal ini diuntungkan oleh meningkatnya permintaan layanan purna jual karena penundaan pengiriman pesawat oleh Boeing dan Airbus memaksa maskapai penerbangan untuk mengoperasikan pesawat tua lebih lama.

Bulan lalu, mereka memperkirakan laba operasional sekitar $10 miliar pada tahun 2028.

“Kami memperkirakan roda gila bisnis mesin GE Aerospace akan menggerakkan pertumbuhan yang menguntungkan selama beberapa dekade,” Nicholas Owens, analis ekuitas di Morningstar, menulis dalam sebuah catatan.

(Laporan oleh Rajesh Kumar Singh di Chicago dan Abhijith Ganappavaram di Bengaluru; Disunting oleh Arun Kuyur dan Richard Chang)