April 17, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Falcon Heavy SpaceX meluncurkan misi Psyche NASA ke asteroid metalik

Falcon Heavy SpaceX meluncurkan misi Psyche NASA ke asteroid metalik

Kredit gambar: Aubrey Gemignani/NASA/Getty Images

Semoga berhasil, paranormal.

Pesawat luar angkasa besar NASA kini secara resmi menuju asteroid kaya logam (juga disebut Psyche) setelah lepas landas dengan roket SpaceX Falcon Heavy hari ini. Ini adalah pertama kalinya misi sains NASA menggunakan roket SpaceX yang lebih besar untuk diluncurkan.

Roket Falcon Heavy lepas landas dari Kennedy Space Center NASA pada pukul 10:19 EDT. Pesawat luar angkasa Psyche berhasil lepas dari bagian atas roket lebih dari satu jam setelah lepas landas, dan para insinyur NASA menjalin komunikasi dengannya sesaat sebelum tengah hari.

Psyche (pesawat ruang angkasa) sekarang akan memulai perjalanan enam tahun sejauh 2,2 miliar mil ke Psyche (asteroid), yang terletak di sabuk asteroid utama antara Mars dan Jupiter. Sebelum pesawat ruang angkasa mencapai targetnya, ia akan melakukan demonstrasi teknis eksperimen komunikasi optik luar angkasa. Jika berhasil, ini akan menjadi pertama kalinya komunikasi optik ditunjukkan di luar sistem Bumi-Bulan.

Pesawat luar angkasa seukuran truk itu akan tiba di Mars pada Mei 2026 dan akan menggunakan medan gravitasi planet tersebut untuk mendorong dirinya ke asteroid target. Sesampainya di sana, Psyche akan menghabiskan 26 bulan mengorbit asteroid kaya logam tersebut, untuk mempelajari – untuk pertama kalinya – objek luar angkasa dengan permukaan logam. Pesawat luar angkasa ini akan mengambil gambar multispektral, memetakan permukaan asteroid, dan mempelajari komposisi kimia dan mineralnya. Pesawat luar angkasa ini juga dilengkapi instrumen lain, seperti antena radio dan spektrometer, untuk mempelajari medan gravitasi asteroid dan partikel berenergi tinggi.

Program Layanan Peluncuran NASA, yang pada dasarnya bertindak sebagai perantara untuk mencocokkan pesawat ruang angkasa dengan roket yang paling sesuai, memilih Falcon Heavy setelah mengklasifikasikan Psyche sebagai misi “Kategori 3”. untuk setiap Persyaratan sertifikasi agensi, kendaraan peluncuran harus memiliki “catatan penerbangan yang signifikan” agar memenuhi syarat untuk misi ini. NASA akan menggunakan Falcon Heavy beberapa kali dalam beberapa tahun mendatang: Pada tahun 2024, roket tersebut dijadwalkan untuk meluncurkan satelit cuaca geostasioner dan misi Europe Clipper ke salah satu bulan Jupiter.

READ  Upaya uji berikutnya roket bulan raksasa Artemis I NASA dimulai pada hari Selasa

NASA telah memberi SpaceX kontrak senilai $131 juta untuk peluncuran tersebut, meskipun badan tersebut kemungkinan akan menghabiskan lebih dari $1,2 miliar untuk misi tersebut secara keseluruhan.