Mei 20, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Galaksi yang direklasifikasi sekarang menjadi lubang hitam supermasif yang menunjuk langsung ke Bumi

Galaksi yang direklasifikasi sekarang menjadi lubang hitam supermasif yang menunjuk langsung ke Bumi

Kami tidak ingin memberi tahu Anda, tetapi ada lubang hitam yang mengarahkan Bumi tepat ke wajah Anda.

Para ilmuwan telah mengklasifikasi ulang sebuah galaksi setelah menemukan bahwa lubang hitam supermasif di pusatnya telah berubah arah dan kini mengarah langsung ke kita.

Galaksi yang dimaksud ditemukan 657 juta tahun cahaya dari Bumi, dan memiliki nama menarik PBC J2333.9-2343.

Kami mulai mempelajari galaksi ini karena menunjukkan sifat yang aneh. Hipotesis kami adalah jet relativistik dari lubang hitam supermasifnya telah berubah arah, dan untuk memastikan gagasan itu kami harus melakukan banyak pengamatan.” Dia berkata.

berlangganan Ke buletin mingguan gratis baru kami dari Indy100

Studi yang dipublikasikan di Monthly Notices of the Royal Astronomical Society ini merinci tentang perubahan tersebut.

PBC J2333.9-2343 sebelumnya diklasifikasikan sebagai galaksi radio raksasa karena pada satu titik ia mengirimkan semburan material di kedua sisinya, yang berukuran hampir empat juta tahun cahaya. galaksi sendiri.

iStock

Maka, cukup mengejutkan ketika para astronom melihat PBC J2333.9-2343 dan menyadari bahwa itu mengarah langsung ke kita.

Ini berarti galaksi telah bergerak 90 derajat, dan sekarang menjadi “blazar” – artinya galaksi titik dengan titik jet menuju Bumi.

Semburan materi dari lubang hitam telah menciptakan dua lobus masif di kedua sisi galaksi yang merupakan objek yang paling langsung terlihat saat diamati dalam gelombang radio.

“Fakta bahwa kita melihat bahwa inti tidak lagi memberi makan lobus berarti mereka sudah sangat tua. Mereka adalah sisa-sisa aktivitas masa lalu, sedangkan struktur di dekat inti mewakili jet muda yang aktif,” lanjut Hernandez-GarcĂ­a.

Tidak jelas persis bagaimana ini bisa terjadi. Satu dugaan adalah bahwa PBC J2333.9-2343 bertabrakan dengan galaksi lain, yang dapat menjelaskan bagaimana sudut sumbu berubah.

READ  Fotografer laut dalam yang memotret 'fosil hidup'

Bagikan pendapat Anda dalam berita demokrasi kami. Klik icon vote di bagian atas halaman untuk membantu menaikkan artikel ini melalui ranking indy100.