Februari 4, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gambar-gambar menakjubkan yang ditangkap oleh Teleskop James Webb milik NASA ini merupakan suguhan bagi pecinta luar angkasa

Webb menghasilkan gambar rinci dari Cartwheel dan dua galaksi pendamping yang lebih kecil pada Agustus 2022

Digambarkan sebagai teleskop paling kuat di dunia, Teleskop James Webb NASA menangkap beberapa gambar menakjubkan dari alam semesta kita tahun ini, membuat para penggemar luar angkasa terpesona. Generasi berikutnya, observatorium senilai $10 miliar, diluncurkan di atas roket Ariane 5 dari pelabuhan antariksa Kourou di Guyana Prancis pada 25 Desember 2021. Dinamai menurut nama mantan administrator NASA, Webb mengikuti jejak Hubble yang legendaris, tetapi menawarkan pandangan sekilas ke alam semesta yang tidak dapat kita bayangkan ‘t see.accessed before. Webb sekitar 100 kali lebih kuat dari Hubble.

Pada ulang tahun pertamanya, berikut adalah 5 gambar menakjubkan yang diambil oleh James Webb Space Telescope (JWST) pada tahun 2022 yang merevolusi citra ruang angkasa.

Citra inframerah terdalam dari alam semesta awal

d3udiq4o

Pada gambar pertama, diambil pada Juli 2022, Webb mengungkapkan “gambar inframerah terdalam dan tertajam dari alam semesta awal”, 13 miliar tahun lalu. Bidikan yang menakjubkan, terungkap pada pengarahan Gedung Putih oleh Presiden Joe Biden, menunjukkan ribuan galaksi meluap dan menampilkan objek paling redup yang pernah diamati, diwarnai dari inframerah hingga warna biru, oranye, dan putih. Gambar menunjukkan gugus galaksi SMACS 0723 seperti yang muncul 4,6 miliar tahun lalu, dengan banyak galaksi di depan dan di belakang gugus.

Nebula Karina

1vbtp5qg

Pada bulan yang sama, teleskop mengungkap pembibitan bintang muda dan bintang individu di Nebula Carina yang sebelumnya tertutup. Disebut Cosmic Cliffs, gambar web 3D yang terlihat seperti pegunungan berbatu di malam hari yang diterangi cahaya bulan. Faktanya, itu adalah tepi rongga gas raksasa di dalam NGC 3324, dan “puncak” tertinggi dalam gambar ini berukuran sekitar 7 tahun cahaya.

READ  Gambar menakjubkan dari jantung galaksi hantu yang menampilkan kekuatan Webb

Cincin Neptunus

psq71s28

Pada September 2022, teleskop menangkap tampilan paling jelas dari cincin Neptunus dalam lebih dari 30 tahun. Pada tahun 1989, NASA Voyager 2 menjadi pesawat luar angkasa pertama yang memotret Neptunus. Menurut NASA, Webb tidak hanya menangkap gambar paling jelas dari cincin planet yang jauh ini sejak pesawat ruang angkasa Voyager 2 terbang pada tahun 1989, tetapi kameranya juga mengungkap raksasa es dalam cahaya yang benar-benar baru. Webb juga menangkap tujuh dari empat belas bulan Neptunus yang diketahui.

Galaksi jungkir balik

f0msgm4g

Pada Agustus 2022, tampilan inframerah kuat Webb menghasilkan gambar rinci dari Cartwheel dan dua galaksi pendamping yang lebih kecil dengan latar belakang beberapa galaksi lain. Gambar tersebut memberikan perspektif baru tentang evolusi galaksi selama miliaran tahun, menurut sebuah pernyataan dari NASA. Galaksi Cartwheel, yang terletak sekitar 500 juta tahun cahaya di konstelasi Sculptor, adalah pemandangan langka. Kemunculannya, seperti roda gerobak, adalah hasil dari peristiwa ekstrem — tabrakan berkecepatan tinggi antara galaksi spiral besar dan galaksi kecil yang tidak terlihat dalam gambar ini.

pilar penciptaan

rvam5veg

Pada bulan Oktober 2022, Teleskop James Webb menangkap lanskap yang rimbun dan sangat detail – Pilar Penciptaan yang ikonik. Kilatan ribuan bintang menerangi bidikan pertama teleskop dari pilar emas, tembaga, dan cokelat raksasa yang berdiri di pusat alam semesta. Pilar Penciptaan terletak 6.500 tahun cahaya dari Bumi, di Nebula Elang Galaksi Bima Sakti kita.

Video unggulan hari ini

Seniman pasir Sudarsan Patnaik membuat Sinterklas menggunakan tomat