April 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Formasi batuan langka menunjukkan seperti apa kehidupan di Mars kuno

Formasi batuan langka menunjukkan seperti apa kehidupan di Mars kuno

Brian Hynek

Di Puna de Atacama, dataran tinggi di barat laut Argentina, para peneliti menemukan sistem danau yang berisi stromatolit raksasa hidup, atau batuan berlapis yang diciptakan oleh mikroba.

Versi cerita ini muncul di buletin sains CNN, Wonder Theory. Untuk mendapatkannya di kotak masuk Anda, Daftar gratis di sini.



CNN

Sulit untuk mengetahui seperti apa Mars miliaran tahun yang lalu, namun eksplorasi berani yang dilakukan oleh robot penjelajah memberi para astronom pandangan ke masa lalu.

Penjelajah Perseverance NASA merayakan 1.000 hari di Planet Merah. Percy menyelesaikan penyelidikannya terhadap delta sungai kuno yang mengaliri fitur permukaan Mars yang disebut Kawah Jezero.

Dengan mempelajari dan mengambil sampel batuan Sejak mendarat pada Februari 2021, penjelajah ini telah membantu para ilmuwan menyusun kronologi peristiwa Saat sebuah danau dangkal mengisi lubang tersebut.

Kini, penjelajah tersebut melanjutkan pencariannya untuk menemukan tanda-tanda kehidupan masa lalu di Planet Merah. Penemuan baru di Bumi dapat memberikan gambaran kepada para ilmuwan tentang seperti apa fosil jika berada di Mars.

Brian Hynek

Stromatolit raksasa di Puna de Atacama mewakili bukti fosil kehidupan tertua di planet kita, menurut penelitian baru.

Sistem laguna yang sebelumnya tersembunyi di Puna de Atacama, sebuah dataran tinggi gersang di barat laut Argentina, memberikan jendela langka ke… Seperti apa ekosistem di awal bumi? Miliaran tahun yang lalu.

Di dalam danau terdapat fosil hidup yang disebut stromatolit raksasa, atau batuan berlapis yang terbentuk dari alga dan mineral seperti gipsum dan garam batu.

Lingkungan dataran bersalinitas tinggi yang tidak ramah sering disamakan dengan Mars. Namun karena Planet Merah kemungkinan besar tertutup danau dan mungkin lautan miliaran tahun yang lalu, Mars mungkin dulunya lebih mirip Bumi.

READ  Apakah jalur gerhana berubah? Apa artinya bagi Kentucky

“Jika kami menemukan fosil apa pun di Mars, ini adalah tebakan terbaik kami, karena fosil tersebut adalah yang tertua dalam catatan batuan bumi,” kata Brian Hynek, profesor di Departemen Bumi. Sains. Ilmu Geologi di Universitas Colorado Boulder.

Bulan Saturnus, Enceladus, telah lama menarik perhatian para astronom karena planet samudera di tata surya kita yang mungkin mendukung kehidupan.

Gumpalan butiran es dan uap air muncul dari retakan pada kerak es yang tebal, menandakan adanya lautan asin di bawah permukaannya. Kini, analisis baru terhadap data yang dikumpulkan oleh misi Cassini NASA telah mengungkapkan hidrogen sianida, sebuah molekul yang memainkan peran penting dalam proses yang menimbulkan kehidupan.

Lebih lanjut, tim peneliti menemukan bukti bahwa bulan mengandung sumber energi kimia yang digerakkan oleh senyawa organik.

Kehadiran air, energi, dan unsur-unsur penting bagi kehidupan menunjukkan bahwa Enceladus mungkin adalah planetnya Tempat terbaik untuk mencari kehidupan di luar Bumi.

Bayerisches Landesamt für Denkmalpflege

Pedang Bavaria ini telah ditemukan dengan segala kemegahannya yang berkilauan, meski telah menghabiskan ribuan tahun di tanah.

Sedikit dari itu Artistik dan arkeologi yang paling menarik Penemuan tahun ini Itu tidak biasa dan tidak terduga.

Penyelidik sejarah telah mengidentifikasi pria yang membawa seikat tongkat di sampul album Led Zeppelin tahun 1971 yang dikenal sebagai “Led Zeppelin IV”.

Para peneliti telah menemukan sepatu tertua di Eropa dan menemukan pedang Zaman Perunggu yang masih bersinar.

Mural berusia hampir 400 tahun muncul dari balik dinding dapur, sementara pintu masuk tersembunyi ditemukan di dalam Piramida Agung Giza.

Orang yang cenderung bangun pagi mungkin berhutang budi pada Neanderthal, menurut penelitian baru.

READ  Ha! Superbenua berikutnya di dunia, Amasya

Neanderthal berevolusi saat tinggal di wilayah lintang tinggi di Eropa dan Asia selama ratusan ribu tahun. Seiring waktu, kerabat kita yang punah kemungkinan besar akan lebih mampu beradaptasi terhadap perubahan musim di siang hari dibandingkan manusia modern awal yang tinggal di dekat khatulistiwa di Afrika.

Warisan genetik ini mungkin diturunkan ketika manusia bermigrasi ke seluruh dunia dan bertemu dengan Neanderthal. hanya saja Salah satu dari banyak gen Neanderthal yang telah dilacak Dari DNA purba dan ditemukan pada manusia modern.

NASA/ESA/CSA/STScI

Detail baru bersinar dalam gambar sisa supernova Cassiopeia A yang diambil Teleskop Luar Angkasa James Webb.

Sebuah gambar baru yang diambil oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb memungkinkan para astronom untuk melihat lebih dekat dan lebih detail di dalam sisa-sisa bintang yang meledak.

Ini adalah kedua kalinya para peneliti menggunakan Webb untuk mengamati Cassiopeia A, sisa supernova yang bersinar di galaksi kita.

Beberapa fitur baru yang terlihat meliputi: Gema cahaya hantuYang terlihat seperti keturunan dari awan kosmik yang sangat besar.

Secara terpisah, tim peneliti mengamati ledakan radio yang cepat, misterius, dan berulang dari luar angkasa, yang memiliki ciri yang belum pernah terjadi sebelumnya: fenomena tersebut memiliki Frekuensi yang terdengar seperti peluit luncuran angkasa.

Selesaikan dan mulailah perjalanan dengan bacaan luar biasa ini:

– Para insinyur sedang mencoba memecahkan kesalahan komputer pada pesawat ruang angkasa Voyager 1 berusia 46 tahun, yang berhenti mengirimkan data ilmiah saat menjelajahi ruang angkasa. Tepi luar tata surya kita berjarak 15 miliar mil jauhnya.

– Besar dan terawat dengan baik Tengkorak monster laut prasejarah telah ditemukan Di sebuah pantai di selatan Inggris, dan akan dirinci dalam film dokumenter yang dibawakan oleh naturalis legendaris Sir David Attenborough.

READ  Simulasi superkomputer dari berlian super menyarankan jalan untuk menciptakannya

– Para ilmuwan menemukan Sebuah fenomena yang tidak biasa membuat gletser Himalaya tetap dingin Meskipun suhu global meningkat.

Suka dengan apa yang saya baca? Oh, tapi masih ada lagi. Daftar disini Untuk menerima edisi Wonder Theory berikutnya di kotak masuk Anda, yang dipersembahkan oleh penulis CNN Space and Science Ashley Strickland Dan Katie Berburu. Mereka menemukan keajaiban planet-planet di luar tata surya kita dan penemuan-penemuan dari dunia kuno.